Upacara Online Viral di Medsos, Hadirkan Berbagai Tingkah Unik Siswa

Beberapa waktu terakhir ini beredar video upacara online viral di medsos. Sekolah sudah mulai, akan tetapi masih dalam kondisi kelas virtual karena pandemi Virus Corona yang tak kunjung usai.

Meski demikian, kebiasaan setiap hari Senin adalah upacara bendera. Kegiatan ini masih dilakukan di berbagai sekolah.

Hal ini banyak diceritakan Netizen di Twitter. Sebagian mereka bahkan merasa tidak nyaman dengan upacara bendera online ini.

Sedangkan ada pula yang lain yang dibuat ngakak. Sebab, ada netizen yang berdiri selama 15 menit sambil video call.

Unggahan Video Upacara Online Viral di Medsos

Beberapa waktu lalu, 16 juli 2020 unggahan video tentang upacara online di sebuah SMA beredar dan viral di media sosial Twitter.

Unggahan video ini menampilkan seorang siswa dengan seragam SMP. Dia sedang berdiri layaknya seorang peserta upacara di depan laptop

Video ini dibagikan oleh akun @mukuwn. Dari video yang diunggah ini terlihat pelajar dengan mengenakan seragam SMP berdiri sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sedangkan tampilan yang ada di depan layar laptopnya juga menyajikan hal yang sama. Sejumlah siswa siswi yang berdiri seperti upacara dengan iringan lagu Indonesia Raya.

Akun @mukuwn menuliskan “Anjir beneran dong upacara online.”

Sampai saat ini video yang diunggah tersebut sudah di retweet lebih dari 11.000 kali. Unggahannya juga sudah disukai lebih dari 31.100 kali oleh pengguna Twitter.

Lantas yang jadi pertanyaan, apakah benar upacara online viral di medsos itu benar-benar upacara? Bila memang iya, lalu lokasinya dimana?

Ternyata, diketahui, peristiwa tersebut terjadi di SMA 15 Bandung. Ketika dikonfirmasi, Ketua Pelaksana PPDB SMA N 15 Bandung membenarkan adanya kegiatan upacara online tersebut.

Marliana Cik Aman menjelaskan bahwa upacara virtual tersebut adalah acara pembukaan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Senin 13 Juli 2020 lalu.

Selama kurang lebih 20 menit, siswa harus berdiri mengikuti upacara bendera virtual. Walaupun mereka ada di rumah masing-masing.

Marliana mengatakan peserta yang ikut MPLS saat itu totalnya 85 orang. Semuanya wajib mengenakan seragam, sepatu serta atribut lengkap sesuai tata tertib yang telah diberlakukan.

Dalam video upacara online viral di medsos tersebut. Para siswa yang ikut upacara virtual menggunakan aplikasi Zoom berbayar. Sehingga lebih dari 300 siswa bisa ikut upacara virtual sekaligus.

Upacara Virtual Untuk Melatih Kedisiplinan

Para siswa ikut upacara virtual seperti upacara asli untuk bisa melatih kedisiplinan diri mereka. Biasanya MPLS itu menjadi ajang penggodokan anak-anak tentang sekolah.

Semuanya dikupas disini seperti tata tertib sekolah, siswa harus tepat waktu dan lain sebagainya. Akan tetapi, membentuk anak-anak yang tertib, sekarang ini sulit karena situasi masih pandemi.

Oleh sebab itu, diusahakan agar anak-anak ruhnya masih bisa ada di sekolah walaupun upacara yang dilakukan itu di rumah.

Dengan upacara online ini, siswa juga dilatih agar disiplin dan tepat waktu. Anak-anak bisa bersiap sejak pagi. Walaupun MPLS ini virtual, akan tetapi tetap masuk pukul 06.45.

Video Upacara Online Lain

Selain video anak berseragam SMP yang ikut upacara online viral di medsos itu. MAsih ada beberapa video upacara online yang banyak beredar di media sosial.

Seperti unggahan seorang anak yang memperlihatkan bahwa dirinya memberi hormat pada sebuah video upacara yang ada di Youtube.

Terlihat pula anak tersebut menggunakan seragam sekolah. Seperti anak sekolah pada umumnya.

Berdiri Layaknya Upacara Sungguhan

Ada juga Netizen yang membagikan unggahan video. Di Dalam video tersebut diperlihatkan murid SMP yang sedang memberi hormat dan di video oleh keluarganya.

Dia juga memakai seragam sekolah lengkap. Bila dilihat dari videonya, murid tersebut sedang hormat seperti kebanyakan murid lain. Benar-benar mirip seperti upacara bendera sungguhan.

Upacara Tapi Tetap Selfie

Video upacara online viral di medsos selanjutnya agak lucu. Mungkin Netizen yang satu ini adalah selebgram di sekolah.

Ketika sedang mengikuti upacara bendera online, dia masih tetap selfie dengan bantuan filter instagram.

Mungkin banyak juga diantara siswa siswi yang kelakuannya seperti ini ya??

Intinya yang pasti, upacara online tersebut sebenarnya memiliki maksud dan tujuan yang baik. Seperti yang sudah disebutkan tadi, bisa melatih kedisiplinan dan kemandirian siswa.

Namun, dengan berbagai unggahan video yang beredar. Akhirnya video upacara online viral di medsos dan memberikan banyak komentar dari netizen.

error: Content is protected !!