8 Cara Melebatkan Bulu Kucing Secara Alami Untuk Semua Jenis Kucing

Cara Melebatkan Bulu Kucing ~ Memelihara kucing membutuhkan perawatan dan kesabaran.

Memelihara kucing harus memperhatikan perilakunya, gaya hidupnya agar kita tahu apa yang dibutuhkan kucing.

Apalagi untuk menjaga kesehatan kucing yang menentukan hidupnya. Dengan Kata lain bulu kucing sangatlah berarti untuk indikator dan fungsi kesehatan kucing.

Pada umumnya bulu kucing bisa lindungi tubuh kucing dari suhu dingin, sekaligus sebagai alat komunikasi.

Beberapa orang mulai tertarik untuk mencari cara menumbuhkan bulu kucing karena betapa pentingnya bulu kucing.

Obat untuk menebalkan bulu kucing memang mulai bermunculan, namun alangkah baiknya jika menggunakan cara alami untuk menebalkan bulu kucing.

Seperti memandikan kucing, memberikan vitamin dan mineral, hingga menjaga suhu dan kebersihan ruangan. Langkah alami ini juga merupakan cara merawat kucing dengan baik dan benar.

Selain sehat, bulu kucing yang tebal terlihat sehat dan terawat. Berikut cara menumbuhkan bulu kucing secara alami.

Cara Melebatkan Bulu Kucing

Cara Melebatkan Bulu Kucing

1. Berikan Minyak Ikan

Anda dapat berikan minyak ikan setiap minggu untuk mencegah kerontokan bulu-bulu kucing. Kandungan Minyak ikan adalah asam omega 3 yang dapat membantu pertumbuhan rambut sekaligus menebalkan bulu kucing.

Anda juga bisa mencampurkan minyak ikan dengan asam lemak omega 6 yang terdapat pada kulit ayam atau minyak sayur. Kandungan nutrisi tersebut dapat menjaga ketahanan kulit kucing dari peradangan.

2. Beri Kuning Telur Matang

Kucing memang memiliki makanannya sendiri yang berbeda dengan manusia. Namun, Anda bisa memberikan kuning telur pada kucing untuk merangsang pertumbuhan dan pemeliharaan bulunya. Anda bisa memberikan kuning telur matang maksimal tiga kali seminggu.

Lihat Juga :  Arti Mimpi Tentang Anjing

Kuning telur terkandung enzim avidin yang bisa optimalkan penyerapan vitamin B yang diperlukan untuk memperindah bulu, kesehatan bulu, dan kesehatan kulit kucing. Pastikan kuning telur yang diberikan kepada kucing sudah matang sempurna.

3. Memandikan Kucing Secara Teratur

Cara lain untuk menebalkan bulu kucing adalah dengan memperhatikan kebersihan kulit dan bulunya.

Anda perlu mandikan kucing dengan rutin untuk hilangkan sisa-sisa kerontokan rambut serta serpihan sel kulit mati. Anda perlu mandikan kucing Anda setidaknya sebulan sekali.

Namun, jangan terlalu sering memandikan kucing. Sebab, bisa menghilangkan kandungan minyak atsiri alami di bulu. Gunakan sampo kucing untuk menghindari iritasi pada kulit dan bulu kucing Anda.

4. Perhatikan Makanan Kucing

Seberapa tebal bulu kucing tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Bulu kucing bisa tumbuh tebal jika dia makan makanan tinggi protein, karbohidrat, dan lemak.

Anda bisa memberikan makanan basah dan kering atau menggabungkannya agar bulu kucing bisa tumbuh tebal dan mencegah kerontokan.

Cara lainnya adalah dengan memberikan vitamin untuk membantu rambut tumbuh lebat. Anda bisa mendapatkan tambahan suplemen vitamin dan mineral untuk kucing di pet shop atau dokter hewan.

5. Hindari Kucing Merasa Stres

Cara Melebatkan Bulu Kucing Secara Alami

Kondisi mental kucing juga perlu diperhatikan dengan baik agar bulunya tumbuh lebat. Hindari kucing merasa stres dan cemas.

Pasalnya, kondisi stres bisa memicu peningkatan tekanan darah, sehingga nutrisi tidak bisa terdistribusi ke seluruh tubuh kucing secara optimal.

Lihat Juga :  111.90 l50 204 Simon Ip Hiburan Terbaru Full HD

Untuk menjaga kestabilan mental kucing, Anda perlu memperhatikannya dan sering mengajaknya bermain.

Berikan perawatan yang cukup dan pola makan yang bergizi seimbang agar kucing tumbuh sehat.

6. Menyisir Bulu Kucing Secara Teratur

Selain rutin mandi, Mama juga perlu menyisir bulu kucing secara rutin agar bulu yang rontok bisa lepas dari tubuhnya. Karena bulu yang rontok dan tetap menempel di tubuh kucing bisa menghambat pertumbuhan bulu lainnya.

Bulu-bulu yang rontok menutupi permukaan kulit tempat tumbuhnya rambut baru. Rambut rontok yang tidak segera disisir atau dihilangkan juga bisa menggumpal bersama kotoran.

7. Dapatkan Sinar Matahari yang Cukup

Sama seperti manusia, kucing juga perlu menyerap vitamin D dari sinar matahari. Kucing menyukai kehangatan, sehingga vitamin D yang diserap akan digunakan untuk memperkuat dan memperkuat bulunya.

Sinar matahari juga dapat membunuh parasit, kuman, dan bakteri yang menempel pada bulu kucing. Mama bisa mengajak kucing berjemur maksimal 10 menit setiap pagi agar bulunya semakin lebat.

8. Perhatikan Kebersihan dan Suhu Tempat Anda Tinggal

Terakhir, perhatikan kebersihan dan suhu tempat tinggal kucing. Kandang yang bersih akan mencegah parasit atau kuman menempel pada kulit dan bulu kucing Anda.
Oleh karena itu, pastikan Mama membersihkan kandangnya secara rutin minimal seminggu sekali.

Selain itu, perhatikan juga suhu kandang kucing. Kucing sangat menyukai kehangatan, pastikan suhu kandang kucing normal mencapai 37 hingga 38 derajat Celcius.

Lihat Juga :  5 Cara Memandikan Anak Kucing Yang Takut Air dan Suka Berontak

Suhu di atas itu bisa membuat bulu kucing rontok dan kucing tidak nyaman di dalam kandang.

Baca Juga :

Ya, penting bagi Anda untuk mengetahui Cara Melebatkan Bulu Kucing Secara Alami Untuk Semua Jenis Kucing. Dengan informasi diatas mungkin bisa membantu Anda sebagai pecinta kucing pemula. Semoga bermanfaat!!