Panduan Cara Upgrade OS Android yang Sudah di Root Tanpa PC

Anda pasti penasaran sebenarnya bagaimana cara upgrade OS android yang sudah di root tanpa PC, Apakah hal itu bisa dilakukan?

Sekarang ini android sudah merajalela di pasaran. Banyak jenis smartphone android yang dapat ditemui dengan harga yang terjangkau.

Hampir seluruh masyarakat sudah mempunyai android. Mereka menggunakannya untuk membantu aktivitas serta mempermudah komunikasi dengan teman atau keluarga.

Panduan Cara Upgrade OS Android yang Sudah di Root Tanpa PC
nextren.grid.id

Beginilah Cara Upgrade OS Android yang Sudah di Root Tanpa PC

Cara upgrade OS android yang sudah di root tanpa pc adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Cara ini bisa berlaku untuk semua Hp android baik yang sudah di-root maupun yang masih asli dari bawaan pabrik.

Misalnya jika anda baru pertama kali membeli dan masih menggunakan Lollipop, anda dapat mengupgrade nya ke android Marshmallow.

Tetapi bila anda bertanya kapan akan ada update Marshmallow atau Lollipop untuk android Kitkat lama anda. Jawabannya tentu saja tergantung pada kebijakan vendor dari Hp yang anda gunakan.

Perbedaan Upgrade Android yang Sudah di Root dan Belum

Lantas sebenarnya apa bedanya upgrade OS android yang telah di-root dan yang belum di root? Jika android anda belum di-root tentunya proses upgrade bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Sebab bisa dilakukan menggunakan cara online atau OTA Update langsung yang berasal dari hp android tanpa harus menggunakan komputer.

Anda cukup mengakses menu Setelan, Tentang Ponsel, lalu Pembaruan Sistem. Selanjutnya tinggal anda periksa apakah di sana ada pembaruan atau tidak.

Jika tersedia update terbaru, anda dapat langsung melakukan update android tanpa harus menggunakan komputer dengan langkah yang lebih mudah dan juga proses yang lebih cepat.

Sementara itu, jika android anda sudah di-root tentu proses upgrade nya akan terasa lebih sulit. Sebab mau tidak mau anda harus menggunakan komputer dan harus melalui recovery mode yang prosesnya lebih ribet.

Seperti yang kita tahu, proses root ini bisa mengubah boot loader dan pastinya pada merubah menu recovery mode. Hasilnya proses update dengan otak sudah tidak bisa dilakukan lagi.

Untuk melakukan upgrade android yang sudah rooting maka harus memakai komputer. Misalnya bila anda pengguna android Samsung, proses upgrade dapat dilakukan dengan cara memakai Odin atau Samsung Kies yang ada di laptop.

Pengguna LG pun juga bisa melakukan upgrade Hp android dengan Flash Tool yang ada di komputer.

Jadi sebelum anda melakukan root pada smartphone android, sebaiknya anda pertimbangkan dulu mengapa android harus di root.

Jangan sampai ada update android terbaru dan anda tidak dapat melakukannya dengan menggunakan OTA Update karena android anda sudah di-root.

Cara Upgrade Android dengan OTA Tanpa Menghilangkan Root

Pertama yang bisa anda lakukan adalah download aplikasi FlashFire yang ada di smartphone android yang telah di-root.

Lalu buka aplikasi FlashFire kemudian sistem akan secara otomatis memberikan notifikasi pada anda bila ada update OS terbaru yang ada di android tersebut.

Selanjutnya anda tinggal download update OS android tanpa harus melakukan install. Bila download sudah selesai, anda tinggal buka FlashFire.

Maka secara otomatis FlashFire bisa melakukan scanning yang dapat mendeteksi update OS terbaru tersebut. Aplikasi ini bisa menampilkan update yang telah didownload tadi kemudian anda tinggal tap OK.

Di dalam menu berikutnya anda tinggal memilih update kemudian pilih salah satu dan tap Flash. Selanjutnya akan muncul pop-up warning dan anda bisa langsung menekan OK.

Ketika proses berjalan, maka layar smartphone anda akan menjadi hitam dan berlangsung beberapa kali, tetapi anda tak perlu khawatir.

Disamping itu, saat proses berlangsung juga akan muncul scrolling text yang menandakan update sedang berjalan. Jika proses sudah selesai, anda bisa merestart smartphone dan anda sudah berhasil update OS terbaru android.

Upgrade OS Android Dengan Root ROM

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah mencari software yang bisa digunakan untuk root. Ada banyak orang yang memakai software seperti one click root, king root, kingoroot dan lain sebagainya.

Anda bisa memilih software yang sesuai dengan model smartphone anda. Download dan install software tersebut dengan cara mengikuti petunjuk yang ada di layar komputer.

Hubungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel data lalu software loading bisa secara otomatis mendeteksi smartphone. Anda tinggal menjalankan root.

Bila proses root sudah selesai, tinggal restart perangkat android dan sistem operasi akan berjalan dalam versi yang terbaru.

Pada dasarnya cara upgrade OS android yang sudah di root tanpa PC memang sangat sulit untuk dilakukan. Bahkan kebanyakan cara yang bisa dilakukan harus menggunakan komputer atau PC. Jadi bila anda ingin upgrade OS terbaru di Android tanpa menggunakan PC, akan lebih mudah bila hp anda belum di root.

error: Content is protected !!