Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Mudah dan Nikmat

Bubur kacang hijau merupakan salah satu kuliner yang cukup khas di masyarakat. Cara membuatnya pun cukup mudah. Sesuai dengan namanya, bubur ini terbuat dari bahan baku kacang hijau yang dipadukan dengan santan dan gula. Bubur kacang hijau sangat tepat disantap pada saat kondisi hangat, terutama pada saat cuaca dingin. Terdapat beberapa resep mengenai cara membuat bubur kacang hijau dengan mudah dan nikmat.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Mudah dan Nikmat

Bubur kacang hijau merupakan salah satu makanan tradisional yang banyak digemari masyarakat. Dengan memiliki ciri khas ras yang manis yang dapat disantap sebagai salah satu makanan penutup atau bisa juga dijadikan sebagai cemilan.

titiknol.co.id
titiknol.co.id

Dengan terbuat dari bahan baku kacang hijau yang banyak mengandung manfaat di dalamnya yang diantaranya vitamin, folat, protein, dan zat besi. Hal ini tentu membuat bubur kacang hijau menjadi salah satu makanan favorit, selain rasanya yang nikmat juga kaya akan manfaat.

Tips Memasak

Berikut ini beberapa tips membuat bubur kacang hijau menjadi lebih enak:

Pilihan Kacang Hijau

Mengenai jenis kacang hijau yang layak untuk dimasak, dapat anda pilih dengan melihat warna yang hijau bersih. Pada umumnya kacang hijau yang mempunyai kualitas yang baik tidak berbau.

Perendaman

Langkah selanjutnya adalah proses perendaman kacang hijau. Semakin lama kacang hijau direndam, maka kacang hijau yang kurang baik akan mengambang ke atas sehingga mudah untuk dipisahkan.

Menggunakan Api Sedang

Selama memasak bubur kacang hijau gunakan api sedang serta panas kompor yang stabil. Jika panas kurang stabil dapat mengakibatkan tekstur bubur kacang hijau menjadi kurang sempurna.

Resep Bubur Kacang Hijau Mudah dan Nikmat

Di bawah ini beberapa resep membuat bubur kacang hijau dengan mudah dan nikmat:

Bubur Kacang Hijau

Bahan:

100 gram kacang hijau
3 cm jahe, bakar, kupas dan memarkan
150 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1500 ml air

Bahan kuah santan:

250 ml santan dari 1 butir kelapa
1/4 sendok teh garam

Bahan pelengkap:

3 lembar roti tawar tanpa kulit, potong kotak

Cara membuat:

Rebus kacang hijau, air, serta jahe hingga matang dan mekar. Selanjutnya masukkan garam dan gula pasir. Masak hingga mendidih dan empuk. Selanjutnya kuah santan dididihkan bersamaan dengan garam sambil diaduk hingga meletup-letup. Bubur kacang hijau siap disajikan bersama santan dan pelengkapnya.

Bubur Kajang Hijau Ketan Hitam

Bahan yang diperlukan:

1. 200 gr kacang hijau
200 ml santan instan
1 ruas jahe diiris tebal
selembar daun pandan
2 sdm gula merah
5 sdm gula pasir
air secukupnya

Bahan ketan hitam:

200 gr ketan hitam
6 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
selembar daun pandan
200 ml santan kental
1 liter air

Cara membuat:

Rendam kacang hijau selama tiga jam, angkat dan tiriskan. Rebus kacang hijau dengan air, jahe daun pandan. gula merah hingga kacang hijau melunak. Selanjutnya tambahkan santan dan gula pasir.

Masak hingga mendidih sambil terus diaduk dengan pelan. Koreksi rasa apabila sudah pas baru disisihkan. Langkah berikutnya, masak ketan hitam yang telah direndam lama serta dibuang airnya. Rebus ketan hitam dengan air, daun pandan, garam dan gula.

Masak hingga menjadi bubur, koreksi rasa manisnya. Berikutnya masak santan pada panci terpisah serta beri garam. Masak hingga mendidih serta mengental. Sajikan bubur kacang hijau bersama ketan hitam pada mangkuk saji. Selanjutnya siram kuah santan di atasnya.

Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan

Bahan yang dibutuhkan:

150 gr kacang hijau
100 gr gula pasir
50 gr gula merah 150 gr gula pasir
selembar daun pandan
jahe secukupnya

Cara membuat:

Didihkan air dalam panci berukuran sedang. Selanjutnya masukkan kacang hijau yang telah direndam serta ditiriskan, Tambahkan jahe serta daun pandan yang telah dibersihkan. Masak dengan menggunakan api sedang sampai kacang hijau menjadi lembut.

Tambahkan gula pasir serta gula merah, kemudian masak hingga gula meresap dan kuah menjadi sedikit kusut. Matikan api kemudian angkat jahe dan daun pandan. Tuangkan bubur kacang hijau dalam mangkuk saji. Bubur kacang hijau siap di santap.

Dengan mengikuti resep cara membuat bubur kacang hijau di atas, anda dapat membuat bubur kacang hijau dengan mudah dan nikmat yang dapat anda nikmati bersama keluarga.

error: Content is protected !!