Alternatif Tempat Wisata Air Terjun Tumpak Sewu, Bisa Anda Kunjungi

Air terjun yang mainstream sangat menarik untuk dikunjungi. Menjadi destinasi alternatif tempat wisata, air terjun Tumpak Sewu bisa anda kunjungi untuk memanjakan mata. Baru-baru ini foto tempat wisata ini mulai menghiasi media sosial.

3. Alternatif Tempat Wisata Air Terjun Tumpak Sewu, Bisa Anda Kunjungi
Hargatiket.net

Tempat Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Bisa Anda Kunjungi

Air terjun ini lebih dikenal dengan nama Niagaranya Jawa Timur, yang berada di perbatasan antara Lumajang dan Malang. Walaupun berada di kabupaten Lumajang, namun air terjun ini bisa diakses dari Kabupaten Malang.

Buka setiap hari mulai jam 08.00 sampai 17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 10.000. Lalu untuk biaya parkir cukup terjangkau yaitu untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000 dan untuk kendaraan roda 4 Rp 10.000 saja.

Keindahan Tipe Aliran Air Terjun Tumpak Sewu yang Unik

Dikenal dengan sebutan Niagaranya Jawa Timur bukan tanpa alasan. Lebarnya aliran air terjun akan mengingatkan kita pada Niagara Waterfall. Sama-sama berada di lokasi perbatasan antara Amerika Serikat dengan Kanada.

Bedanya hanya pada debit air. Jika di air terjun ini, debit airnya tentu lebih sedikit dibanding dengan Niagara. Walaupun memiliki perbedaan dengan air terjun Niagara, air terjun ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Tipe air terjunnya plunge yang artinya air terjun itu bersentuhan dengan dinding tebingnya.

Menjadi Surga Pemburu Landscape Photography

Air yang mengalir di sekitaran tebing membuat air seolah-olah seperti tirai. Panorama yang demikian sangat diburu untuk diabadikan oleh para pemburu foto. Mereka tidak menyia-nyiakan kamera yang mereka bawa. Dalam sekejap, banyak foto yang dihasilkan dari keindahan air terjun, terutama bagi mereka yang mendalami landscape photography.

Bagi kalian yang hanya berwisata ke air terjun, tentu jangan sampai lupa untuk berfoto selfie sendiri atau bersama teman. Biasanya para wisatawan akan mencari posisi dimana akan terlihat panorama yang diinginkan.

Lihat Juga :  Hotel Jambuluwuk Jogja Tarif Murah Fasilitas Mewah

Menyusuri Sungai Bagi Anda yang Bernyali

Bagi anda yang mempunyai nyali yang lebih, anda bisa mencoba untuk menyusuri sungai. Area yang cukup sulit akan menantang anda untuk menaklukkan medan. Anda bisa turun menggunakan tangga bambu yang terlihat sudah tidak kokoh lagi dengan hanya berpegangan pada tali dan doa anda.

Setelah tiba di dasar jurang, tentu medannya juga akan lebih menantang lagi. Anda akan berjalan dengan melawan arus sungai hingga mencapai area air terjun. Anda harus berhati-hati saat berjalan karena selain medan yang sulit, jalan yang dilalui juga licin.

Melihat lebih dekat, anda akan melihat air terjun yang mula dari tengah-tengah tebing. Memang betul tidak semua aliran air terjunnya deras, hal ini akan terlihat jika anda melihatnya dari jarak yang cukup dekat. Anda jangan senang dulu karena rute saat balik ke tempat semula akan melewati jalan yang menanjak dan terjal.

Di dasar jurang air terjun Tumpak Sewu juga ada sungai Glidih yang berhulu di gunung Semeru. Saat perjalanan menuju air terjun, anda akan melewati aliran sungai Glidih ini. Disana anda juga bisa menyusuri sungai Glidih ini, namun medan sangat sulit.

Jika ingin menyusuri, anda harus melihat waktu karena mengingat medan yang sulit. Bila waktu sudah sore, tentu akan lebih menyulitkan perjalanan susur sungai. Lebih baik anda kembali ke tempat parkir jika sudah jam 3 sore.

Lihat Juga :  Daftar Hotel Murah Dekat Malioboro dan Stasiun Tugu

Tempat Wisata Dekat Air Terjun Tumpak Sewu

Tempat Wisata terdekat dari air terjun Tumpak Sewu adalah Goa Tetes. Jika waktu masih panjang dan masih ingin menikmati perjalanan, anda bisa singgah sebentar di Goa Tetes. Sebenarnya goa ini lebih dikenal terlebih dahulu daripada air terjun ini. Tempat wisata ini buka dari jam 07.25 sampai dengan jam 16.00 WIB.

Masih di sekitaran Lumajang, ada air terjun lagi yaitu air terjun Kapas Biru. Disana juga masih dengan medan yang sangat sulit jadi sebelum memutuskan untuk berwisata, anda harus melakukan persiapan yang matang seperti perbekalan.

Tempat wisata air terjun Tumpak Sewu bisa menjadi alternatif wisata anda yang gemar mengabadikan panorama yang indah. Selain untuk melihat panorama, anda juga bisa menyalurkan hobi fotography. Tidak tanggung-tanggung, selain air terjun ini, masih ada tempat wisata lain yang bisa anda kunjungi dan nikmati.