Tren Kopi Dalgona dan Simak Cara Pembuatannya

Salah satu tren minuman yang sangat viral di kalangan masyarakat adalah dalgona. Minuman dengan jenis kopi ini menjadi viral dan sangat menghebohkan. Kini tren kopi dalgona juga sudah merambah ke Indonesia. Awal kemunculan aplikasi ini bermula dari platform TikTok yang dibagikan oleh para netizen. Setelah itu, mulai bermunculan video berbagai kalangan yang membuat kopi dalgona.

Ternyata minuman kopi ini berasal dari Korea. Penampilannya yang sangat menarik dan unik membuat banyak orang tertarik. Tidak heran jika banyak orang mulai menjajal untuk berkreasi kopi dalgona. Bahan yang digunakan untuk membuat kopi ini juga tidak sulit.

jakmall.com

Tren Kopi Dalgona yang Menarik Perhatian

Nama dalgona sendiri diambil dari nama permen yang ada di Korea Selatan. Bukan berarti permen tersebut memiliki kandungan kopinya, justru sebaliknya. Permen tersebut tidak mengandung kopi sama sekali. Nama dalgona pada kopi ternyata dikaitkan dengan penampilannya.

Kopi dalgona memiliki whipped yang menjadi pusat perhatian. Warna kopi yang kecokelatan hampir mirip dengan permen dalgona. Tekstur yang dimiliki juga sangat lembut sehingga keduanya hampir mirip meski dengan bentuk yang berbeda.

Tren kopi dalgona ini menjadi viral dalam sekejap. Banyak masyarakat di Indonesia yang mencoba untuk membuat kopi ini. Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Cara pembuatan kopi dalgona sendiri tidak sulit asalkan mengikuti langkah dengan benar.

Kopi dalgona memiliki tampilan layakanya kopi yang dijual di kafe. Kini anda tidak perlu datang ke kafe untuk menikmati kopi yang nikmat dan unik. Cukup membuat sendiri di rumah dengan bahan yang tersedia.

Tren Kopi Dalgona dan Cara Membuatnya dengan Hand Mixer

Sebelum mengetahui cara pembuatan kuliner yang lagi trend ini, banyak orang yang berspekulasi bahwa kopi dalgona sulit untuk dibuat. Sebab, harus menggunakan mixer dan takarannya harus pas. Namun anda bisa membuat kopi dalgona ini dengan mudah tanpa menggunakan mixer, melainkan hand mixer.

Langkah Pertama

Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat kopi dalgona. Diantaranya 2 sdm kopi instan tanpa ampas seperti Nescafe Clasic. Kemudian 2 sdm gula pasir, 2 sdm air es, dan 50 gram es batu. Tidak lupa untuk menyiapkan 100 ml susu putih UHT. Pastikan semua bahan tersebut terkumpul.

Langkah Kedua

Siapkan mangkuk dan masukkan gula halus dan kopi instannya. Pastikan kopi yang dipilih adalah kopi tanpa ampas. Agar lebih halus, maka bisa diayak terlebih dahulu sebelum dicampur. Setelah dimasukkan, maka campur keduanya hingga merata. Tren kopi dalgona ini memang mudah dibuat namun tidak sedikit yang gagal ketika membuatnya.

Langkah Ketiga

Selanjutnya adalah masukkan air es ke dalam campuran gula dan kopi. Jika tidak memiliki mixer listrik, maka bisa menggunakan hand mixer. Aduk campuran tersebut hingga benar-benar merata. Aduk menggunakan mixer selama kurang lebih 20 menit. Aduk terus hingga membentuk cream yang sangat lembut.

Langkah Keempat

Cara membuat tren kopi dalgona yang selanjutnya adalah menyiapkan gelas saji. Masukkan es batu yang telah disiapkan ke dalam gelas saji tersebut. Selanjutnya adalah menuangkan susu cair pada gelas hingga 3/4 gelas. Selanjutnya adalah tambahkan krim tersebut diatas susu, lalu taburkan kopi bubuk untuk mempermanis tampilan. Kopi dalgona siap disajikan dengan tampilan yang unik.

Tren untuk membuat kopi dalgona sudah semakin populer. Cara membuatnya pun sudah semakin beragam. Sehingga banyak varian dari kopi dalgona yang dibuat oleh masyarakat Indonesia. Hal yang terpenting dalam membuat kopi dalgona adalah kopi yang digunakan harus tanpa ampas. Sebab, jika salah menggunakan kopi, maka pembuatan dalgona bisa gagal.

Banyaknya varian dari kopi dalgona ini juga semakin viral. Sebab, setiap kali membuat hasilnya selalu diposting di media sosial. Sehingga banyak orang yang terinspirasi untuk membuat kopi dalgona dengan kreativitas masing-masing. Di Korea sendiri juga banyak orang yang membuat dalgona dan dikreasikan sendiri.

Tren kopi dalgona ini juga bisa dikreasikan dengan menambahkan beberapa bahan lain. Misalnya wafer coklat dan choco chips atau yang lainnya. Bahan-bahan tersebut mudah untuk didapatkan. Penambahan wafer coklat dan choco chips tentunya membuat tampilan kopi dalgona semakin cantik dan unik.

error: Content is protected !!