9 Cara Menjinakan Kucing Agar Nurut Dengan Majikan dan Orang Baru

Cara Menjinakan Kucing ~ Memang tidak mudah, apalagi kucing liar. Kucing liar biasanya sangat sulit interaksi dengan manusia karena pernah mempunyai pengalaman yang buruk dengan seorang manusia.

Kucing semi liar, misalnya kucing yang baru pertama kali ditemui, juga sulit dibuat jinak karena memerlukan waktu saat kontak secara langsung dengan seorang manusia.

Kucing liar umumnya tidak suka bila dekat orang. Kucing liar akan langsung kabur atau menggigit manusia yang mendekatinya.

Sedangkan kucing semi liar biasanya lebih mudah didekati. Mereka cenderung tidak suka disentuh, tetapi tidak lari ketika didekati manusia.

Mereka dapat melakukan kontak mata atau membuat suara ketika berada di dekat manusia.

Meski memiliki karakteristik yang berbeda, kali ini kami telah merangkum cara menjinakkan kucing liar dan kucing semi liar.

Cara Menjinakan Kucing Agar Nurut

Cara Menjinakan Kucing

Anda mungkin memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap perilaku kucing. Jika mereka terkadang melakukan sesuatu yang seharusnya tidak mereka lakukan, Anda mungkin akan sedikit terkejut.

Seperti melompat di atas meja, mengunyah kabel, buang air kecil sembarangan, atau menggaruk barang-barang rumah tangga.

Padahal, perilaku ini merupakan reaksi alami kucing terhadap lingkungannya. Namun, hal ini harus dibatasi agar tidak jadi kebiasaan yang buruk.

Untuk itu, di bawah ini ada beberapa cara agar kucing Anda patuh pada orang baru, antara lain:

1. Memperkenalkan Lingkungan Baru

Memberinya waktu untuk ‘beradaptasi’ juga dibarengi dengan pengenalan terhadap lingkungan di sekitarnya, lho. Mengutip Cats Protection, kucing dan anjing adalah hewan yang bisa dilatih dari kebiasaan rutin.

Karena itu, pindah ke lingkungan baru akan sulit. Pemilik baru harus mengenalkan lingkungan di sekitarnya agar kucing lebih ‘tahu’.

Lihat Juga :  Kenali Penyebab Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Ini termasuk mengetahui apa yang akan dimakan kucing setiap hari, dan di mana ia buang air kecil.

Dibutuhkan waktu dan konsistensi agar kucing berperilaku lebih patuh dengan tuan barunya.

2. Memberikan Waktu Pendekatan

Saat pertama kali bertemu kucing atau membawanya pulang, sebaiknya beri mereka ruang untuk ‘mengenal’ lingkungan barunya.

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk segera mengajaknya bermain, tahan dulu keinginan tersebut, ya.

“Yang paling penting adalah mengamati perilaku kucing sebelum mengajaknya bermain,” kata Dr Ryane E. Englar, asisten profesor dan koordinator pendidikan klinis di Kansas State University di Manhattan, Kansas, dikutip dari petmd.com.

Cara membuat kucing patuh ini bertujuan agar kucing merasa lebih aman dan nyaman berada di rumah pemilik baru.

Khusus untuk kucing dengan ras tertentu, butuh waktu lebih lama untuk mengenalnya.

3. Tanda-tanda Kucing Tidak Nyaman

Cara membuat kucing patuh adalah dengan mengetahui tanda-tanda yang berlawanan.

Tidak semua kucing bisa patuh dengan mudah. Oleh karena itu, ada tanda-tanda kucing merasa tidak nyaman saat berada di sekitar orang baru.

Tanda-tanda kucing tidak mau berinteraksi dengan kita antara lain:

  • Ekor berdiri atau naik
  • telinga datar
  • Pupil mata membesar
  • Wajah kucing terlihat ketakutan
  • Suara menggeram tinggi

Suara menggeram memang bisa menjadi tanda bahwa kucing itu nyaman atau lebih baik. Kucing memakainya suara mengeong untuk menenangkannya.

4. Tanda-tanda Kucing Mulai Nurut

Cara Menjinakan Kucing Agar Nurut

Cara selanjutnya agar kucing patuh adalah dengan mencari tanda-tanda yang mungkin muncul. Biarkan kucing memutuskan kapan mereka siap bermain dengan pemiliknya.

Lihat Juga :  Ciri-Ciri Kucing Anggora dan Cara Perawatan Agar Sehat dan Anti Jamur

Beberapa kucing mungkin membutuhkan waktu untuk menjadi lebih patuh. Sementara kucing lain mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu untuk memulai interaksi.

Mengutip Michelson Found Animals, berikut adalah beberapa tanda kucing Anda siap untuk mulai menjalin ikatan dengan orang baru:

  • Menggores permukaan benda.
  • Menggosok dahinya.
  • Terdengar geraman lembut.
  • Ingin duduk atau dekat dengan orang yang dia percaya.

Tanda ini memberikan ‘sinyal’ kepada pemilik baru bahwa kucing mulai merasa nyaman.

5. Ajak Main

Trik lain untuk membuat kucing Anda patuh adalah dengan bermain dengannya. Misalnya, menggunakan alat laser untuk kucing mengikuti gerak sinar laser.

Dengan cara ini kucing akan ‘sadar’ akan kehadiran Anda di lingkungan baru. Kucing yang senang akan menyalurkan energi positif dan lebih mudah untuk dipatuhi.

6. Memberi Hadiah

Meskipun Anda tidak boleh memaksakan interaksi dengan kucing Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih patuh.

Coba berikan ‘hadiah’ untuk kucing di rumah. Ini adalah cara mudah untuk membuat kucing patuh.

Anda bisa memberinya camilan tambahan di luar waktu makannya. Dengan memberikan hadiah, ini pertanda majikannya ‘memanjakan’ kucing selaku hewan peliharaan.

7. Hindari Memberi Hukuman

Saat kucing durhaka, kita sering memberikan teguran berupa hukuman. Ternyata ini tidak bisa digunakan untuk membuat kucing patuh.

Dengan menghukumnya, dia mungkin merasa terancam dan dapat memperburuk kebiasaan buruknya.

Hal ini juga yang menyebabkan kucing merasa takut berada dekat dengan kita. Sehingga hal ini akan merusak ikatan antara kucing dan pemiliknya.

Alih-alih menghukum kucing, cobalah untuk memuji kucing karena perilakunya yang baik. Menurut Hillspet.com, nantinya dia akan belajar mengasosiasikan perilakunya dengan reward yang diberikan.

Lihat Juga :  Mengenal Apa Saja yang Menjadi Indikator Pertumbuhan Anak

8. Memberikan Sentuhan Fisik

Kucing menyukai belaian fisik dari pemiliknya atau orang baru. Oleh karena itu, berikan sentuhan fisik agar kucing mudah patuh.

Dengan mengelus kucing, mereka akan lebih mempercayai pemiliknya. Sentuhan ini mungkin melibatkan seluruh tubuh mereka atau terkadang hanya dahi dan pipi.

Ketika kucing menggosok suatu benda atau bagian tubuh manusia, sebuah aroma ditransfer agar kucing mengenalinya.

Namun, jangan lupa untuk mencuci tangan setelah mengelus kucing agar tidak ada bulu-bulu halus yang menempel padanya.

9. Fokus Latihan Satu Perintah

Cara membuat kucing patuh tidak kalah penting yaitu dengan memperhatikan waktu. Membuat kucing patuh pada kita membutuhkan proses yang panjang dan tidak bisa instan.

Saat mau melatih kucing, pastikan waktu yang cocok untuk melatihnya. Kucing tidak dapat fokus pada waktu yang lama, jadi waktu yang singkat sudah cukup untuk melatih mereka.

Sama seperti manusia, kucing juga cepat bosan. Fokus pada satu perintah pada satu waktu sehingga mudah baginya untuk ‘memproses’ itu.

Kucing yang patuh membutuhkan waktu lama. Hal ini dikarenakan kucing butuh adaptasi pada lingkungan baru mereka.

Untuk melihat hasilnya, lakukan cara ini agar kucing patuh dengan sabar dan diulangi setiap hari.

Baca Juga :

Ya, penting bagi Anda untuk mengetahui Cara Menjinakan Kucing Agar Nurut Dengan Majikan dan Orang Baru. Dengan informasi diatas mungkin bisa membantu Anda sebagai pecinta kucing pemula. Semoga bermanfaat!!