Beberapa Aplikasi Meeting Online Terbaik Yang Paling Direkomendaasikan

Dalam upaya meminimalkan angka penyebaran virus Corona yang sedang menimpa Indonesia pada khususnya dan banyak negara lain pada umumnya, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas di dalam rumah. Aplikasi meeting online terbaik mulai banyak diincar saat muncul himbauan tersebut.

Tepatnya pemerintah menganjurkan untuk membatasi kegiatan masyarakat di luar rumah. Tentu hal ini berlaku mulai dari bekerja, belajar hingga beribadah. Maka dari itu, beberapa sektor seperti perkantoran dan pendidikan mengubah proses dan cara komunikasi mereka.

Beberapa Aplikasi meeting Online Terbaik Yang Paling Direkomendasikan
jagoteknologi.com

Pilihan Aplikasi Meeting Online Terbaik

Menggunakan aplikasi telekonferensi dapat menjadi cara agar tetap terhubung. Inilah beberapa aplikasi meeting online yang bisa menjadi pilihan.

Skype

Aplikasi ini sangat terkenal di belahan dunia manapun, termasuk Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi video call satu ini? Melalui Skype, panggilan video dapat dilakukan dengan jumlah maksimal 50 orang.

Namun, batas waktu yang ditentukan hanya 4 jam dengan maksimal panggilan per hari selama 10 jam. Menggunakan Skype ini anda dapat merekam semua panggilan dari awal hingga akhir.

GoTo Meeting

Seperti dengan namanya, anda bisa memakai aplikasi ini untuk mengadakan meeting secara online. Aplikasi ini juga memiliki fitur share screen dan panggilan video. Akan tetapi, GoTo Meeting mempunyai kekurangan mengenai jumlah penggunanya. Dikarenakan hanya dapat digunakan oleh 3 orang saja dalam sebuah meeting dalam versi gratisnya.

Zoom

Sama halnya dengan Skype, aplikasi Zoom ini adalah aplikasi meeting online terbaik dengan maksimal pengguna 25 orang di versi gratisnya.

Zoom mempunyai kelebihan yaitu fitur share screen. Fitur ini dapat memperlihatkan layar laptop/komputer anda dengan orang lain. Maka, anda bisa menampilkan bahan berupa jurnal, slide, buku dan masih banyak lagi.

Kekurangan aplikasi ini adalah batas waktu yang satu meeting hanya 40 menit. Apabila waktu sudah habis, maka anda dapat kembali memulai meeting kembali.

Keunikan dari aplikasi ini adalah anda bisa mengubah latar belakang ketika melakukan video call dengan gambar-gambar, misalkan gambar sawah, ruang angkasa, bahkan seperti di London. Paling menarik lagi, anda bisa memakai gambar sendiri.

Google Hangout

Aplikasi ini cocok untuk anda yang ingin melakukan panggilan video beramai-ramai. Anda dapat meeting dengan hampir 250 orang. Hal ini juga memungkinkan untuk anda yang sedang kuliah online dengan semua kawan di angkatan anda. Tak berbeda dengan aplikasi meeting online terbaik lainnya, Google Hangout juga mempunyai fitur share screen dan video call.

Join.Me

Untuk mengirim berkas dan share screen, anda juga dapat menggunakan aplikasi yang satu ini. Join.Me mempunyai fitur yang memudahkan pengguna untuk bergabung melalui nomor telepon atau VoIP. Namun kekurangannya, aplikasi ini belum terlalu populer di Indonesia. Namun, anda juga patut untuk mencobanya.

Life Size

Aplikasi yang satu ini memungkinkan anda untuk melakukan video call secara gratis. Selain itu, juga dapat dilakukan oleh 25 orang dalam sebuah meeting, bahkan aplikasi ini tidak membutuhkan pemasangan atau unduhan. Kelebihan lainnya adalah Lifesize telah terintegrasi dengan Microsoft. Namun jika anda menginginkan sistem ruang konferensi yang bervideo 4k, maka anda harus berlangganan terlebih dahulu.

Microsoft Teams

Sama seperti yang lain, Microsoft Team ini juga adalah aplikasi meeting online terbaik yang menawarkan layanan video call dan dapat digunakan oleh beberapa orang. Banyaknya pengguna yang dapat ditampung dalam satu sesi meeting yaitu 10.000 orang.

Kelebihan lainnya yaitu tidak perlu menjelajah folder lagi jika akan mengerjakan sebuah file. Di aplikasi ini, anda bisa mengakses, mengedit, dan berbagi file PowerPoint, Word, serta Excel secara real-time.

Google Duo

Aplikasi besutan dari Google ini sudah ada sejak tahun 2016. Duo dapat diakses lewat website, Android, tablet dan juga iOS. Bisa melakukan panggilan video secara pribadi ataupun dengan ramai-ramai. Pengguna yang dapat bergabung cukup banyak yaitu sampai 12 orang. Satu lagi kelebihannya yaitu anda dapat meninggalkan pesan video misalkan orang yang anda hubungi tidak menjawab telepon.

Cisco Webex

Pilihan yang satu ini diketahui dapat menampung hingga 100 pengguna sekali rapat. Aplikasi meeting ini mempunyai kelemahan yaitu harus berlangganan biaya premium. Namun, seperti halnya Zoom, Cisco Webex ini juga dapat untuk melakukan share screen atau berbagi layar dengan pengguna lain.

Adapun beberapa aplikasi meeting online terbaik diatas dapat menjadi pilihan anda untuk melakukan panggilan video ke berbagai tempat ataupun ke banyak orang.

error: Content is protected !!