Beranda Sekilas Info Inilah Perbedaan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Inilah Perbedaan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

28
0

Salah satu hal yang sering dipertimbangkan untuk menghindari problem ialah perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Masyarakatlah yang mendorong lajunya pembangunan ekonomi tersebut.

Dimana pengertian dan pembedanya bisa diketahui secara pasti. Pasalnya, terletak pada suatu aspek berupa peningkatan ekonomi dalam tatanan yang normatif. Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi sendiri berkaitan dengan nilai laju inflasi atau harga.

romadecade.org

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi merupakan sebuah fakta yang saling mendukung untuk dapat menyeimbangkan perkembangan diantara keduanya.

Kuantitas yang diberikan menunjukkan pertumbuhan ekonomi, sedangkan kualitas menunjukkan pembangunan ekonomi.

Salah satu tujuan dari suatu bangsa dalam aspek perekonomian ini adalah terdapatnya pertumbuhan dan juga pembangunan ekonomi.

Maka dari itu, perlu diketahui serta dipahami mengenai definisi perbedaan dan pembangunan ekonomi. Beberapa perbedaannya adalah sebagai berikut.

Pertumbuhan Ekonomi

Kenaikan pendapatan nasional merupakan sebuah wujud dari sebuah proses peningkatan dari kapasitas yang dikenal dengan sebutan pertumbuhan ekonomi.

Untuk lebih detail, pertumbuhan ekonomi dapat diketahui melalui beberapa metode seperti Economic growth atau yang sering disebut dengan pertumbuhan ekonomi.

Merupakan suatu kondisi dimana kegiatan atau aktivitas dari perekonomian yang menyebabkan meningkat dan bertambah barang dan juga jasa yang diproduksi oleh masyarakat.

Selanjutnya adalah pertumbuhan ekonomi ditandai dengan kenaikan dari output perkapitas dengan jangka waktu yang cukup panjang.

Dalam proses pertumbuhan ekonomi juga terdapat 2 sisi yang harus menjadi acuan yaitu output total (GNP) dan jumlah kependudukan.

Yang terakhir adalah pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator terjadinya keberhasilan sebuah proyek pembangunan.

Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi selalu diidentifikasikan dengan jumlah peningkatan prakapitas masyarakat yang sering disebut dengan perubahan mendasar atau perubahan pundamental.

Economic of Development merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat suatu bangsa berdasarkan pendapatan per kapita yang riil.

Selanjutnya, pembangunan ekonomi adalah salah satu proses atau keadaan yang mana terjadinya transisi dari suatu yang sederhana menuju ke tingkat yang jauh lebih maju.

Mengenai pembangunan ekonomi sendiri akan berdampak kepada proses multidimensional yang harus melingkupi masyarakat, struktur sosial, dan juga institusi nasional yang lainnya.

Pembangunan ekonomi mampu menstimulasi atau merangsang peningkatan pendapatan nasional serta pendapatan perkapita sebagai salah satu bentuk dari pertumbuhan ekonomi.

Faktor yang Mempengaruhi Antara Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi pada umumnya merupakan peningkatan penambahan pada sebuah kegiatan produksi.

Pertumbuhan ekonomi ini biasanya akan ditopang dengan beberapa aspek seperti peningkatan aspek produksi, perkembangan teknologi, peningkatan investasi, peningkatan pendapatan nasional, hingga kualitas sebuah manajemen.

Selain definisi dari perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, terdapat pula perbedaan diantara keduanya.

Faktor Pertumbuhan Ekonomi

Untuk lebih memperjelas perbedaan pembangunan serta pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari beberapa faktor di bawah ini.

  • Ketersediaan Tanah dan Kekayaan Alam

Tanah dan juga kekayaan alam merupakan salah satu faktor utama dan yang paling penting untuk mempengaruhi hal ini. Jika tanah dan juga kekayaan alam tidak tersedia, maka produksi tentu tidak akan dapat berkembang.

  • Kualitas dan Kuantitas Tenaga Kerja

Kompetensi dan juga mutu kerja penduduk sangat mempengaruhi masyarakat agar jauh lebih produktif dan berkualitas sehingga mampu meningkatkan hasil dari produksi.

Faktor Pembangunan Ekonomi

Untuk faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut.

  • Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang dimaksud dalam hal ini adalah tanah, air serta udara dan segala hal yang terdapat di dalamnya. Pada seluruh pengertian sumber daya alam yang tersedia harus dimanfaatkan dengan baik.

  • Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia atau SDM yang kompetitif, berkualitas, serta memiliki skill yang baik tentu dapat meningkatkan kreatifitas pemberdayaan sumber daya manusia.

Hal ini dapat menjadikan manusia sebagai objek yang memang harus produktif untuk menghasilkan sebuah produk yang kreatif dan memiliki daya saing yang kuat.

  • Sumber Modal

Perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi selanjutnya dapat dilihat melalui sumber modal. Pertumbuhan ekonomi pada umumnya akan ditopang dengan beberapa aspek. Seperti peningkatan aspek produksi, perkembangan teknologi, serta peningkatan investasi, pertumbuhan kuantitas penduduk, dan juga kualitas manajemen.