9 Cara Mengawinkan Kucing Galak dan Penakut yang di Jamin Berhasil

Cara Mengawinkan Kucing ~ Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling populer. Meski begitu, perawatannya tak hanya sebatas memberi makan.

Perawatan lainnya adalah mengetahui cara mengawinkan kucing dengan benar. Secara alami, kucing dapat memilih pasangannya sendiri untuk berkembang biak. Namun, tidak semua kucing bisa kawin secara alami.

Ini terutama berlaku untuk ras kucing Persia atau Angora, yang agak sulit berkembang biak. Belum lagi jika mereka galak, sulit didekati, atau bahkan takut pada orang.

Untuk itu, yuk cari tahu cara mengawinkan kucing garang yang bisa diterapkan di rumah.

Cara Mengawinkan Kucing Galak dan Penakut

Cara Mengawinkan Kucing

Salah satu tanda musim kawin kucing adalah ketika ingin lebih sering keluar rumah. Ini karena mereka membutuhkan pasangan untuk berkembang biak.

Untuk masa birahi tentunya berbeda setiap musimnya. Di Indonesia, musim kawin kucing sekitar 2 sampai 3 minggu, bahkan berlangsung 3 bulan.

Yuk, simak cara mengawinkan kucing jantan pengecut berikut ini:

1. Memastikan Kesehatan Kucing

Sebelum mencoba mengawinkan kucing jantan pemalu terlebih dahulu, pastikan kucing peliharaan dalam keadaan sehat.

Ini penting untuk mencegah penyebaran penyakit di antara kucing. Memastikan kucing dalam keadaan sehat adalah dengan melihat kondisi fisik dan rutinitas hariannya.

Biasanya kucing yang sakit cenderung tidak nafsu makan dan tampak lesu. Berikan makanan yang bergizi agar proses pernikahan berjalan dengan baik.

Makanan sehat untuk kucing termasuk buah-buahan, sayuran, dan karbohidrat berkualitas tinggi seperti nasi, gandum, atau kentang.

Anda juga bisa membuat makanan kucing sendiri agar lebih hemat dan higienis.

Lihat Juga :  Inilah Perbedaan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

2. Menjaga Kucing dalam Suasana Hati yang Baik

Sama seperti manusia, kucing juga butuh mood yang baik. Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Tufts menjelaskan bahwa penuaan dan stres dapat mengubah perilaku kucing.

Ketika kucing sakit, mereka bisa merasa tertekan, menarik diri, terlalu pendiam, cemas, atau bahkan berisik.

Mereka mungkin menunjukkan perilaku agresif yang tidak terduga terhadap pemiliknya dan hewan lain di rumah.

Untuk alasan ini, ketika hendak mengawinkan kucing yang galak atau pengecut, penting untuk menjaga suasana hatinya.

Ajak kucing bermain secara rutin agar mood selalu baik dan siap untuk berkembang biak.

3. Buat Jadwal Pernikahan

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui tanda-tanda atau siklus estrus pada kucing jantan dan betina.

Tanda-tanda kepanasan pada kucing jantan yaitu ketika kucing terlihat gelisah, suka buang air kecil dengan bebas, dan selalu terlihat membuntuti atau sampai mengejar kucing betina.

Sedangkan tanda-tanda birahi pada kucing betina mulai manja, mudah tersinggung, sering buang air kecil, dan mengeong keras untuk menarik perhatian kucing jantan.

Pastikan kedua kucing dalam keadaan panas, agar mudah kawin. Jika salah satu kucing belum memasuki masa panas, maka kedua kucing tersebut sebenarnya bisa saling bertarung.

4. Letakkan Kucing di Kandang yang Berbeda

Kemudian masuk ke proses pengenalan. Dalam proses ini, Anda perlu menempatkan kucing betina dan jantan di kandang terpisah, kemudian pindahkan kandang lebih dekat.

Lihat Juga :  Sexxxxyyyy Video Bokeh Full 2018 Mp4 China Dan Japan 4000 Youtube

Anda juga dapat menempatkan kedua kucing di dalam kandang dengan layar transparan.

Hal ini bertujuan untuk mempertemukan kucing jantan dan kucing betina yang belum saling mengenal dengan baik.

Biarkan kucing jantan dan betina mengerti serta tertarik satu dengan lainnya terlebih dahulu.

5. Kenali Tanda-Tanda Kucing Siap Kawin

Jika kucing betina tertarik pada kucing jantan, dia akan mengeong dengan keras. Sementara itu, kucing jantan akan menunjukkan kejantanannya untuk menarik perhatian kucing betina.

Pada beberapa kesempatan, kucing betina mungkin masih terlihat garang di mata kucing jantan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ini hanyalah cara kucing betina untuk membuat kucing jantan lebih menarik.

Seekor kucing jantan tentu bisa mengalahkan kucing betina yang sudah terlanjur tertarik padanya.

6. Gabung di Kandang yang Sama

Setelah kedua kucing saling mengenal dan tertarik satu dan lainnya, maka saat inilah untuk menggabungkan mereka di kandang yang sama. Namun, jangan biarkan mereka tinggal bersama terlalu lama.

Simpan mereka di kandang yang sama selama 3-5 jam agar pendekatan berjalan lancar. Mereka akan mengeong lebih keras dan lebih keras sebagai tanda proses mendekat.

Selanjutnya, pisahkan kucing kembali dalam beberapa jam. Lepaskan kucing di area yang berbeda sehingga mereka saling merindukan. Kemudian, masukkan kembali kedua kucing ke dalam kandang yang sama.

7. Proses Kawin dimulai

Cara Mengawinkan Kucing Galak dan Penakut

Proses kawin yang berhasil ditandai dengan kucing jantan mencium area kemaluan kucing betina dan memanjat ke punggungnya. Kucing jantan kemudian akan menggigit tengkuk kucing betina.

Lihat Juga :  Arti Mimpi Rambut Panjang

Saat penetrasi terjadi, kucing betina akan mengeong dengan keras. Selanjutnya, dia akan menjilati area kemaluannya sendiri.

8. Biarkan Kucing Bersama 4-10 Hari

Proses selanjutnya yaitu membiarkan kucing bersama selama beberapa hari, biasanya selama 4-10 hari. Jika tidak ada masalah, kedua kucing bisa langsung kawin di hari kedua.

Di sisi lain, jika Anda mengalami masalah, Anda perlu meminta kucing untuk mengenalnya lebih baik dan membantunya kawin.

Kendala yang dihadapi biasanya kucing betina tidak menemukan posisi yang tepat untuk kawin. Anda bisa membantu membenarkan posisinya agar proses pernikahan berjalan lancar.

9. Pisahkan Setelah Proses Kawin Selesai

Setelah proses kawin selesai, maka Anda harus segera memisahkan kedua kucing tersebut. Karena kucing betina akan berubah galak ke kucing jantan saat siklus panasnya berakhir.

Sekarang, Anda hanya perlu menunggu kucing itu hamil. Tanda-tanda kehamilan antara lain perut kucing membesar, bulu mulai rontok, puting susu menjadi lebih merah muda, lebih manja, dan sibuk mencari tempat melahirkan.

Jika kucing tidak juga hamil, maka Anda dapat mengulangi proses kawin untuk kedua kalinya.

Baca Juga :

Ya, penting bagi Anda untuk mengetahui Cara Mengawinkan Kucing Galak dan Penakut yang di Jamin Berhasil. Dengan informasi diatas mungkin bisa membantu Anda sebagai pecinta kucing pemula. Semoga bermanfaat!!