Panduan Memulai Bisnis Online 2020 Langsung Jalan

Apakah saat ini anda sedang mencari Panduan Memulai Bisnis online yang mudah untuk diikuti dan bisa langsung jalan? Atau anda ingin mendapat penghasilan tambahan selain pekerjaan pokok yang anda jalani saat ini?

Apa mungkin anda juga sedang mencari peluang usaha yang dapat dikerjakan melalui internet? Anda sudah ada di tempat yang tepat, anda tak perlu takut dan khawatir.

Sebab, anda tak sendirian, banyak orang diluar sana yang saat ini juga sedang melakukan hal yang sama seperti anda.

Saat ini kemunculan internet dalam dunia virtual memang bisa mendorong anda untuk bisa membangun sebuah bisnis dengan proses yang lebih cepat dan bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan anda.

Jika anda tertarik untuk segera memulai bisnis online, maka anda harus tahu seperti apa informasi penting yang berkaitan dengan cara memulai bisnis tersebut. Di sini akan kami sampaikan secara rinci dan detail mulai dari A sampai Z tentang bisnis online. Jadi, setelah anda membaca artikel ini, anda bisa langsung mempraktekkannya.

Panduan Memulai Bisnis Online 2020 Langsung Jalan
webhostingterbaik.id

Definisi dan Panduan Memulai Bisnis Online

Untuk anda yang baru saja memulai, sebelum kita bahas lebih lanjut sebaiknya kita definisikan dulu apa itu bisnis online. Segala macam bisnis yang dijalankan dengan media internet bisa dibilang sebagai bisnis online. Jadi, arti dari bisnis online itu sendiri bisa diartikan sangat luas.

Bila anda sudah memiliki bisnis yang dijalankan secara offline seperti toko makanan, toko baju, toko mainan, atau apapun itu. Lalu anda membuka juga di internet, ini bisa disebut sebagai bisnis online.

Begitu juga saat anda ingin fokus membangun website untuk dikembangkan sebagai portal online, yang memungkinkan untuk banyak orang bisa berkunjung dan anda pasang slot iklan untuk memperoleh penghasilan. Ini juga dapat disebut sebagai bisnis online.

Tapi biasanya saat baru pertama kali menerapkan panduan memulai bisnis online segalanya akan terlihat seperti absurd. Kemudian muncul keraguan dan juga pertanyaan yang tiba-tiba menumpuk dari dalam diri anda seperti:

  • Cocok atau tidak bisnis online itu untuk dilakukan
  • Bisa tidak bisnis online itu dijalankan
  • Langkah apa yang harus ditempuh agar bisa jalan
  • Berapa banyak modal yang diperlukan
  • Dan masih banyak pertanyaan lain yang menghantui pikiran.

Banyak orang yang sudah memulai bisnis online seperti berjualan pulsa, membuka layanan pembuatan website, membuka jasa PPOB, real estate properti, berjualan produk digital, berjualan baju dan lain sebagainya. Ada beberapa yang lanjut dan sukses, tapi ada juga beberapa yang mandeg.

Dari berbagai pengalaman tersebut, meski tidak ada patokan pasti mengenai langkah seperti apa sebenarnya yang harus dijalankan untuk memulai bisnis online.

Tetapi bisa disimpulkan secara singkat ada 6 hal utama yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis online tersebut. Supaya bisnis yang dijalankan tidak mandek di tengah jalan.

Cara Menjalankan Bisnis Online Bagi Pemula

Bagi anda yang masih pemula yang ingin mengetahui panduan memulai bisnis online ini. Anda harus tahu seperti apa prinsip menjalankan bisnis online.

Anda tidak bisa menelan mentah-mentah bahwa banyak bisnis online yang menjanjikan untuk bisa mendapatkan hasil yang melimpah dalam waktu singkat.

Sebab bisnis online itu perlu dibangun dan membutuhkan rentang waktu untuk meraih kesuksesan dengan penghasilan yang besar.

1. Pahami Prinsip Bisnis Online

Di sini, yang ingin ditekankan sebenarnya adalah bisnis online itu sama dengan bisnis online. Persamaannya terdapat pada prinsipnya yaitu menyediakan produk atau jasa lalu membuat agar orang lain datang kepada kita.

Cara kerjanya pun sama, oleh sebab itu anda jangan merasa bahwa ilmu bisnis online itu asing. Anda juga harus berhati-hati bila ada orang yang menawarkan bisnis ajaib yang cepat menghasilkan ratusan juta rupiah hanya dalam waktu sekejap saja. Umumnya ini adalah modus penipuan.

Jika di dalam bisnis offline mustahil bisa mendapat uang ratusan juta dalam waktu sekejap, dalam bisnis online pun juga mustahil. Hanya ada satu hal yang membedakan antara bisnis offline dan online.

Jika dalam bisnis online offline anda membuka restoran, toko, kantor, warung dan segala jenis lainnya. Sementara untuk bisnis online anda membuat websitenya. produk atau jasa yang dijual juga dapat berbeda.

Jika bisnis online biasanya berupa produk fisik, sementara dalam bisnis online anda dapat menjual produk digital berupa file yang ada di komputer tanpa bentuk fisik.

2. Miliki Mindset Bisnis yang Benar

Dalam panduan memulai bisnis online bagi seorang pemula, maka harus meluruskan niat dan juga membangun mindset yang benar terhadap bisnis yang dijalankan. Pesan ini mungkin sudah sering kali terdengar di telinga anda.

Tapi anda harus ingat yang harus anda lakukan adalah membangun bisnis. Dengan demikian, mempunyai mindset bisnis yang benar dan juga sikap mental positif adalah sebuah hal penting.

Anda harus mempunyai pikiran untuk membangun aset. Aset tersebut nantinya yang bisa bekerja untuk anda. Jangan sampai saat sudah berhasil membangun usaha dengan susah payah akhirnya anda mengorbankan hal lain hanya karena kesibukan anda dalam mengurus bisnis tersebut.

Tentunya anda juga ingin punya waktu bersama dengan orang-orang tercinta keluarga atau melakukan hal bermanfaat lain bukan?

Bila anda masih bekerja dalam bisnis anda maka disini anda menjadi karyawan dalam bisnis anda sendiri. Namun bila anda memfokuskan bagaimana anda bisa membuat bisnis yang sedang di jalankan berkembang. Seperti dari yang semula 1 bisa menjadi 2, maka ini sudah membuktikan bahwa anda adalah seorang pebisnis.

Saat anda memutuskan membangun bisnis online, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sama seperti bisnis lainnya, hal-hal yang harus diperhatikan dalam hal ini diantaranya adalah:

  1. Modal
  2. Produk yang hendak dijual
  3. Pasar yang nantinya hendak menjadi sasaran
  4. Strategi dalam pemasaran
  5. Kelangsungan dari bisnis dan tren yang ada dalam bisnis.

Oleh karena itu sebelum anda memikirkan hal tersebut, anda harus membenahi mindset yang ada dalam diri anda. Berbagai hal yang menentukan kesuksesan dalam sebuah bisnis 95% ternyata ditentukan dari kualitas dari pribadi manusia itu sendiri. Ini merupakan hal yang memiliki sifat yang non teknis dan selebihnya bersifat teknis.

Kelebihan dan kelemahan bisnis online adalah:

  • Sistem yang berjalan secara otomatis saat sudah terbangun
  • Ddapat dimulai dengan upaya dan biaya yang lebih rendah
  • Ppotensi pasarnya lebih besar dibandingkan dengan bisnis offline
  • Tidak terikat dengan tempat dan waktu
  • Jika dibandingkan dengan bisnis offline di dalam model yang sama pendapatannya akan relatif besar pada bisnis online

Kira-kira bisa disimpulkan seperti itu. Tapi ada juga hal-hal yang sering membuat orang kecewa dengan bisnis online.

  • Seperti banyak yang terlalu cepat menyerah, karena mereka ingin mendapat penghasilan instant
  • Anda masih perlu bekerja keras dengan serius, karena bisnis online bukan sulap yang dapat menghasilkan uang sambil tiduran
  • Bisnis online bukan pasif income
  • Dan meski tidak masalah untuk anda yang hobi internet, namun jika anda gaptek mungkin akan sedikit bermasalah.

Anda dapat saja memiliki keahlian membuat web yang canggih dengan fitur dan tampilan keren atau bisa saja ahli dalam suatu bidang. Tapi bila tidak punya visi pada kemampuan anda, maka anda tidak punya semangat belajar dan bertahan. Ini juga akan sama saja, bisnis anda hanya akan berhenti di situ. Untuk itu, membangun mindset sangat penting perannya dalam kesuksesan bisnis yang dijalankan.

3. Bisa Mulai dengan Jualan

Langkah selanjutnya dalam panduan memulai bisnis online adalah memutuskan apa yang ingin anda jual. Sebelum benar-benar menjalankan bisnis ini, anda harus berlatih menjual melalui internet terlebih dahulu.

Sebaiknya pikirkan kira-kira apa yang ingin anda tawarkan ke orang lain melalui media online. Untuk itu, anda harus menemukan produk yang tepat.

Berikut ini ada beberapa tips bagaimana untuk bisa menemukan produk yang tepat yang bisa anda jual.

  1. Cari apa yang saat ini sedang dibutuhkan masyarakat dan cari apa yang saat ini sedang dibutuhkan orang-orang yang ada di sekitar anda.
  2. Anda merupakan problem solver jadi anda bertindak sebagai pemberi solusi dari permasalahan yang dihadapi orang-orang.
  3. Tukarkan manfaat yang dapat anda berikan menjadi bentuk transaksi yang bisa saling menguntungkan.

Dalam tahapan ini kebanyakan orang padang salah langkah. Mereka terlalu fokus pada produknya bukan pada kebutuhan orang-orang. Bahkan sudah banyak orang gagal sebelum berhasil melakukan penjualan pertamanya.

Untuk itu, kami sarankan agar anda meriset produk atau jasa dan mencari produk yang sekiranya cepat laku dengan perputaran yang cepat. Artinya banyak orang yang memerlukan atau produk tersebut ada pasarnya.

Sebenarnya bukan apa-apa, namun kalau produk yang anda tawarkan terlalu sedikit peminatnya dan pasarnya sempit. Umumnya anda akan mudah menyerah karena dagangan anda tidak laku-laku.

Maksudnya disini kegiatan jualan dan juga bisnis yang anda jalankan dapat terasa lebih greget dan menggairahkan.

Bila sedikit-sedikit Hp anda berbunyi atau inbox email yang penuh dengan email pesanan produk atau jasa yang anda tawarkan. Bukan begitu?

Jenis Produknya Apa?

Panduan memulai bisnis online bisa dengan menawarkan berbagai macam hal dapat berbentuk produk fisik, digital atau jasa.

Untuk contoh produk fisik anda bisa menjual makanan, jam tangan, sabun herbal, mobil, obat herbal, smartphone, motor, pernak-pernik aksesoris, kebutuhan rumah atau bangunan dan apa saja yang dapat anda tangkap.

Sementara itu, untuk produk digital dapat berupa produk produk informasi, pulsa, kursus online, ebook atau software.

Jika anda ingin menjual produk jasa, anda bisa menjual misalnya menyediakan jasa pembuatan website. Jasa rental mobil, jasa online marketing, agen umroh dan haji, agen tour dan travel, jasa bayar tiket pesawat dan kereta api, dan berbagai jasa lainnya.

Untuk menentukan produk yang ingin dijual tidak usah terlalu detail. Yang pasti anda punya gambaran besar tentang rencana anda dan memahami seperti apa pula pemasaran online nya.

Di sini anda harus menyusun seperti apa konsep usaha anda , carilah ide cemerlang, supplier dan pelajari ilmu bisnis dalam tahap ini.

Umumnya hambatan yang muncul dalam fase ini anda menginginkan sesuatu yang sempurna. Dan dapat ditebak, akhirnya bisnis yang anda jalankan malah berhenti disitu saja.

Saran kami untuk tahap awal anda tidak usah terlalu detail, anda harus rela menginvestasikan tenaga, waktu dan mungkin uang anda untuk belajar. Mulailah dengan jual produk orang lain, anda dapat menerapkan konsep dropship, kemitraan dengan produsen, reseller atau afiliasi produk sebuah vendor. Dengan begitu, tahap awal ini anda tidak terbebani dengan biaya produksi yang besar serta kerugian pun dapat diminimalisir.

Masih Bingung!!

Jika sampai di sini anda masih bingung dengan panduan memulai bisnis online. Untuk mencari produk yang ingin anda jual, anda dapat mencoba bisnis PPOB.

Saat ini semua orang dapat meraih pasif income dari bisnis tiket, pulsa, PPOB, hotel dan lain sebagainya tanpa modal. PPOB adalah singkatan Payment Point Online Bank. Ini merupakan layanan pembayaran online dengan fasilitas perbankan.

Bisnis ini tergolong unik karena ini adalah kombinasi bisnis online dan offline. Sejatinya ini merupakan bisnis besar. Bagi anda yang baru mulai anda tidak akan kaget dalam menjalankannya.

Sehingga ini bisa jadi batu loncatan dan pembelajaran bagi bisnis online yang lebih menantang. Keuntungan memulai usaha PPOB adalah pasarnya jelas dan dibutuhkan banyak orang.

Selain itu, produknya juga dapat dipakai sendiri. Cara menjalankannya juga fleksibel dapat melalui online ataupun offline. Bahkan anda yang sudah bergabung juga bisa menjalankan konsep bisnis afiliasi. Seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online
cepatlakoo.com

4. Buat Toko Online

Tahap selanjutnya yang bisa dilakukan dalam panduan memulai bisnis online bagi pemula adalah membuat toko online atau website jualan. Nantinya ini akan dipakai sebagai tempat jualan online atau media promosi anda di internet.

Sebenarnya ada beberapa jenis model bisnis yang paling sering dijalankan lewat cara online. Biasanya model-model bisnis online lain adalah turunan atau cabang dari salah satunya.

Jika anda sudah menemukan produk apa yang ingin dijual, selanjutnya anda harus mempromosikannya agar orang lain tahu dan menjual produk tersebut supaya anda memperoleh penghasilan.

Oleh sebab itu, anda tentunya butuh sarana dengan kata lain tempat untuk menjual produk anda tadi.

Salah satu keuntungan menjalankan bisnis online melalui internet anda tidak perlu menggunakan tempat secara fisik, bangunan, ruko, toko atau gedung yang besar untuk berjualan.

Anda bisa mengalihkan tempat ini ke dalam tempat digital yang bisa diakses secara online. Tempat ini bisa berbentuk toko online, website, situs marketplace atau media sosial.

Bagaimana Cara Jualannya?

Lalu yang jadi pertanyaan bagaimana cara jualannya? Karena ingin memanfaatkan media internet atau jualan via online, tentunya teknis dan langkah-langkahnya juga dilakukan secara online. Apa saja itu?

Jualan Lewat Sosial Media

Di tahap awal panduan memulai bisnis online, anda bisa mencoba berjualan lewat situs media sosial. Pasar online, situs marketplace atau aplikasi sosial chat.

Untuk situs marketplace, anda bisa berjualan di Tokopedia, Bukalapak, Olx dan lain sebagainya. Sementara itu, untuk situs media sosialnya anda bisa memanfaatkan Instagram, Facebook atau Twitter. Dan aplikasi social chat bisa menggunakan Whatsapp, BBM, Telegram dan Line.

Mengapa kami sarankan langkah tersebut, sebab untuk membuat akun pada situs yang sudah disebutkan tadi gratis. Dapat langsung dimanfaatkan untuk promosi dan juga jualan tanpa membuat system websitenya, tampilannya dan berbagai urusan lainnya.

Anda bisa memilih channel yang sekiranya nyaman dan anda kuasai. Syukur-syukur, anda bisa memakai semuanya. Namun kalau belum bisa, kami sarankan minimal mempelajari tentang Instagram dan Facebook.

Untuk aplikasi social chat sebenarnya lebih cocok bagi sarana komunikasi dengan pelanggan atau prospek penjualan anda. Seperti saat ingin transaksi atau menanyakan detail produk, juga konfirmasi pembayaran.

Namun misalnya jika ingin dipakai untuk promosi juga bisa digunakan seperti pesan massal atau broadcast message.

Tapi jangan terus-menerus, sesekali tidak apa-apa untuk menginfokan produk baru pada pelanggan. Sebab jika terlalu sering, pelanggan bisa jadi kurang sreg.

Jualan Lewat Website

Untuk langkah kedua anda bisa membuat website sendiri. Tujuannya bisa digunakan sebagai lapak online atau workshop resmi dari usaha anda di dunia maya.

Salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika memiliki website sendiri. Maka kedepannya anda dapat menjadikannya sebagai pusat tempat rujukan saat ingin menyebar promosi online melalui forum sosial media, marketplace atau situs jualan yang lainnya.

Jadi bila anda memasang status di sosial media, forum dan lainnya akan lebih keren jika di bawah status diberi link menuju situs anda.

Sosial media, situs marketplace dan forum online dapat diibaratkan seperti pasar atau mall tempat berkumpulnya orang banyak di dunia maya. Sementara website dapat diibaratkan seperti toko atau kantor anda di internet.

Anda tak perlu khawatir dan bilang saya gaptek, tidak tahu teknologi, bukan anak kuliahan dan kata sejenis lainnya. Sebab website yang akan dibuat adalah jenis website yang praktis dan tidak ribet.

Di internet sudah banyak tersedia tips dan cara pembuatan website yang mudah. Selanjutnya anda tinggal butuh nama domain dan hosting untuk membuat website.

Domain itu nama website anda dan hosting adalah tempat untuk menaruh nama domain. Anda ada juga file-file pembentuk website tersebut.

Jika anda belum mempunyai dana untuk menggunakan website berbayar, anda bisa kok menggunakan website gratisan. Ada beberapa penyedia blog gratis yang sudah terkenal seperti blogspot, wordpress, tumblr dan masih banyak lagi. Tapi saran kami anda bisa menggunakan blogspot atau wordpress, sebab keduanya sudah banyak dikenal para pengguna internet.

5. Promosi Online

Jika website anda sudah jadi, maka panduan memulai bisnis online selanjutnya adalah mengisi website tersebut dengan informasi produk atau jasa yang anda punya.

Isi website dengan konten yang meyakinkan, jangan copy paste. Pakai kata-kata yang pantas untuk ditampilkan di website, sebab ini bisa jadi sarana promosi dan juga untuk kantor online anda.

Untuk kontennya dibuat yang simpel dulu, sebisa mungkin memuat informasi seperti di bawah ini.

  • Profil usaha
  • Alamat usaha lengkap dan bagaimana cara menghubungi anda
  • Ggaleri gambar yang berisi produk atau jasa dan keterangannya
  • Cara pemesanan dan bagaimana form order nya
  • Serta logo usaha bisnis anda.

Logo tidak boleh menganggap itu sepele sebab dapat membawa dampak luar biasa untuk entitas usaha dan juga bisnis anda.

Promosikan Segera

Jika konten website yang sudah ada, langkah selanjutnya jangan tunda lagi untuk mempromosikan website bisnis anda. Ini tujuannya adalah memperoleh kunjungan atau traffic yang ada di website.

Anda dapat mengawalinya dengan memanfaatkan sosial media misalnya instagram, facebook, twitter dan lainnya yang anda pahami.

Ini bisa jadi cara tercepat untuk menyebarluaskan informasi bisnis yang anda jalankan. Terlebih lagi bila anda punya jumlah teman atau follower yang banyak, tentunya ini sangat membantu.

Anda juga dapat mulai memajang produk dan jasa di situs direktori bisnis, situs marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX dan lain sebagainya. Atau di situs forum seperti Kaskus.

Disamping itu, tingkat promosi yang lebih advance bisa melalui mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dengan teknik SEO.

Hal ini memang lebih teknis, sebab anda harus paham cara optimasi situs agar bisa menduduki halaman pertama dengan kata kunci tertentu. Tetapi justru dengan memahami pola SEO, maka mindset bisnis dan juga pemasaran online bisa lebih tajam.

Target utama dari pemanfaatan website anda adalah agar kontak pertama bisa terjadi dengan para calon konsumen. Selanjutnya terserah anda, apakah ingin menggunakan follow up by email atau by phone. Atau kunjungan langsung on the spot itu terserah anda.

Kesimpulannya anda bisa menggunakan rumus CTPM

Dimana:

C: Content

Ada konten yang informatif dan sesuai target konsumen

T: Traffic

Datangkan traffic lewat sosial media search engine atau getok tular

P: Pre-Selling

Bangunlah hubungan baik dengan pengunjung website atau audience

M: monetize

Sebaiknya tawarkan solusi yang diperlukan oleh calon konsumen

6. Mencari Mentor dan Lingkungan Positif

Jika anda ingin tahu panduan memulai bisnis online secara lebih serius, kami sarankan untuk segera mencari mentor.

Karena bisa memberikan bimbingan untuk  anda di tahap awal di dalam proses membangun bisnis, baik itu secara langsung atau tidak.

Mentor bisa berasal dari orang tua, teman, guru, saudara, dosen atau pelaku bisnis yang dianggap telah berhasil dalam bidang usaha yang digelutinya.

Mereka telah melalui proses jatuh bangun dan pahit getir serta asam garam di dalam proses pembangunan bisnis hidupnya.

Dengan begitu, anda dapat belajar dari pengalaman prosesnya dan selayaknya kita menghormati para mentor yang mengajari kita.

Sebab dari merekalah kita mendapat ilmu hidup juga ilmu tentang yang bisnis bisa tersampaikan pada kita.

Dengan adanya mentor, anda akan lebih mempercepat trial-and-error yang diperlukan selama proses menuju ke puncak. Di samping itu, anda juga bisa bergabung dengan komunitas bisnis dan berbagai komunitas lain yang membentuk lingkungan positif yang bisa mendukung tujuan anda.

Anda juga harus memiliki lingkungan positif karena ini bisa mendukung proses belajar agar lebih kondusif dan juga terarah.

Semakin sering anda berkumpul, bertemu dan berdiskusi dengan orang satu visi atau 1 vibrasi. Maka anda bisa menemukan peluang dan dukungan untuk bisa saling support, berbagi ilmu dan semangat. Ini menjadi aset penting yang perlu dimiliki untuk anda agar melangkah maju.

Bangun Bisnis, Sistem dan Aset

Dalam memulai bisnis online untuk seorang pemula, yang menjadi kunci suksesnya yang perlu diasah dalam memulai sebuah usaha adalah mengasah kemampuan menjual. Tapi satu hal yang tidak boleh anda lupakan disini adalah yang namanya membangun bisnis sama dengan membangun aset.

Artinya anda harus memikirkan bagaimana caranya membangun sistem. Jadi di dalam membangun sebuah bisnis online bukan semata-mata hanya jualan online saja.

Alangkah baiknya bila dibarengi juga dengan pembangunan sistem alur bisnis, mengumpulkan modal kerja, pembangunan tim kerja, pembelian aplikasi atau software yang dibutuhkan. Termasuk pembuatan website yang berguna sebagai tools marketing online.

Nantinya bila sesuatu terjadi dan memungkinkan anda tidak dapat bekerja untuk waktu lama. Semua aset tersebut yang akan bekerja untuk anda.

Dengan demikian, bisa memungkinkan yang tadinya ada keluar tenaga fisik banyak. Akhirnya dengan adanya aset dapat turut mengurangi persentase kerja fisik anda.

Sekiranya seperti itulah gambaran langkah bagaimana cara memulai bisnis online di tahun 2020 ini agar bisa langsung jalan. Meskipun anda merupakan seorang pemula, anda tak perlu takut untuk memulai bisnis online ini. Sebab bisnis ini sangatlah bermanfaat dan menguntungkan jika anda ada kerjakan secara serius.

error: Content is protected !!