Wisata Curug Citambur Cianjur, Pesona Air Terjun yang Memanjakan Mata

Pikiran yang jenuh akibat rutinitas sehari-hari bisa hilang seketika apabila mengunjungi tempat wisata alam. Adapun salah satu wisata alam yang bisa anda kunjungi ialah Curug Citambur yang ada di Kabupaten Cianjur. Wisata Curug Citambur Cianjur ini menyuguhkan pesona alam yang mengesankan dengan hawa udara yang segar khas pegunungan.

Siapa saja pastinya merasa betah berlama-lama mengunjungi Curug Citambur ini. Untuk info lebih jelasnya, anda simak saja ulasan mengenai Curug Citambur berikut ini.

nyero.id

Lokasi dan Rute Wisata Curug Citambur Cianjur

Curug Citambur terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, lebih tepatnya di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasirkuda. Untuk menuju lokasi Curug Citambur, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat.

Hal ini dikarenakan medan jalannya cukup baik untuk dilalui keduanya. Apabila anda memulai perjalanan dari Jakarta, anda akan menghabiskan waktu sekitar 8-10 jam. Sementara jika anda memulainya dari Bandung, anda akan memakan waktu selama 4 jam.

Adapun rute yang bisa anda lalui ialah dari arah Kota Bandung, anda bisa menuju tol Seroja. Setelah itu, anda lanjutkan perjalanan ke Ciwidey. Kemudian anda arahkan kendaraan menuju Rancabali dan lanjut ke Cipelah.

Pastikan anda mengikuti jalannya dengan benar sampai tiba di Pasirkuda. Sesampainya anda di Pasirkuda, anda bisa bertanya kepada warga setempat mengenai lokasi tepat wisata Curug Citambur Cianjur.

Lihat Juga :  Daftar Hotel Murah Dekat Malioboro dan Stasiun Tugu

Lihat juga: Bukit Kubu Berastagi, Tempat Wisata Keluarga Paling Menarik Dikunjungi

Pesona Wisata Curug Citambur

Wisata yang buka selama 24 jam setiap harinya ini bisa anda kunjungi kapan saja. Saat anda berkunjung di Curug Citambur, anda akan dimanjakan dengan pesona alamnya yang masih asri dan sejuk.

Panorama alam Curug Citambur akan terlihat semakin mengesankan apabila anda berkunjung sejak pagi. Hal ini dikarenakan kawasan Curug Citambur di pagi hari masih diselimuti kabut tipis dan udaranya yang menyegarkan.

Sebagai salah satu air terjun tercantik yang ada di Jawa Barat, curug ini memang tinggi dan memiliki aliran air yang deras.

Sejarah Curug Citambur

Curug dengan dua tingkat air terjun ini memiliki asal usul penamaan yang unik. Ci dari kata Citambur berarti air, sementara Tambur memiliki arti alat musik tambur. Dinamakan Citambur karena guyuran air terjun ini bunyinya bergedebum mirip dengan alat musik tambur yang dipukul.

Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa penamaan Citambur dikarenakan kebiasaan para pengawal Kerajaan Tanjung Anginan yang memukul alat musik tambur saat sang Prabu tengah bertapa dan mandi di air terjun ini. Dibalik pesona keindahannya, Curug Citambur memang menyimpan nilai sejarah.

Lihat juga: Lokasi dan Harga Tiket Masuk Taman Buah Mekarsari

Fasilitas Curug Citambur

Curug Citambur telah menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai. Sebut saja musholla, toilet, kedai makanan, area parkir yang luas dan masih banyak lainnya.

Lihat Juga :  Pesona Pantai Losari Wisata Dekat Bandara Sultan Hasanuddin

Tak hanya itu, di kawasan Curug Citambur juga terdapat beragam spot foto, wahana dan destinasi liburan lainnya yang sayang jika dilewatkan.

Mulai dari telaga rawasoro, rumah hobit, taman kelinci, rumah terbalik, goes di kolam, kolam ikan, terapi ikan, taman bunga hingga patung pancuran. Dengan begitu, liburan anda di Curug Citambur Cianjur dijamin tak akan membosankan.

Lihat juga: Wisata Banyu Mili Wonosalam

Harga Tiket Masuk Curug Citambur

Untuk bisa mengunjungi Curug Citambur Cianjur, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang. Sementara untuk biaya parkir kendaraan, anda hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Wisata Curug Citambur Cianjur memang termasuk salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin liburan di wisata alam namun tetap hemat budget.