Beranda Tekno Inilah Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 yang Mudah

Inilah Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 yang Mudah

14
0

Memiliki laptop Windows 10 dengan performa yang tangguh, tentu saja memberikan keuntungan tersendiri. Satu diantara keuntungan tersebut adalah memberikan pekerjaan yang lebih cepat dan maksimal. Namun, apa jadinya jika laptop tersebut lemot dan performa turun. Sudah pasti akan mengganggu setiap pekerjaan yang anda lakukan. Untuk itulah, anda butuh cara mengatasi laptop lemot Windows 10.

Inilah Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 yang Mudah
digitek.id

Inilah Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 yang Dapat Dilakukan

Mengatasi laptop lemot Windows 10 ini tentu saja bukan perkara yang sulit. Terdapat beberapa cara mudah yang bisa anda gunakan. Pastinya juga tak perlu membutuhkan biaya yang mahal. Dijamin laptop kembali seperti semula dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Mau tahu bagaimana cara mengatasinya? Untuk itu, mari kita simak ulasan berikut ini!

Restart Laptop

Bila anda termasuk ke dalam pengguna laptop yang secara terus-menerus menyalakan laptop hingga berhari-hari, maka ada baiknya untuk melakukan cara ini. Windows 10 memiliki kemampuan yang berbeda dibandingkan dengan Windows lainnya. Windows 10 dapat membuat display laptop ke mode sleep. Akan tetapi, seluruh proses yang sebelumnya dijalankan akan terus berlangsung.

Hal inilah yang kemudian dapat terakumulasi serta melambatkan kinerja laptop. Langkah bijaksana yang dapat anda lakukan adalah dengan mematikan laptop setiap hari setelah selesai menggunakannya. Jangan lupa untuk memastikan seluruh program yang dijalankan telah ditutup. Selain itu, tak lupa dengan menyimpan data yang telah dikerjakan.

Akses Performa Monitor

Cara mengatasi laptop lemot Windows 10 berikutnya yaitu dengan mengakses performa monitor. Terdapat satu tool yang harus anda ketahui. Tool ini bisa digunakan untuk meningkatkan performa laptop Windows 10. Tools tersebut adalah Performance Monitor, dimana ini dapat anda akses dengan mengetikkan perfmon atau report di kotak pencarian. Setelah itu, tekan Enter.

Setelah anda menekan tombol Enter dan proses telah selesai, maka akan muncul boks The Resource and Performance Monitor. Tool inilah yang akan secara otomatis mengumpulkan berbagai macam informasi mengenai laptop anda. Setelah itu, anda akan mendapatkan berbagai jenis informasi secara detail mengenai laptop tersebut.

Bila anda merasa kesulitan untuk memahami dengan baik, ada baiknya untuk membuka bagian Warings terlebih dahulu. Dari sinilah anda akan menemukan berbagai masalah besar yang dapat berhubungan dengan performa laptop.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Cara mengatasi laptop lemot Windows 10 selanjutnya adalah dengan melakukan uninstall aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan. Aplikasi yang terinstall ke dalam perangkat, akan tetapi jarang digunakan, pastinya bisa membuat kinerja Windows 10 menjadi menurun. Selain itu, tentunya juga akan membuat lemot.

Untuk itulah, menghapus aplikasi yang sekiranya tidak pernah lagi atau jarang digunakan merupakan pilihan tepat. Aplikasi yang terlalu banyak dan menumpuk akan membuat kapasitas hard disk menjadi semakin berkurang. Sehingga hal tersebut akan serupa dengan file-file sampah yang sebelumnya juga harus ikut dihapus.

Tak perlu khawatir dengan caranya. Untuk uninstall aplikasi yang tidak terpakai ini cukup mudah dilakukan. Cukup dengan mengetik Control Panel pada search taskbar. Selanjutnya membuka serta memasukkan uninstall a program. Lalu pilih aplikasi yang tidak digunakan serta ingin dihapus.

Perhatikan Aplikasi Ketika Booting

Memperhatikan aplikasi saat booting ini dapat menjadi salah satu cara mengatasi laptop lemot Windows 10. Windows 10 ini dapat menjadi lambat yang disebabkan karena banyaknya program yang secara langsung berjalan otomatis ketika laptop dinyalakan. Agar proses booting di Windows 10 ini dapat dilakukan dengan cepat, maka anda dapat membatasi aplikasi apa saja yang bisa dijalankan ketika booting. Caranya pun cukup mudah untuk dilakukan.

Buka terlebih dahulu Task Manager, kemudian klik tab Startup. Pada tahap ini, anda dapat melihat jenis aplikasi apa saja yang sedang berjalan ketika startup. Kemudian anda juga dapat melihat bagaimana dampaknya terhadap performa laptop.

Itulah tadi cara mengatasi laptop lemot Windows 10 yang dapat dilakukan. Meskipun cara-cara tersebut terdengar sederhana dan mudah, tetapi mampu mengatasi lemot pada laptop dengan cukup baik. Agar performa laptop tetap terjaga, sebagai pengguna laptop, anda juga harus memperhatikan cara penggunaan dan perawatannya dengan baik.