Perut Kucing Kembung Tanda Masuk Anging? Bagaimana Mengatasinya?

Perut Kucing Kembung – Dalam sebuah penelitian yakni telah menunjukkan bahwa kucing, seperti manusia, dapat merasakan gas. Gas pada kucing memiliki gejala yang sama dengan orang yang tidak suka bergerak dan sering kentut.

Kucing Anda pasti akan sakit perut, jadi Anda harus mengatasinya. Cara mengobati kucing bengkak hampir sama dengan pada manusia, karena penyebab perut kembung pada kucing sama dengan pada orang yang kedinginan dan banyak makan.

Sehingga udara yang terangkut melalui makanan dan menumpuk di tubuh kucing. Anda mungkin tidak asing dengan kucing yang kentut. Tetapi jika sangat umum, mungkin karena gas menumpuk di usus karena masalah pencernaan.

Plus, kucing juga punya parasit di ususnya lho. Mungkin parasit inilah yang dapat menyebabkan kucing mengeluarkan lebih banyak gas daripada biasanya.

Kucing biasanya mengeluarkan gasnya dengan tenang dan tidak dapat mencium baunya. Malah kita yang mampu mencium bau kentutnya si kucing itu.

Kucing terkadang dapat mengalami pembuangan gas atau kentut karena sedang mules. Jika ini masalahnya, kucing Anda harus menemui dokter hewan untuk diagnosis lebih lanjut.

Nah, kalian yang ingin mengetahui beberapa penjelasan dan informasi mengenai Perut Kucing Kembung Tanda Masuk Anging? Bagaimana Mengatasinya? Silahkan simak ulasannya sebagai berikut!!

Tanda Kucing Masuk Angin

Penting untuk mengetahui tanda-tanda kucing kedinginan. Saat musim hujan tiba, pilek dan flu bisa menyerang siapa saja, termasuk kucing rumahan.

Kucing diketahui lebih sensitif terhadap perubahan suhu, terutama saat terbiasa tinggal di dalam ruangan. Ada beberapa faktor yang membuat kucing sensitif terhadap flu.

Misalnya dalam jenis ras tidak berbulu atau tidak berbulu, kucing sakit, hingga kucing kecil dan tua. Oleh karena itu, para pecinta kucing harus selalu memperhatikan kondisi kucing kesayangannya.

Perut-Kucing-Kembung

Masuk angin kucing lebih dikenal sebagai penyakit saluran pernapasan atas. Penyakit ini terjadi pada semua spesies kucing. Sebagai penyebab, biasanya disebabkan oleh virus herpes dan calicivirus.

Lihat Juga :  5 Cara Memberi Makan Kucing Peliharaan Yang Benar Agar Kucing Sehat

Ada beberapa tanda awal kucing terkena penyakit ini. Beberapa dari tanda-tanda ini mulai dari bersin, demam, batuk parah, kehilangan nafsu makan, dehidrasi, hidung dan mata berair, dan bahkan bernapas melalui mulut.

Selain itu, ada juga yang menunjukkan tanda lain, yaitu sariawan pada mata, mulut, dan hidung. Anda dapat membawa kucing Anda ke dokter hewan untuk memeriksa kucing Anda dan menemukan perawatan yang tepat.

Bagaimana Cara Mengobati Perut Kucing yang Kembung?

Berikut beberapa cara dalam mengobati perut kembung kucing, di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Beri Baby Telon Oil

Cara pertama dalam mengatasi perut kucing yang kembung adalah dengan memberinya istirahat dan kehangatan. Beri bayi Anda minyak terong secara teratur untuk perutnya.

Berikan dia sedikit dan ratakan perutnya. Minyak telon membuat perut terasa hangat dan nyaman. Kucing dengan perut kembung, yang sering bersendawa seperti manusia.

Mungkin lebih sering bersendawa karena perutnya hangat saat disentuh dan angin mendorongnya keluar. Jika kucing Anda mengetahuinya nanti, jangan khawatir untuk terus menggunakan kucing itu.

2. Pahami Gejalanya

Pertama-tama sobat perlu memahami apa saja gejala kembung, agar gejala tersebut bisa Anda atasi saat menemukan dalam perut kucing terlihat besar dan tegak serta terasa kencang saat dipegang atau diremas dengan lembut. Nafsu makan berkurang dan malas berolahraga atau memanjakan diri.

3. Hindari Kamar dengan AC

Salah satu penyebab kembung ialah adanya sebuah cuaca dingin atau cuaca dingin setelah mandi. Oleh karena itu, dalam situasi seperti itu, jangan biarkan diri Anda terkena dingin lagi.

Jika ruang ber-AC Anda adalah rumah Anda, matikan atau matikan AC, setidaknya AC hanya berfungsi untuk mencegah panas, tetapi tidak untuk ruangan untuk mendinginkan.

Lihat Juga :  Arti Mimpi Balon

Dingin membuat kucing membeku dan perut kucing terasa tidak nyaman, rasanya seperti di perut dan jika flu terus-menerus, ada risiko mual dan muntah. Oleh karena itu, jangan biarkan ruangan ber-AC dan pastikan tubuh kucing tidak kedinginan.

Cara-Mengobati-Perut-Kucing-yang-Kembung

4. Jangan Berikan Makanan Kering

Kemasan khusus makanan kucing berupa kibble atau kibble berkembang di dalam perut kucing, sehingga rasa kenyang yang ia rasakan akan meningkat. Beri sebentar makanan basah sampai kembung hilang, lalu ganti dengan makanan olahan alami misalnya daging yang basah.

5. Siapkan Tempat Tidur

Jangan biarkan kucing Anda tidur di lantai tanpa embel-embel, apalagi jika ruangannya dingin atau ber-AC. Menawarkan tempat tidur yang nyaman dan empuk, dan udara dingin di lantai tidak dapat menembus. Alas tidur yang nyaman meredakan perut kembung karena hangat saat disentuh dan tidak tertiup angin.

6. Beri Jahe Hangat

Menyediakan minuman bersih dan direbus dan membantu minum dalam kondisi hangat. Minuman hangat mengurangi kembung di perut dan memberikan rasa nyaman di perut.

7. Air Panas Terkompresi

Untuk mengobati perut kucing yang kembung, bisa dilakukan terapi luar, yaitu meremas perut dengan air hangat. Caranya adalah dengan merebus air lalu ambil sedikit, taruh handuk bersih di atasnya, lalu lipat dan gosok perut kucing, lalu bersihkan perutnya dan keringkan dengan handuk kering yang bersih.

Langkah Mencegah Kucing Masuk Angin

Perut kembung kucing, atau yang sering disebut dengan kembung, biasanya disebabkan oleh cuaca yang sangat dingin atau terlalu lama tidur di lantai keramik tanpa alas, dan mungkin juga karena kucing kedinginan saat selesai mandi.

Langkah-Mencegah-Kucing-Masuk-Angin

Kembung pada kucing sebenarnya sangat jarang terjadi, namun bila terjadi pada kucing kesayangan para pecinta kucing tidak perlu khawatir karena disini kami yakni akan membagikan tips cara mengatasi kembung sebagai berikut:

Lihat Juga :  Arti Mimpi Menikah

a. Membiarkan Sinar Matahari Masuk

Saat matahari bersinar, sebaiknya segera buka gorden agar sinar matahari masuk ke dalam rumah. Dengan cara ini kucing Anda akan tidur dan menghangatkan diri di bawah sinar matahari.

b. Pola Makan yang Benar dan Seimbang

Saat musim dingin tiba, kucing seringkali kurang atletis dan umumnya kurang aktif dibandingkan waktu-waktu lain dalam setahun.

Jika mereka selalu di rumah dan jarang berolahraga, Anda disarankan untuk tidak menawarkan makanan atau suplemen tambahan. Ini karena tidak membakar kalori dan mencegah obesitas.

Tetapi jika kucing Anda cenderung berkeliaran jauh dari rumah atau bahkan tinggal di luar, yang terbaik adalah menambah porsi untuk meningkatkan energi dan menjaga suhu tubuh.

c. Menutup Jendela Rumah

Usia rata-rata kucing hingga 17 tahun, tahu cara menghitung usia dan waktu pertumbuhan. Langkah selanjutnya untuk mencegah kucing masuk angin adalah dengan menutup jendela rumah. Ini akan mencegah kucing kedinginan dan menciptakan suasana hangat dan nyaman untuknya dan penghuni rumah.

d. Meletakkan Banyak Selimut

Jika hewan peliharaan Anda memiliki sedikit atau tanpa bulu, taruhan terbaik Anda adalah memberi mereka selimut yang lebih baik dan lebih nyaman. Mereka juga dapat menyediakan pakaian kucing khusus.

Selimut yakni bisa diletakkan di tempat tidur si mpus itu ya teman-teman. Dengan cara ini kucing bisa nyaman di mana saja dan tidak harus di dalam kandang.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan yang telah kami jelaskan kepada kalian tentang Perut Kucing Kembung Tanda Masuk Anging? Bagaimana Mengatasinya?. Sekian dan terima kasih!!