Simak Tips Jaga Komunikasi Jarak Jauh Saat Pandemi

Posted on

Penyebaran virus Corona yang semakin parah membuat banyak orang mengeluh karena ada banyak pembatasan. Sebenarnya hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membatasi penyebaran virus Corona agar tidak meluas. Banyak kebijakan yang membuat interaksi dan komunikasi dibatasi. Untuk itu, diperlukan tips jaga komunikasi jarak jauh di tengah situasi seperti ini.

Dampak dari penyebaran virus Corona sangat dirasakan oleh banyak masyarakat. Hampir seluruh aktivitas sehari-sehari terhenti. Mulai dari aktivitas bekerja, sekolah, dan yang lainnya. Untuk menghindari penyebaran virus Corona, maka hal yang perlu dilakukan adalah tetap di rumah dan tidak bepergian keluar jika tidak penting.

hellosehat.com

Inilah Tips Jaga Komunikasi Jarak Jauh di Tengah Penyebaran Virus Corona

Salah satu dampak yang paling terasa adalah berkurangnya waktu untuk berkomunikasi. Entah komunikasi bersama dengan orang tua, sahabat, teman dekat, atau yang lainnya. Bahkan komunikasi antara bos dan karyawan juga semakin terbatas. Komunikasi hanya bisa dilakukan secara virtual.

Sulitnya untuk berkomunikasi jarak jauh membuat banyak keluarga mengeluh. Menjaga komunikasi antar anggota keluarga tidak mudah. Terlebih lagi jika salah satu anggota keluarga menjadi tenaga medis.

Hal ini menjadi lebih sulit untuk menentukan waktu untuk berkomunikasi. Selain anggota keluarga, menjaga komunikasi juga perlu dilakukan oleh para pasangan.

Tips jaga komunikasi jarak jauh perlu diterapkan oleh setiap pasangan. Hal ini untuk menjaga agar komunikasi tetap harmonis. Selain itu, komunikasi harus tetap terhubung meski hanya singkat.

Lihat Juga :  Penangkapan Artis VS, Heboh Dari Vitalia Shesa Hingga Vernita Syabilla

Komunikasi yang baik tidak hanya sekedar berinteraksi. Kini penggunaan teknologi juga sangat membantu komunikasi jarak jauh. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga komunikasi agar tetap terhubung di tengah pandemi Covid-19.

1. Luangkan Waktu Untuk Menjaga Kebersamaan

Salah satu tips yang bisa digunakan untuk menjaga kebersamaan adalah meluangkan waktu. Meluangkan waktu meski hanya sebentar sebenarnya sangat berpengaruh. Apalagi jika waktu yang diluangkan juga cukup lama.

Meluangkan waktu dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dan sekedar bercerita. Hal ini membuat komunikasi antar pasangan lebih harmonis meski di tengah pandemi Corona.

2. Manfaatkan Teknologi Seperti Panggilan Video

Di tengah pandemi Corona seperti ini, teknologi sangat berperan penting. Salah satunya adalah teknologi yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan video dengan anggota keluarga. Ada banyak aplikasi atau platform yang bisa digunakan untuk melakukan video call.

Diantaranya adalah Whatsapp, Skype, Google Duo, Line, Facebook, hingga aplikasi Zoom. Beberapa platform tersebut dapat digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh. Memanfaatkan teknologi yang ada saat ini merupakan salah satu tips jaga komunikasi jarak jauh yang bisa diterapkan.

Meskipun hanya komunikasi virtual, namun panggilan video dapat menampilkan gambar wajah secara langsung. Dengan adanya aplikasi panggilan video, komunikasi virtual jarak jauh menjadi lebih efektif daripada sebelumnya. Selain itu, komunikasi menjadi lebih nyaman.

3. Tetap Mengirimkan Kabar Meski Hanya Singkat

Tips selanjutnya yang dapat digunakan untuk menjaga komunikasi jarak jauh adalah tetap mengirimkan pesan. Pesan yang dikirimkan dari pasangan atau keluarga sangatlah penting. Namun hal yang terpenting adalah jangan mengirimkan pesan yang terlalu berlebihan.

Lihat Juga :  Xnxubd 2020 Nvidia New Releases Video9

Usahakan pesan teks yang dikirimkan jelas dan tidak bertele-tele. Sebab, ada beberapa pesan teks yang menimbulkan salah paham. Oleh karena itu, berkirim pesan sangat dianjurkan meski hanya singkat.

Mengirim pesan singkat kepada keluarga merupakan salah satu tips jaga komunikasi jarak jauh. Ada banyak aplikasi chat yang bisa digunakan untuk berkabar dengan keluarga.

4. Mengirimkan Hadiah Sesekali

Selanjutnya adalah mengirimkan hadiah kepada keluarga atau pasangan. Jarak yang jauh memang menjadi penghalang untuk bertemu. Apalagi di suatu seperti saat ini.

Namun salah satu tips yang bisa digunakan adalah mengirimkan hadiah. Hadiah tersebut bisa berupa hal yang disukai oleh pasangan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menjaga komunikasi.

Kini terdapat beragam jasa ekspedisi yang dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan paket. Di tengah pandemi seperti saat ini, jasa ekspedisi masih tetap beroperasi. Hal ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

Beragam tips diatas dapat diaplikasikan untuk menjaga komunikasi. Tips jaga komunikasi jarak jauh perlu diterapkan agar komunikasi tetap terjalin. Sehingga tidak putus komunikasi akibat kondisi pandemi Corona.