Aplikasi Video Bokeh

Aplikasi Video Bokeh Terbaik, Hasilkan Video Kualitas HD Hingga 4K – Aplikasi video bokeh menjadi salah satu hal menarik dalam sebuah dunia video. Bagi seseorang yang memiliki ketertarikan dengan dunia videografi pasti memiliki aplikasi yang berguna untuk menunjang editing video menjadi lebih baik. 

Zaman yang kekinian seperti saat ini menjadikan semua orang bahkan siapa saja dapat menciptakan video yang hasilnya bisa dengan maksimal dengan memanfaatkan aplikasi video yang canggih. 

Salah satunya adalah untuk membuat video bokeh. Tentu saja, aplikasi sejenis ini bisa dan mudah untuk ditemukan. Anda dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan skill serta fitur yang diperlukan.

Apa Itu Aplikasi Video Bokeh?

Bokeh

Jika anda adalah pemula dalam videografi atau belum tahu apa yang dimaksud dengan istilah Bokeh, kata kata tersebut berasal dari bahasa Jepang, yaitu “boke” yang mempunyai arti blur, buram, atau mengaburkan. 

Manfaat yang dapat diperoleh dari aplikasi video ini adalah menjadikan latar belakang video blur atau buram, namun objek yang dibidik tetap terlihat jelas.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Bokeh untuk Videografi

Bagi anda yang tengah menggeluti videografi, pasti akan menggunakan teknologi canggih yang tersedia. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah aplikasi video bokeh yang memberikan hasil video yang memuaskan. 

Anda harus mempunyai pengalaman serta kualitas baik dalam menghasilkan video untuk mendukung keunggulan aplikasi tersebut. Terdapat banyak cara untuk memberikan kemampuan yang handal untuk menciptakan hasil video terbaik, mulai untuk kamera atau smartphone. 

Selanjutnya, anda bisa memanfaatkan aplikasi bokeh untuk menyempurnakannya. Namun, terdapat beberapa hal yang juga diperlukan dalam menghasilkan video terbaik selain kemampuan pengambilan video dan aplikasi yang mumpuni, yaitu dengan cara pengambilan video dengan berbagai sudut (angle) kamera. 

Lalu, terlepas anda menggunakan segala kemampuan dan canggihnya teknologi bokeh, terdapat beberapa kelebihan yang akan mempengaruhinya, seperti: Mempercantik foto atau video yang anda ambil. 

Karena dengan aplikasi video bokeh yang tepat serta sudut pengambilan yang benar, maka akan menghasilkan foto atau video yang sempurna dan menarik untuk dipandang. Tentu ini akan menjadi salah satu kelebihan dengan meminimalisir pengeditan.

Terdapat ketajaman objek yang akan direkam maupun dibidik. Latar belakang yang ada dalam sebuah video atau sekitar objek akan menjadi lebih buram atau blur sehingga objek terlihat fokus.

Aplikasi ini dapat mengurangi atau mengoreksi, bahkan menghilangkan bagian pada video atau foto yang tidak penting. 

Namun pada dasarnya, tujuan dari pengambilan dengan menggunakan aplikasi video bokeh ini adalah memfokuskan objek yang akan dibidik da ditentukan.

Dengan demikian, pada bagian lain dari objek yang tidak diperlukan maka akan di blur dan menjadi menonjol untuk bagian objeknya saja.

Cara Membuat Bokeh

Cara Membuat Bokeh

Biasanya, bokeh dipakai untuk pra videografer atau fotografer untuk memisahkan point of interest dengan background (latar belakang) dan foreground (latar depan). Hasil bokeh dapat ditentukan oleh lensa dan bukan kamera. 

Baca Juga : Ini Dia Arti Kata Viral Gelay Ucapan Nissa Sabyan

Sehingga, selain dengan bantuan aplikasi video bokeh, anda dapat memakai kamera yang terbaik, namun tanpa lensa yang sesuai dan tepat maka bokeh tak dapat dihasilkan. Lantas, bagaimana cara yang cepat untuk membuat bokeh?

1. Ubah Setting Kamera ke Aperture Priority ke Manual

Jika anda ingin memperoleh efek blur ini, maka akan ada hal pertama yang dapat anda lakukan yakni dengan mengubah setting kamera ke setting Manual atau ke setting Aperture Priority.

Dengan kedua setting tersebut, maka anda akan merubah bukaan (aperture) yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda.

2. Gunakan Bukaan Lebar

Anda bisa mengambil objek atau melakukan bidikan menjadi point of interest. Lalu, anda bisa mengubah terlebih dahulu bukaan lensa menjadi bukaan yang lebar, misalnya ke f/2.8. Kemudian, anda dapat memutar gelang fokus agar bisa mengubah fokus ke sebuah objek. 

Selanjutnya, anda bisa melihat perubahan yang terjadi dengan kualitas gambar pada viewfinder anda. Background yang berubah akan menjadi kabur atau blur. Selanjutnya, anda bisa mulai merekam.

3. Perlebar Jarak Objek dan Background

Jika jarak objek atau subjek perekaman untuk video anda dekat dengan latar belakang, maka terdapat efek yang tak mampu untuk dihasilkan.

Sehingga, anda bisa beri sedikit kedalaman dengan jarak dan objek yang melebar. Jika posisi latar belakang tak dapat diindahkan, maka dekatkan saja objek ke arah kamera anda. Dengan begitu, anda akan semakin terpisahkan dengan background.

Ketiga hal tersebut merupakan komponen dari sebuah kamera yang disebut dengan depth of field. Kemudian, ketiga komponen tersebut memengaruhi satu sama lain sehingga biasa disebut dengan istilah segitiga exposure. 

Dengan memanfaatkan fitur atau aplikasi depth of field yang benar, maka anda bisa memperoleh foto dan juga video bokeh. Hal paling penting adalah aperture yang umumnya diketahui sebagai satuan dengan logo (f).

Ketika anda membaca spesifikasi sebuah kamera, baik kamera smartphone atau kamera lainnya, maka akan terdapat spesifikasi dengan menyebutkan satuan atau logo, seperti f/2.0 dan masih banyak lagi. Jadi, semakin besar aperture atau bukaan lensa, maka akan semakin kecil depth of fieldnya. 

Dengan demikian, gambar atau video yang anda hasilkan melalui lensa tersebut akan menjadi semakin blur. Hal tersebut juga dapat dikatakan merupakan kunci sebuah video atau foto bokeh. 

Tetapi, perlu anda ingat dan perhatikan. Bukaan lensa (aperture) yang sering tampil dengan lambang satuan (f), dihitung berdasar satuan desimal.

Dengan rata-rata bukaan lensa paling besar adalah lensa standar kamera DSLR dengan lensa kit 18-55 mm yakni f/3.5 dengan aperture terkecil f/.22 (yang berarti 0,22). Jadi, secara garis besar, untuk kinerja video bokeh pada suatu lensa adalah dengan mengutak-atik tiga hal utama, yakni:

Kecepatan buka serta tutup jendela sensor kamera (shutter speed) Besarnya Bukaan Lensa (Aperture) Sensitivitas sensor terhadap cahaya (ISO).

Pilihan Aplikasi Video Bokeh

Aplikasi Video Bokeh

Untuk itu, setelah mengetahui mengenai apa yang dimaksud dengan bokeh dan manfaatnya untuk sebuah videografi, maka selanjutnya anda bisa langsung mengetahui berbagai aplikasi untuk membuat video bokeh terbaik. Diantaranya adalah sebagai berikut:

After Focus

Aplikasi video bokeh yang pertama adalah After focus dari pengembang MotiOn. Developer ini mengembangkan aplikasi untuk video bokeh dengan menghadirkan fitur keren untuk menciptakan sebuah video bokeh berkualitas.

Dengan menggunakan aplikasi ini, video akan disesuaikan dengan semua area. Sedangkan untuk bagian latar belakang akan menjadi bokeh.

Mago Video

Untuk aplikasi selanjutnya dalam membantu anda membuat video bokeh adalah Mago Video. Aplikasi ini menghadirkan video bokeh dengan bekal fitur yang sangat lengkap.

Selain anda dapat menemukan banyak fitur pengeditan video yang keren. Anda pun bisa melakukan editing terhadap video yang anda miliki dengan background atau latar belakang buram atau blur atau bahkan dengan gradasi warna.

Baca Juga : Pentingnya Indonesia Online Payment Gateway

Insta Bokeh

Insta Bokeh Video

Aplikasi video bokeh selanjutnya adalah Insta bokeh yang menyediakan fitur untuk bokeh saja.

Namun, anda dapat memanfaatkan kelebihan dari fitur dalam aplikasi ini dengan mengatur sedetail mungkin terhadap bagian yang anda inginkan.

Bahkan, anda juga dapat mengatur dari ketebalan efek bokeh serta cahaya yang menyesuaikan dengan kebutuhan atau selera anda.

Google Camera

Tak ingin kalah dengan aplikasi lainnya, Google menyediakan aplikasi untuk mengedit video menjadi bokeh. Google Camera mempunyai efek bokeh yakni Lens Blur.

Selain itu, terdapat fitur yang bernama stabilisasi. Akan tetapi, patut disayangkan jika aplikasi ini hanya tersedia pada jenis smartphone sistem pixel atau nexus saja.

Blur Video dan Gambar

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi untuk mengedit video bokeh yang dapat memanfaatkan efek terhadap gambar atau video pada galeri smartphone atau media yang dipakai untuk merekam. 

Berbeda dengan Aplikasi yang lain, Blur Video dan Gambar ini bisa menentukan lebih dari satu area dalam proses blur menggunakan persegi atau bentuk yang khusus (dapat dipilih dengan jari anda atau laso). 

Menggunakan aplikasi video bokeh ini, anda pun dapat menentukan durasi dalam setiap area.

Kemudian, juga bisa menentukan intensitas fitur blur bersama dengan opsi area yang di blur atau yang tidak. Bahkan, anda juga dapat membuat latar belakang video atau juga foto untuk anda jadikan video dengan rasio tertentu.

Real Bokeh

Real Bokeh

Aplikasi Real Bokeh adalah salah satu aplikasi yang dipakai untuk mengedit video bokeh dengan berbagai efek bokeh dengan menggunakan gaya yang berbeda-beda.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memberikan penawaran 33 efek cahaya dan 36 bentuk boke yang dapat anda sesuaikan dengan keperluan penggunaan. 

Jika anda kurang puas dengan efek-efek tersebut, maka anda bisa menggambar bokeh sendiri yang sesuai selera anda.

Bahkan, Real Bokeh ini mempunyai fitur yang dapat dipakai untuk menyimpan video yang telah diedit dengan resolusi HD.

Blur Video

Aplikasi selanjutnya untuk mengedit video bokeh adalah Blur Video. Jenis aplikasi ini sangat berguna untuk menjadikan sebuah video menjadi blur dengan memakai format Mp4,3gp serta Wmv. 

Keunggulan aplikasi video bokeh ini adalah menawarkan beberapa fitur andalan, seperti Fun Blur, Instagram No Crop, serta Freestyle Blur. Untuk fitur Blur anda bisa memilih bentuk yag ada didalam atau diluar putaran video. 

Lalu, untuk fitur Instagram No Crop, anda bisa memilih efek blur pada area yang hilang dalam membuat persegi video.

Sedangkan, untuk Freestyle Blur, anda dapat membuat blur pada bagian kanan dan kiri, atas dan bawah, pada bagian dalam atau luar maupun membuat area blur pada sekeliling video apapun.

Cinema FV-5 Lite

Aplikasi Cinema FV-5 Lite dapat memberikan ragam kelebihan dalam proses perekaman video yang anda inginkan. Salah satu fitur andalan adalah Kontrol Manual, merupakan sebuah fitur yang dapat dengan bebas memilih objek apa saja untuk ada fokuskan. 

Fitur Kontrol Manual yang dapat anda pakai misalnya audio, cahaya, fokus serta ISO. Nantinya, video yang akan tercipta dari aplikasi yang keren ini tentu mempunyai sisi yang lebih menarik serta resolusinya lebih tinggi. 

Aplikasi ini pun mempunyai tampilan yang cukup mudah untuk anda pahami. Sehingga tidak akan merepotkan atau membuat anda ribet meskipun anda adalah videografer pemula. 

Bahkan, kelebihan dari aplikasi ini dapat anda pasang pada semua smartphone Android kesayangan anda.

Camera MX

Salah satu aplikasi video bokeh adalah Camera MX yang menawarkan kelebihan fitur yang mudah untuk dipakai. Kemudian, anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menciptakan kualitas video dengan resolusi yang tinggi. 

Berbagai fitur yang bisa anda gunakan adalah Lock Fokus yang berfungsi untuk bisa mengunci benda yang akan anda rekam. Lalu, fitur Fokus dengan menjadikan objek bidikan yang tidak akan bergeser atau bergoyang. 

Kemudian, terdapat Slow Motion, yakni sebuah fitur dengan mode memperlambat gerakan, serta Balance yang mampu mengubah serta menyeimbangkan warna saat mengambil sebuah video.

Baca Juga : Leica SL2 2019 Meluncur, Kamera Mirrorless

Bacon Camera

Aplikasi ini juga tak kalah keren dan sangat menarik, karena menawarkan banyak menu yang salah satunya adalah untuk membuat video bokeh.

Dengan adanya fitur editing terbaik, anda bisa dengan leluasa mengatur bokeh dengan kualitas yang anda inginkan untuk hasil video anda. 

Dengan demikian, anda bisa terkesan layaknya videografer profesional dan terlihat lebih nyata. Aplikasi video bokeh ini juga bisa menciptakan video yang resolusinya tinggi. 

Sehingga, tak mengherankan jika para penggemar video maker atau videografer memakai aplikasi ini. Bacon Camera juga bisa anda pakai dalam smartphone yang menggunakan sistem operasinya 4.4 ke atas.

Cameringo Filter Kamera

Untuk aplikasi selanjutnya adalah Cameringo Filter Kamera yang termasuk keren serta dengan hasil yang memuaskan. namun, terdapat satu kekurangan untuk sebagian orang, yakni aplikasi ini hadir dengan sistem berbayar atau langganan. 

Apabila anda ingin memakainya, anda bisa membayarnya terlebih dahulu. Walaupun aplikasi ini tidak tersedia secara gratis, namun anda bisa mengandalkan beragam fitur yang pastinya tidak akan mengecewakan. 

Dengan detail warna yang keren, bahkan dapat menyesuaikan dengan aslinya. Sehingga, anda bisa dengan puas melakukan edit video bokeh dengan aplikasi video bokeh ini.

Banyak fitur yang ditawarkan oleh Cameringo Filter kamera, seperti fitur HDR dengan menaikkan kualitas video lebih bagus dengan kekuatan resolusi yang tinggi. 

Lalu, juga terdapat fitur Slow Motion yang berfungsi sebagai media untuk memperlambat terhadap gerakan dalam video. Dengan demikian, anda bisa menambah kesan yang menarik saat melakukan perekaman video.

Semua fitur tersedia sangat lengkap, yang bisa menjadikan anda sebagai video maker dengan hasil video bokeh yang sangat keren dan hasilnya memuaskan.

DSLR Camera HD Ultra Profesional

Sesuai dengan namanya, aplikasi untuk mengedit video bokeh ini dipakai dalam membuat smartphone layaknya kamera DSLR. Sehingga, tidak heran jika video yang anda ciptakan mempunyai kualitas resolusi yang tinggi. 

Jangan salah, meskipun aplikasi ini adalah gratis, namun menghadirkan fitur yang lengkap. Dengan demikian, anda bisa menghasilkan sebuah video yang sesuai dengan keinginan.

Kemudian, yang pasti adalah cara penggunaan fitur yang ada pun mudah untuk anda pahami meskipun sebagai pemula.

Cameringo Lite

Aplikasi video bokeh yang selanjutnya adalah Cameringo Lite dengan menawarkan berbagai fitur menarik secara gratis. Dengan mengandalkan berbagai fitur, maka anda dapat menentukan letak fokus video yang anda inginkan. 

Dengan aplikasi ini, anda akan dihadirkan fitur Fish Eye yang berfungsi untuk memberikan hasil video seperti mata ikan atau melengkung.

Keunggulan dari Fish Eye ini yakni dapat menyesuaikan kemampuan smartphone milik anda. Karena tidak semua dari lensa dapat mendukung fitur keren ini.

Video Filter, Video Effect

Aplikasi untuk membuat video bokeh selanjutnya adalah Video Filter, Video Effect. Bahkan, anda akan menemukan kelebihan yang keren dari aplikasi ini, yaitu hasil video yang anda peroleh mempunyai efek film saat sejak proses perekaman. 

Semakin baik kualitas kamera smartphone anda, maka semakin tinggi pula resolusi yang akan anda peroleh.

Terdapat efek bokeh yang mudah untuk anda pakai. Lalu, anda bisa menggunakan fitur blur. Maka, akan dengan otomatis video yang anda hasilkan menjadi bokeh yang otomatis. 

Akan tetapi, jika anda menginginkan untuk hasil yang maksimal dalam video bokeh tersebut, ada baiknya untuk memakai fitur manual saat melakukan perekaman.

Fast Motion Video FX

Aplikasi video bokeh berikutnya adalah Fast Motion Video FX. Dengan menghadirkan banyak fitur yang menari, maka ada bisa memakainya dalam menghasilkan video bokeh yang mempunyai resolusi tinggi. 

Salah satu fitur yang tersedia adalah dengan mempercepat gerakan saat anda merekam video. Sehingga, anda hanya akan memerlukan beberapa menit saja dalam memutar video dengan durasi asli yang berjam-jam. 

Walaupun fitur yang tersedia beragam serta sangat menarik, akan tetapi anda bisa memakainya dengan gratis.

Kemudian, anda bisa mengunduhnya melalui Playstore dengan catatan, smartphone yang anda miliki minimal mempunyai Operating System Android 4.4.

Frame Lapse

Aplikasi video bokeh ini dibuat dengan ukuran yang cukup ringkas, namun menawarkan banyak sekali fitur yang keren untuk anda pakai.

Sama halnya dengan aplikasi untuk editing video lainnya, Frame Lapse juga dibekali dengan fitur bokeh yang dapat anda manfaatkan untuk videografi secara manual maupun secara otomatis.

Dalam menghasilkan video bokeh yang maksimal, anda bisa memakai mode Pro yang tersedia dalam aplikasi terbaik ini.

Tak hanya itu saja, anda pun bisa memanfaatkan secara leluasa dalam menambahkan efek bokeh serta hasil video yang dibutuhkan.

Camera 4K Perfect

Untuk aplikasi video bokeh selanjutnya adalah Camera 4K Perfect yang dapat menghasilkan video bokeh dengan resolusi tinggi, yaitu 4K.

Disamping itu, anda juga bisa menggunakannya untuk menciptakan hasil video yang berkualitas, menarik, dan membuat orang yang melihat tak mudah bosan.

Zeotropic

Aplikasi untuk video bokeh selanjutnya adalah Zeotropic dengan penawaran fitur sempurna dengan berbagai efek blur dan bokeh yang keren.

Tak hanya itu saja, anda dapat menambahkan beragam musik untuk video yang telah anda rekam sebelumnya. 

Cara kerja Zeotropic jug menggunakan gambar yang disatukan sehingga mampu menghasilkan efek video yang berkualitas. Kemudian, juga hasil video yang tak membuat orang merasa jenuh saat menyaksikannya.

Baca Juga : Rekomendasi Hp Samsung RAM 4GB Terbaik

Square Video

Square Video

Aplikasi Square Video ini menjadi salah satu aplikasi untuk mengedit video bokeh yang bagus dan keren. Untuk aplikasi ini, anda dapat membuat bokeh atau blur pada wilayah yang telah anda fokuskan. 

Aplikasi video bokeh ini juga menawarkan berbagai fitur canggih dan menarik yang menjadikan video lebih memuaskan. Video yang anda hasilkan nantinya seakan-akan seperti hasil kamera DSLR.

Antarmuka yang akan ditampilkan dapat dikatakan bagus. Sehingga, tak mengherankan jika aplikasi ini banyak penggemarnya.

V2Art – Video Bokeh

V2Art merupakan salah satu aplikasi untuk membuat video bokeh dengan efek retro. Efek ini akan mengubah kesan natural menjadi tampilan klasik atau mempunyai tampilan zaman dulu. Sehingga, kualitas video anda akan memiliki nilai seni yang berbeda. 

Karena V2Art ini adalah aplikasi untuk membuat video bokeh, maka fitur unggulannya adalah efek buram atau belum pada area yang anda inginkan. 

Kemudian anda bisa mencampurkan hasil video klasik dengan video blur yang anda miliki. Maka dengan kombinasi kedua efek dari aplikasi video bokeh ini, akan tercipta video dengan nuansa yang retro namun tetap terlihat nyata atau hidup.

error: Content is protected !!