10 Cara Mengusir Kucing Yang Ampuh Tanpa kasar dan Menyakiti Mereka

Cara Mengusir Kucing ~ Kucing liar banyak ditemukan di Indonesia. Bagi sebagian orang, kehadiran mereka cukup mengganggu.

Ada sebagian orang yang sangat takut dengan kucing atau bahkan trauma karena pernah dicakar sehingga tidak mau dekat dengan hewan tersebut.

Nah, untungnya ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan cara sederhana terkait cara mengusir kucing liar tanpa harus menyakitinya.

Faktanya, tidak semua kucing ramah, apalagi banyak kucing liar yang berpotensi membawa kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan cara mengusir kucing liar yang benar tanpa menyakiti dan dilakukan secara kasar.

Tapi perlu diingat, jangan usir kucing liar dengan kasar ya? Lantas, bagaimana cara mengusir kucing liar yang baik dan benar tanpa menyakitinya?

Cara Mengusir Kucing Tanpa Menyakiti

Cara Mengusir Kucing

Ada beberapa alasan seseorang tidak menyukai kucing, seperti mencuri makanan, membuang sampah sembarangan di halaman, menggelitik, dan alergi bulu kucing.

Alasannya sangat masuk akal, kok. Hanya saja Anda harus tahu cara mengusir kucing yang baik dan benar tanpa menyakitinya. Berikut caranya:

1. Bersihkan Jejak Kucing

Salah satu ciri kucing adalah sangat akrab dengan tempat yang pernah dijadikan sebagai tempat pembuangan kotorannya, sehingga akan kembali lagi ke tempat tersebut.

Kucing telah menandai area kekuasaan mereka di sana. Bila rumah Anda menjadi lokasi area ini, cukup di bersihkan menggunakan pembersih untuk lantai sampai kucing tidak dapat menemukan jejaknya lagi.

Saat dibersihkan pastikan area tersebut sudah benar-benar bersih, bila perlu bisa semprotkan minyak atsiri agar bau kotoran tidak tercium oleh kucing.

Lihat Juga :  Cara Membuat Masker Kulit Manggis Untuk Jerawat Dan Manfaatnya

Cara mengusir kucing ini juga bisa dilakukan di teras rumah yang sering dilewati kucing.

2. Gunakan Sapu Lidi

Cara pertama untuk mengusir kucing adalah dengan menggunakan sapu lidi. Telinga kucing sangat peka terhadap suara,

sangat mungkin suara dari sapu lidi mengganggu pendengaran kucing, sehingga kesannya sapu adalah benda yang menakutkan baginya.

Tapi ingat, gunakan sapu lidi hanya untuk menakutinya, bukan memukulnya.

3. Gunakan Kamper

Cara usir kucing berikutnya iyalah menggunakan kapur barus. Anda dapat menggiling kapur barus jadi butiran-butiran kecil, lalu meletakkannya di lokasi yang biasanya disukai kucing Anda.

Namun, Anda harus berhati-hati jika kucing dijilat maka akan keracunan.

4. Menyebarkan Bau yang Tidak Disukai Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan yang tidak menyukai bau-bauan tertentu. Uniknya, aroma ini justru disukai orang karena wanginya yang enak.

Berikut adalah aroma yang tidak disukai kucing:

  • Menthol: Mirip dengan lemon, mentol juga tidak disukai oleh kucing. Menthol disini seperti minyak angin, balsam, minyak kayu putih, dan bau-bauan lain yang mengandung mentol.
  • Lemon: Kucing tidak menyukai aroma yang kuat, seperti lemon, karena dianggap memiliki bau yang menyengat di hidung.
  • Rosemary dan thyme: Ini adalah salah satu herbal yang tidak disukai kucing. Bahkan jika tidak menimbulkan reaksi apapun, kucing pasti akan lari ketika ada bau herbal di sekitarnya.
  • Cabai: Bukan hanya manusia yang menghindari bau cabai yang menyengat, kucing juga sangat tidak menyukainya. Apalagi jika efeknya bisa mengenai mata hingga terasa perih.
  • Lavender: Ini juga termasuk aroma yang beracun bagi kucing. Saat menciumnya, kucing berisiko air liur berlebihan, mengalami mual, depresi, dan gejala dermatitis
Lihat Juga :  Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Waduk Bajulmati Banyuwangi Jawa Timur

5. Menanam Tanaman yang Tidak Disukai Kucing

Kucing membenci tanaman tertentu karena memiliki bau yang kuat. Jika Anda menanam tanaman ini, itu bisa menjauhkan kucing.

Berikut adalah beberapa tanaman yang tidak disukai kucing:

  • Serai: Kebanyakan orang menyukai aroma segar serai, tetapi nyamuk, serangga, dan kucing membenci aroma ini.
  • Pennyroyal: Tanaman ini memiliki aroma spearmint yang sangat kuat sehingga kucing akan menghindarinya.
  • Helichrysum italicum: Tanaman ini memiliki bau menyengat yang kuat dan tekstur kasar yang akan mengiritasi kucing dan hewan lain saat mereka lewat.

Anda tidak memerlukan tempat atau lahan khusus untuk menanam tanaman ini, cukup gabungkan dengan tanaman lain.

Cara ini tidak hanya efektif untuk mengusir kucing, tetapi juga hewan lain, seperti anjing.

6. Semprotkan Kucing dengan Air

Cara mengusir kucing selanjutnya adalah dengan menggunakan air. Air adalah salah satu sumber ketakutan kucing. Itu sebabnya Anda bisa memercikkannya dengan air saat terasa tidak nyaman.

Agar tidak melukainya, Anda bisa menggunakan semprotan agar air yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

7. Keluarkan Suara yang Menakut-nakuti Kucing

Cara Mengusir Kucing Yang Ampuh Tanpa kasar

Cara mengusir kucing selanjutnya adalah dengan suara spontan atau keras. Hal ini dikarenakan telinga kucing sangat sensitif terhadap suara dan akan menghindar saat ada suara yang mengganggu.

Anda bisa meletakkan lonceng di langit-langit teras, di pagar, atau benda lain yang bisa merangsang suara di mana kucing biasanya muncul.

Sirene ultrasonik, penyiram yang diaktifkan dengan gerakan, dan lampu yang diaktifkan dengan gerakan juga dapat berguna.

Lihat Juga :  Arti Mimpi Beruang

8. Obat Pengusir Kucing

Saat ini sudah banyak obat pengusir kucing yang dijual. Obat ini umumnya berbentuk bubuk dan mengandung bau urin hewan pemangsa atau bau yang ditakuti kucing.

Cara pemakaiannya cukup mudah, Anda bisa menaburkannya di sekitar area tempat tinggal kucing. Ketika Anda mencium bau obat, kucing akan pergi.

Namun, pilihlah obat pengusir kucing dengan bahan alami untuk mencegah kucing keracunan jika dijilat.

9. Sediakan Botol Plastik Isi Air

Cara mengusir kucing yang satu ini memang unik dan banyak dilakukan orang Jepang.

Banyak orang berpendapat, hal yang membuat kucing takut dengan benda ini adalah air yang dikandungnya.

Di sisi lain, botol air yang terkena sinar matahari sering membiaskan cahaya yang menakutkan bagi kucing.

Itu sebabnya kucing tidak akan berani memungut sampah, kotoran, atau mencuri makanan di dalam rumah ketika menemukan benda ini.

10. Jauhi Sumber Makanan

Cara terakhir untuk mengusir kucing adalah dengan menjauhi sumber makanan. Kucing yang diberi makan akan kembali lagi untuk memintanya kembali.

Hal ini dikarenakan kucing tidak perlu repot berburu dan tidak harus berkelahi dengan kucing lain.

Jika Anda suka memberi makan kucing, tetapi mengganggu kenyamanan Anda, sebaiknya berikan di tempat yang jauh dari halaman.

Baca Juga :

Ya, penting bagi Anda untuk mengetahui Cara Mengusir Kucing Yang Ampuh Tanpa kasar dan Menyakiti Mereka. Dengan informasi diatas mungkin bisa membantu Anda sebagai pecinta kucing pemula. Semoga bermanfaat!!