Cara Membuat Bubur Sumsum Enak, Gurih, dan Lembut

Posted on

Cara membuat bubur sumsum enak memang banyak kreasinya, bubur sumsum merupakan salah satu jajanan pasar yang memiliki cukup banyak penggemar. Tekstur dari bubur yang lembut dengan tambahan santan dan juga gula kelapa cair menjadikan rasanya semakin gurih.

cookpad.com

Cara Membuat Bubur Sumsum Enak

Beberapa orang kerap mengkonsumsi bubur sumsum untuk sarapan. Tak hanya nikmat, bubur ini juga cukup mengenyangkan. Banyaknya dari peminat bubur sumsum ini membuat banyak pedagang yang menjualnya.

Namun, apabila ingin membuatnya sendiri di rumah, terdapat cara membuat bubur sumsum enak, kenyal, dan juga gurih. Berikut ulasannya untuk anda.

Resep Bubur Sumsum Enak

Berikut ini merupakan beberapa resep membuat bubur sumsum yang enak dan juga mudah.

  • Bahan-Bahan

100 gr tepung beras
800 ml santan dari 1/2 butir kelapa
3 lembar daun pandan, ikat simpul
1/2 sdt garam

  • Bahan Pembuatan Kuah

3 keping gula merah
2 lembar daun pandan, ikat simpul
150 ml air putih
1 sdm gula pasir
sedikit garam

  • Cara Membuat

Langkah pertama adalah membuat bahan-bahan yang telah disediakan. Kemudian rebus sebagian dari santan dengan tambahan daun pandan dan beri sedikit garam. Setelah itu, aduk hingga air mendidih.

Pada wadah yang lain, campurkan tepung beras dengan sisa santan, kemudian aduk hingga rata. Setelah siap, masukkan larutan tepung beras ke dalam rebusan santan. Kemudian aduk adonan hingga pekat, tidak bergerindil dan juga tidak mengental atau matang.

Lihat Juga :  Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Mudah dan Nikmat

Angkat dan kemudian sisihkan. Campurkan semua bahan kuah, kemudian aduk hingga gula mencair. Tambahkan gula secukupnya, kemudian biarkan hingga mendidih.

Angkat kemudian saring. Setelah semua bahan siap, hidangkan bubur sumsum dengan siraman kuah gula merah yang lezat.

Bubur Sumsum Pandan Lembut

  • Bahan

300 gr tepung beras
20 lembar daun pandan
3 sdm garam
3 sdm gula pasir
5 bungkus santan kara

  • Bahan Pembuat Kuah

250 gr gula merah
1 sdt vanili
500 ml air

  • Cara Membuat

Langkah pertama adalah blender daun pandan dengan tambahan 250 ml air. Kemudian blender hingga halus dan saring hingga semua habis, jangan memeras blenderan ini karena akan menimbulkan rasa pahit.

Setelah itu, tuang tepung beras ke dalam panci yang telah disediakan. Tambahkan sisa air, santan, air pandan, gula, dan juga garam. Aduk semua adonan dengan menggunakan baloon whisk hingga rata.

Nyalakan api, lalu masak adonan hingga meletup-letup. Jangan lupa untuk terus mengaduk bubur selama proses memasak agar tidak gosong. Setelah matang, kemudian siapkan panci kecil untuk membuat kuah gula merah.

Tuang semua bahan ke dalam panci, beri daun pandan agar lebih harum, kemudian aduk hingga mendidih. Matikan api kemudian saring.

Setelah semua siap, sajikan bubur dengan menggunakan wadah kemudian tambahkan gula. Dengan mengikuti beberapa cara membuat bubur sumsum enak tersebut, maka anda dapat membuat bubur sumsum kreasi anda sendiri di rumah.