Inilah Menu Makanan Sehat Untuk Anak Yang Wajib Diketahui

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan penuh nutrisi sangat penting untuk setiap anak. Apalagi dalam masa pertumbuhan, si buah hati memerlukan aneka jenis asupan yang bernutrisi. Menu makanan sehat untuk anak diperlukan untuk mendukung tumbuh kembangnya serta kemampuan dalam berpikir.

Namun dengan padatnya jadwal orang tua, tak jarang mereka menyajikan makanan yang cepat saji untuk sekedar membuat perut kenyang.

Inilah Menu Makanan Sehat Untuk Anak Yang Wajib Diketahui
hellosehat.com

Beberapa Menu Makanan Sehat Untuk Anak

Memberikan makanan praktis dan siap saji memang terdengar solutif. Namun, jika dilakukan dalam selang waktu yang relatif lama akan memiliki resiko kesehatan yang serius bagi buah hati kita.

Kebiasaan makan dengan makanan yang tidak sehat pun dapat berlanjut sampai ke jenjang dewasa. Maka, akan rentan terhadap penyakit dan berbagai gangguan kesehatan lain.

Seperti yang dikatakan oleh seorang ahli bidang pendidikan dan kebijakan ekonomi dari universitas New York, Sean Patrick Corcoran, siswa yang mempunyai kebiasaan makan sehat dengan rutin mempunyai ciri khas tersendiri. Tidak mudah kelelahan dan lebih fokus dalam belajar di kelas, serta dapat menyerap informasi yang lebih banyak.

Maka dari itu, tetap berusaha menyajikan makanan yang sehat bagi anak anda. Manfaat yang akan didapat seperti meningkatkan daya pikir, menjaga mood tetap baik, menstabilkan energi, menjaga berat badan tetap ideal, serta mencegah dari masalah kesehatan mental.

Rekomendasi Menu Makanan Sehat Untuk Anak

Sarapan

Rutinitas yang harusnya tidak anda lewatkan adalah makan pagi atau sarapan. Cukupkanlah waktu tidur malam dan asupan sarapan bagi buah hati agar dapat menjalankan aktivitas di siang hari.

Anak yang terbiasa memulai hari dengan sarapan akan mempunyai tingkat konsentrasi yang lebih baik dibanding dengan anak yang tidak sarapan.

Orang tua harus cermat dalam memilih menu makanan sehat untuk anak yang akan disajikan saat pagi hari. Pastikan di dalam menu terdapat padat protein dibandingkan dengan nutrisi yang lain. Makanan kaya protein bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama dan tidak meningkatkan kegemukan. Disamping itu, sarapan si kecil juga harus dilengkapi dengan satu gelas susu guna memenuhi asupan gizi harian.

Beberapa pilihan menu yang dapat anda siapkan misalnya, roti lapis gandum dengan isi telur dan sayuran. Ada juga menu yang dapat anda pilih yaitu telur rebus matang, roti panggang, dan apel. Nasi dengan sayur orak-arik serta dilengkapi dengan omelet bisa menjadi pilihan serta masih banyak lagi menu sarapan yang dapat direkomendasikan.

Makan Siang

Buah hati dengan usia sekolah tentu saja lebih sering makan siang di sekolah. Kemudian akan melanjutkan aktivitasnya yaitu belajar dan bermain. Jadi, asupan nutrisi yang ada di dalam menu makan siangnya pun harus lengkap.

Hal yang bisa anda lakukan adalah memberikan si buah hati bekal dari rumah. Anda juga dapat menyiapkan sendiri apa saja yang akan diberikan.

Menu makanan sehat untuk anak di siang hari lengkap dengan kalori, mineral, vitamin dan cukup serat. Mengkonsumsi makan siang bergizi dapat mendukung buah hati tetap semangat saat belajar serta dapat fokus dan tanggap saat menerima materi pelajaran.

Menu yang dapat anda siapkan untuk makan siang buah hati adalah seperti biskuit dengan irisan keju dan selai, bisa ditambah dengan buah segar. Nasi goreng dengan sayuran juga dapat anda pilih. Kentang yang berisi brokoli keju pun bisa jadi pilihan.

Makan Malam

Makan malam adalah salah satu moment penting dalam keluarga, yaitu adanya sebuah kebersamaan. Ragam makanan yang dapat disantap oleh buah hati saat makan malam cenderung bebas dibandingkan dengan menu pagi dan siang hari.

Walaupun demikian, orang tua harus tetap memperhatikan kandungan nutrisi di dalamnya. Karbohidrat, serat, protein, vitamin dan juga mineral harus dan wajib ada.

Menu yang disajikan misalnya bubur jagung dengan hati ayam, mi kocok telur, spaghetti tahu dan brokoli. Bisa juga anda menyajikan ayam saus jeruk dan orak arik makaroni daging.

Apabila buah hati sedang dalam masa susah makan, anda dapat memberikan nutrisi tambahan dari susu.

Disamping memenuhi menu makanan sehat untuk anak, anda juga perlu menyajikan menu camilan yang sehat. Asupan yang kaya akan nutrisi sangat mendukung kecerdasan serta kepintaran anak.

error: Content is protected !!