Ciri-Ciri Kucing Anggora dan Cara Perawatan Agar Sehat dan Anti Jamur

Ciri-Ciri Kucing Anggora – Kucing anggora yakni sangat mempunyai pesona yang akan membuat pecinta kucing semakin jatuh hati. Anda pasti setuju bahwa kucing Angora mempunyai penampilan yang cantik dan elegan.

Julukan Angora tampaknya merujuk pada kucing putih dengan mata hijau atau biru dengan bulu yang lebat dan panjang. Tampilan pada kucing anggora bahkan lebih menakjubkan karena kepribadian mereka yang aktif dan kecintaan mereka untuk mencari perhatian yang mereka miliki.

Kucing-kucing tersebut yakni mempunyai sifat yang sangat ramah sehingga mudah untuk bergaul terhadap anak-anak. Kucing anggora juga bisa bergaul dengan baik dengan hewan lain.

Jika Anda memiliki lebih dari satu hewan peliharaan. Itulah mengapa kucing anggora merupakan jenis kucing yang cocok untuk dijadikan hewan.

Kucing Angora asli berasal dari Turki, diyakini berada di wilayah Ankara. Daerah ini juga dikenal sebagai Angora. Sedangkan di negara asalnya, kucing Angora disebut Kedishi yang artinya kucing Ankara.

Kucing jenis ini biasanya dapat hidup hingga 13 tahun dan memiliki berat rata-rata 5 kilogram. Untuk merawat kucing jenis ini, pemilik membutuhkan perawatan yang lebih kompleks daripada merawat kucing domestik atau jenis kucing lainnya.

Itu karena kucing anggora memiliki ciri khas seperti bulu yang tebal dan lebat. Sebagai hewan peliharaan favorit, keberadaan kucing jenis Angora ini memang mudah dikenali.

Kucing Angora sama terkenalnya dengan kucing Persia. Pertama, penampakan kedua jenis kucing ini hampir identik. Itulah mengapa masih banyak orang awam yang kesulitan membedakan kedua jenis kucing ini.

Padahal, jenis kucing Angora memiliki ciri yang cukup khas dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Jika anda ingin memelihara kucing jenis anggora, anda perlu mengetahui ciri-ciri kucing jenis ini agar tidak tertukar dengan jenis kucing lainnya.

Nah, dibawah ini akan kami jelaskan secara jelas dan lengkap tentang ciri-ciri pada hewan kucing anggora yang harus kalian ketahui dan beberapa cara untuk merawatnya, simak selengkapnya dibawah ini!!

Mengenal Kucing Anggora

Tidak bisa dipungkiri bahwa jenis kucing yang paling populer dan digandrungi di luar sana adalah kucing Angora. Ras kucing asal Turki ini merupakan ras kucing tertua di dunia.

BUlu yang ada di tubuhnya yang sangat panjang membuat kucing Angora terlihat sangat elegan. Selain itu, kucing Angora juga dikenal dengan sifatnya yang berisik dan aktif. Kucing ini melakukan berbagai hal untuk mendapatkan perhatian pemiliknya.

Mengenal-Kucing-Anggora

Bahkan kucing-kucing ini akan terus menggoda dan mencari perhatian bahkan ketika pemiliknya sedang sibuk melakukan apapun yang diperlukan. Tak heran jika kucing jenis ini sangat cocok untuk teman-teman di rumah.

Kucing jenis Angora ini juga memiliki jiwa sosial yang tinggi dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Kucing ini akan menyambut teman atau tamu yang datang ke rumah.

Selain itu, kucing Angora juga dapat berteman dengan hewan lain di kawasan tersebut. Seperti jenis kucing yang lainnya.

Lihat Juga :  Arti Mimpi Belajar

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Ciri-Ciri-Kucing-Anggora

Kucing adalah salah satu spesies hewan yang paling populer di Indonesia. Hewan ini tidak hanya mudah ditemukan, tetapi juga sangat mudah dirawat.

Tingkah lakunya yang lucu dan menakjubkan membuat hewan ini populer di semua kalangan. Seiring berjalannya waktu, kini banyak sekali jenis kucing domestik yang beraneka ragam.

Masing-masing jenis ini mempunyai jenis dan bentuk serta karakteristik yang berbeda. Harga kucing sendiri biasanya disesuaikan dengan kualitas, jenis, dan perawatannya.

1. Bentuk Wajah Segitiga

Ciri yang paling khas dari hewan kucing anggora ialah dalam bentuk wajahnya yang segitiga. Wajahnya mempunyai dahi yang lebih lebar dan dagu yang lebih sempit.

Kucing anggora mempunyai jenis dan bentuk wajah yang membulat karena hidungnya yang tipis. Bentuk telinga kucing anggora terlihat lebih lancip, dan terdapat bulu pada ujungnya.

Bentuk wajah kucing Angora ini dapat memberikan kesan elegan dengan mata tajam dan bulu yang mengelilingi wajahnya, ini sangat kiyowo.

2. Mata Seperti Almond

Salah satu ciri khas kucing Angora adalah bentuk matanya yang seperti almond. Bentuk matanya pun semakin memikat, ditambah dengan warna kuning yang lebih tajam dari penampilan kucing anggora.

Akan tetapi, ada juga beberapa jenis kucing Angora berbulu putih yang memiliki mata biru dan terkait dengan ketulian yang diderita kucing ini.

Bahkan ada spesies kucing anggora yang mempunyai dua warna mata yaitu biru dan kuning yang biasanya disebabkan oleh kelainan genetik.

3. Tubuh yang Panjang dan Langsing

Jenis kucing anggora mempunyai bentuk tubuh yang lebih ramping dan lebih panjang. Perbedaan bentuk tubuh kucing anggora jenis ini dapat dilihat dari ukuran tubuh jenis kucing anggora jantan lebih besar dibandingkan dengan jenis kucing anggora betina.

Selain ukuran tubuh, jenis kelamin kucing anggora juga bisa ditentukan dari bentuk ekornya. Kucing anggora jantan mempunyai bulu ekor yang lebih tebal dibandingkan dengan jenis kucing anggora lainnya.

4. Hidung Mancung

Bentuk hidung merupakan salah satu ciri yang bisa dikenali untuk membedakan jenis kucing anggora. Hidung yang dimiliki kucing anggora adalah hidung yang runcing seperti hidung kucing lokal atau kucing desa. Bentuk telinga yang dimiliki kucing anggora agak memanjang dan runcing.

5. Berbulu Panjang

Meski terlihat sangat gemuk, kucing Angora sebenarnya hanya memiliki satu bulu. Tidak seperti spesies kucing lainnya, misalnya, kucing Persia, yang mempunyai lapisan bawah yang lebih tebal.

Oleh karena itu membutuhkan lebih banyak perawatan. Bulu wajah kucing anggora tidak tebal dan panjang serta cenderung lebih sedikit dibandingkan jenis kucing lainnya.

Keunikan dari jenis kucing anggora ini adalah pada saat cuaca dingin bulu kucing menjadi lebih panjang dan tebal terutama pada bagian ekor dan surai pada bagian dada kucing.

Jenis-Jenis Kucing Anggora

Pesona jenis kucing anggora yang amat banyak diburu dengan para pecinta kucing membuat jenis kucing ini mudah ditemukan. Popularitasnya juga tercermin dari keragaman ras kucing Angora yang dihasilkan dari persilangan dengan ras kucing lain.

Jenis-Jenis-Kucing-Anggora

Penangkaran ini dapat membuat jenis kucing anggora ini semakin beragam dan menakjubkan. Berikut ini adalah beberapa jenis kucing anggora hasil persilangan dengan jenis kucing lainnya.

Lihat Juga :  Xnxubd 2020 Nvidia Video Japan Apk Download Free Full Version

Nah, dibawah ini adalah beberapa jenis macam kucing anggora yang harus kalian perhatikan dengan baik, diantaranya ialah:

1. Anggora x Anggora

Ciri-ciri kucing anggora dengan angora biasanya memiliki warna bulu yang invarian, seperti bulu yang serba putih. Jenis kucing anggora ini mempunyai hidung yang mancung, wajah yang runcing, dan tulang yang cukup besar.

Jenis kucing anggora asli ini termasuk kucing dengan harga yang lumayan mahal. Untuk kucing jenis Angora umur 3 bulan harga mulai 3 jutaan untuk yang belum divaksin.

Untuk kucing yang divaksin, nilainya mulai dari 7 juta. Kucing Angora yang sebenarnya berumur 6 bulan bisa berlipat ganda. Kucing Angora yang tidak divaksinasi menghabiskan biaya sekitar 8 juta dan yang divaksinasi dapat menelan biaya hingga 12 juta.

2. Anggora x Persia

Kucing anggora campuran dan kucing persia lebih murah dibandingkan kucing anggora asli. Pesona campuran kucing anggora dan persia sangat unik dan menawan.

Kucing jenis ini biasanya mempunyai jenis bulu dan mata yang indah seperti kucing anggora dan wajah bulat yang sangat indah seperti kucing persia.

3. Kucing Anggora x Kucing Kampung

Jenis kucing anggora selanjutnya ialah campuran dengan jenis kucing desa yang mempunyai harga paling murah dibandingkan dengan jenis kucing anggora lainnya.

Kucing jenis ini tidak kalah menggemaskan dan tidak memerlukan perawatan khusus misalnya kucing Persia lainnya. Kucing jenis ini mempunyai struktur tulang dan bulu yang mirip dengan kucing kampung, dalam bentuk wajahnya lebih mirip kucing anggora asli.

Untuk Anda yang ingin memelihara kucing angora ada baiknya anda mengetahui cara merawat kucing angora yang benar terlebih dahulu.

Cara Merawat Kucing Anggora

Karena merawat kucing anggora tidak sama dengan merawat kucing biasa. Merawat kucing Angora mudah dan sulit karena selain bulunya yang sangat bagus, kucing Angora membutuhkan lebih banyak perhatian daripada kucing lainnya.

Cara-Merawat-Kucing-Anggora

Angora adalah jenis kucing yang membutuhkan kasih sayang dan perhatian ekstra karena Angora adalah kucing yang manja. Kucing ini juga termasuk kucing yang agak nakal, apalagi jika tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari pemiliknya.

Bagi Anda yang mempunyai kucing anggora atau ingin mengadopsi kucing anggora mengutip dari berbagai sumber, berikut cara merawat kucing anggora yang harus kalian perhatikan:

a. Mandi Secara Teratur

Meskipun kucing umumnya dapat membersihkan tubuhnya dengan menjilat, kucing anggora disarankan untuk dimandikan setidaknya setiap dua bulan sekali.

Memandikan kucing angora sering juga tidak dianjurkan, karena bulu kucing angora relatif rapuh sehingga mudah rontok jika Anda sering memandikannya.

Lihat Juga :  Sexually Fluid Vs Pansexual Indonesia Terbaru 2022 Link Video Bokeh Full

b. Sediakan Kandang yang Luas

Kucing anggora adalah kucing yang suka bermain, jadi kita perlu menyediakan kandang yang besar untuk mereka. Selain kandang yang luas, pastikan Anda juga memberinya berbagai mainan, termasuk “ruang” agar ia bisa memanjat dan melompat dengan baik. Ini harus diberikan karena kucing Angora adalah kucing yang sangat aktif.

c. Sisir Rambut

Untuk menjaga bulu kucing Angora tetap rapi dan sehat, disarankan untuk menyisir atau disikat secara teratur setiap hari atau dua hari sekali. Anda bisa menggunakan sisir logam panjang yang biasanya dijual di toko hewan peliharaan.

Menyikat rambut angora secara teratur tidak hanya membantu menjaga penampilannya, tetapi juga mengurangi risiko menelan bola rambut, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

d. Bersihkan Telinga

Untuk menjaga kebersihan telinga kucing Angora, disarankan untuk membersihkan telinganya setiap dua minggu sekali. Secara umum, kucing dapat menghilangkan kotoran telinga sendiri, tetapi terkadang mereka membutuhkan bantuan manusia untuk membersihkannya.

Sekarang, saat membersihkan telinga kucing Anda, gunakan bola kapas bersih atau kain lembab dan usap telinga dengan lembut, tetapi jangan bersihkan saluran telinga.

e. Potong Kuku

Selain menyisir rambut dengan keras, Anda juga perlu merawat kuku. Sangat sederhana, Anda hanya perlu memotong kuku Anda secara teratur setidaknya selama beberapa minggu atau setiap bulan.

Jika Anda memutuskan untuk memotong kuku kucing angora di rumah, Anda akan menciptakan suasana yang nyaman. Baringkan kucing, lalu potong cakarnya dengan hati-hati. Jika Anda masih ragu untuk memangkasnya sendiri, hubungi salon atau dokter hewan terdekat.

f. Perhatikan Makanan

Anda perlu berhati-hati dengan makanan yang diberikan karena salah satu masalah yang sering dihadapi kucing anggora adalah obesitas. Disarankan untuk memberikan makanan yang tinggi protein, dimana kandungan protein dalam setiap makanan individu tidak kurang dari 40 persen.

Anda sangat perlu memperhatikan dan meluangkan waktu untuk bermain dengannya setiap hari jika ingin kucing anggora Anda sehat dan tidak nakal.

g. Sikat Gigi

Seperti halnya manusia, gigi kucing perlu dilindungi dari penyakit gusi atau penyakit gigi lainnya. Untuk membiasakan kucing menggosok gigi, Anda bisa mengoleskan pasta gigi kucing di jari Anda.

Lalu membiarkan kucing menjilatinya. Nah, setelah kucing Anda terbiasa, Anda bisa mulai menggunakan sikat gigi berbulu lembut untuk menyikat gigi kucing Angora Anda secara perlahan.

Jangan gunakan pasta gigi manusia pada kucing ya, karena kandungan fluoride pada pasta gigi manusia bersifat racun terhadap hewan kucing.

Baca Juga :

Nah, diatas adalah beberapa penjelasan dari kami tentang ciri-ciri kucing anggora yang bisa kalian kenali dan pahami dengan mudah serta cara untuk merawatnya. Sekian dan terima kasih!!