4 Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Yang Bikin Nagih

Hampir seluruh tempat makan menyediakan makanan yang satu ini. Mulai dengan berbagai level kepedasan sampai menu sambal yang berbeda. Anda perlu mencoba membuat sendiri makanan ini dan ini dia resep masakan cara membuat sambal ayam geprek.

2. 4 Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Yang Bikin Nagih
selerasa.com

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Andalan di Rumah

1. Ayam Geprek Dengan Sambal Bawang

Siapkan bahan daging ayam, air es dan tepung bumbu serba guna. Untuk bahan sambal, siapkan 4 siung bawang putih, garam dan gula secukupnya, cabai rawit 5 buah, cabai merah keriting 5 buah, serta minyak goreng.

Cara membuat pertama-tama cuci semua bahan, potong ayam sesuai selera. Tepung serba guna dibagi menjadi 2 yaitu tepung basah dan kering. Masukkan ayam ke tepung yang basah, lalu pindahkan ke tepung kering. Goreng dengan minyak panas. Setelah ayam matang, angkat dan tiriskan.

Cara membuat sambal ayam geprek, siapkan ulekan untuk bawang putih, cabai merah keriting, cabai merah rawit, serta bumbu seperti gula dan garam. Bila anda suka bisa ditambahkan bumbu penyedap, lalu siram sambel tadi dengan minyak panas bekas goreng ayam tadi.

Masukan ayam yang telah digoreng tadi dah ulek kembali dengan sambal dan siap untuk disajikan selagi masih hangat.

2. Ayam Geprek Dengan Sambal Rawit Ijo

Siapkan bahan seperti ayam yang sudah difilet, tepung bumbu serba guna, air es, dan telur 1 butir. Bahan sambal, siapkan cabe rawit ijo 26 buah, kencur 3 cm, bawang putih besar 1 siung, penyedap rasa bila perlu, dan garap secukupnya.

Cara membuatnya, cuci ayam dan bahan lain. Potong ayam yang telah difilet. Kocok telur dan siapkan tepung bumbu serba guna diatas piring. Panaskan minyak dan goreng ayam yang dicelupkan potongan ayam ke dalam kocokan telur dan dimasukkan ke dalam tepung bumbu lakukan sampai 3 kali. Goreng ayam dan tiriskan agar minyaknya hilang.

Sedangkan cara membuat sambal ayam geprek, pertama siapkan ulekan dan masukan bahan sambal tadi. Haluskan sampai merata. Ambil ayam tadi dan masukan ke dalam ulekan sambal dan ulek bersamaan. Ayam geprek bisa disajikan jika sudah selesai. Tambahkan tahu tempe sebagai pelengkap.

3. Ayam Geprek Sambal Matah

Bahan siapkan ayam dada yang sudah difilet, tepung bumbu ayam krispi, telur ayam 1 buah. Bahan sambal seperti bawang merah 5 siung, terasi bakar 1/2 sdt, cabai rawit 5 buah, cabe besar 2 buah, dan jeruk limau 1 buah.

Cara membuat, bersihkan ayam yang telah dipotong tadi. Siapkan tepung serba guna dan kocok telur di wadah yang berbeda. Masukan ayam ke dalam kocokan telur dan ke tepung bumbu ulangi sampai 2 kali. Setelah itu, goreng ayam sampai matang dan tiriskan untuk mengurangi minyak.

Cara membuat sambal ayam geprek, cuci bahan sambal seperti cabai dan bawang. Ulek dicobek sampai halus, masukan ayam yang sudah digoreng tadi ke dalam ulekan sambel. Lalu bisa digeprek sampai merata. Cicipi rasanya jika dirasa kurang pas bisa ditambahkan bumbu.

Sajikan diatas piring saji ayam geprek tadi dengan tambahan perasan jeruk limau dengan nasi hangat beserta lalapan. Anda bisa menambahkan taburan bawang goreng agar menambah lezat ayam geprek.

4. Ayam Geprek Sambal Goang

Bahan siapkan ayam filet 500 gram, tepung bumbu serba guna 2 bungkus, dan minyak goreng secukupnya. Bahan sambal, cabai rawit merah 10 buah, bawang putih 3 siung, bawang merah 4 siung, tomat 1 buah, bumbu penyedap, dan garam.

Cara menggoreng ayam tepung, ayam yang telah dibersihkan dan dipotong-potong. Siapkan wadah untuk tepung serba guna 2 buah. Satu untuk tepung basah dan untuk tepung kering. Masukan ayam ke tepung basah, lalu ke tepung kering goreng sampai matang dan kering, tiriskan.

Cara membuat sambal, cuci semua bahan sambal sampai bersih. Untuk mempermudah mengulek, anda bisa merendam semua bahan ke dalam air hangat. Masukan semua bahan dan ulek semua sampai merata kecuali tomat.

Ulek sampai merata namun tidak halus, baru bisa dimasukkan tomat dan diulek kembali. Koreksi rasa sambal. Bila dirasa belum pas, maka bisa ditambahkan bumbu. Setelah itu, anda bisa menyajikan ayam geprek sambel goang ke dalam piring saji dengan nasi hangat.

Beberapa varian cara membuat sambal ayam geprek yang bisa anda coba di rumah dan tentu bisa anda nikmati bersama keluarga dengan bahan-bahan yang terjamin sehat.

error: Content is protected !!