Begini Cara Membuat Capcay Goreng yang Disukai Keluarga

Capcay merupakan salah satu masakan yang beasal dari Tiongkok yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.  Makanan yang terdiri dari berbagai jenis sayuran yang mudah didapat dipasar. Bagi yang memulai belajar memasak, capcay ini sangat cocok untuk dieksekusi. Nah, begini cara membuat capcay goreng yang disukai keluarga.

Tidak heran jika banyak muncul resep capcay apabila kita membuka pencarian dimedia sosial. Karena makanan ini menyehatkan dan terdiri dari berbagi jenis sayuran. Pada dasarnya isiannya merupakan sayuran jenis sawi sawiyan dan keluarganya. Namun sekarang banyak yang menambahkan bahan protein misal potongan daging dan seafood. Dalam membuat capcay ini tidak harus mengikuti resep, melainkan bisa menggunakan bahan yang ada dikulkas.

Begini Cara Membuat Capcay Goreng yang Disukai Keluarga
cookpad.com

 

Panduan Cara Membuat Capcay Goreng

Sebelum kita membahas resep, kita ulas dahulu mengenai kelebihan makanan ini. Cara membuat capcay goreng yang disukai keluarga memang memiliki banyak manfaat. Capcay merupakan salah satu makanan yang praktis dengan bumbu yang sederhana dan hanya bermain dengan sayuran didalamnya. Selain itu, capcay juga menjadi pilihan makanan yang sehat yang disukai keluarga. Serta untuk anak yang susah makan sayur dapat belajar menyantapnya.

Anda dapat menggunakan sayuran apapun yang bisa dikombinasikan dengan bumbu merica dan bawang. Capcay juga menjadi salah satu jenis makanan yang ekonomis karena hanya menggunakan sayuran, daging, bakso dan seafood yang relatif sedikit.

Bahan Capcay Goreng

Sebenarnya capcay ini ada dua jenis, yang pertama capcay jenis goreng dengan hasil yang kering. Jenis yang kedua capcay basah yang sedikit berkuah. Sehingga kita dapat menentukan capcay jenis apa yang akan dibuat. Kali ini kita akan membuat capcay yang kering atau goreng.

Bahan bahan yang diperlukan:

  • bunga kol 1 buah
  • brokoli 1 buah
  • sawi putih 1 buah
  • wortel 1 buah
  • bakso sapi, iris tipis sesuai selera 3 buah

Bumbu:

  • bawang bombay, iris tipis 1 buah
  • bawang putih 3 siung
  • saus tiram 1 sdm
  • merica bubuk 1 sdt
  • gula pasir 1 sdt
  • margarin 2 sdm
  • penyedap rasa 1/2 sdt
  • garam 1 sdt
  • air secukupnya

Cara membuat capcay goreng:

Biasakan untuk pertama semua sayuran dicuci dengan mengunakan air mengalir. Iris semua sayuran sesuai selera namun dianjurkan untuk memotong sayuran lebih besar-besar.
Gunakan api sedang dalam memasak, siapkan wajan, masukan margarin tunggu sampai margarin meleleh semua.

Tambahkan irisan bawang bombay dan bawang putih dan masukan semua. Tumis sampai harum.
Masukan air secukupnya, tunggu sampai mendidih, lalu masukan sayuran yang telah diiris tadi satu persatu. Dimulai dari sayuran yang lama matang misal wortel.

Jika semua sayuran sudah masuk maka bisa ditambahkan irisan bakso didalamnya.
Tambahkan saus tiram, bumbu penyedap, garam, dan merica. Kemudian aduk-aduk sebentar sampai airnya menguap semua. Matikan kompor dan capcay siap untuk dhidangkan.

Sesuaikan semua  takaran dari bumbu dan bahan capcay agar hasil masakan benar-benar enak untuk dinikmati dan sesuai dengan selera anda.  Jangan lupa juga untuk  selalu mengunakan bahan bahan yang segar agar kandungan vitamin yang ada dicapcay goreng ini bisa terjaga dan dapat menutrisi tubuh kita.

Mudah bukan cara membuat capcay goreng yang dijelaskan diatas? Sangat mudah untuk dicoba dirumah karena simpel dan sangat efektif. Capcay kuah dan capcay goreng ini  sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan. Hanya saja cukup ditambahkan dengan tepung maizena yang berfungsi untuk mengentalkan kuah apabila menginginkan capcay basah atau kuah.

error: Content is protected !!