3 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop, Mudah dan Dijamin Berhasil

Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang kini telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang. Terutama bagi para mahasiswa dan pelajar. Berbicara soal laptop, pastinya terdapat satu fitur di dalamnya yang sangat familiar kita gunakan, yaitu bluetooth. Lalu, apakah anda sudah tahu bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop?

Salah satu dari fungsi bluetooth yaitu untuk melakukan pengiriman maupun menerima file dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Dengan fungsinya ini, kita dapat memindahkan berbagai macam file dari laptop ke smartphone ataupun sebaliknya, yaitu memindahkan file dari smartphone ke laptop. Penggunaan bluetooth ini jauh lebih praktis dan juga simpel bila dibandingkan dengan kabel data.

teknologiterbaru.id

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Mengingat begitu menguntungkannya menggunakan bluetooth dibandingkan dengan kabel data, maka cara mengaktifkannya pun tak kalah pentingnya untuk diketahui. Akan tetapi, tidak semua orang mengerti dan memahami cara mengaktifkannya.

Padahal cara yang biasa digunakan terbilang mudah. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan bagaimana cara mengaktifkan bluetooth pada laptop anda.

Menggunakan Dongle

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop pertama kali yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Dongle. Akan tetapi, cara ini digunakan untuk laptop yang tidak memiliki hardware bluetooth bawaan.

Maka dari itu, diperlukan sebuah alat bantu yang disebut sebagai Dongle USB Bluetooth. Dongle USB Bluetooth merupakan alat yang mempunyai bentuk serupa dengan USB flashdisk.

Lihat Juga :  6 Aplikasi Karaoke Android Offline Gratis Terbaik Untuk Anda

Dimana saat penggunaannya, hanya tinggal menancapkan pada laptop saja. Dongle ini berfungsi sebagai antena receiver, yang nantinya akan melakukan sebuah pengiriman atau menerima sinyal bluetooth dari smartphone yang anda miliki.

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop dengan Dongle, cukup mudah dilakukan bukan? Apalagi, pada dasarnya, Dongle USB tersebut sudah dilengkapi dengan program serta driver khusus yang mana akan terinstall secara otomatis. Tentunya pada saat anda mencolokkannya di laptop.

Gunakan Tombol Fn

Cara yang tak kalah mudah untuk mengaktifkan bluetooth adalah dengan menggunakan tombol Fn. Pada laptop kebanyakan, terutama laptop-laptop saat ini, mempunyai bluetooth yang sudah built in.

Bila anda memiliki laptop yang semacam ini, maka cara mengaktifkan bluetooth di laptop tersebut adalah dengan menekan tombol Fn plus dan salah satu tombol dari tombol F1 sampai dengan F12.

Untuk mengetahui tombol mana yang bisa digunakan, maka lihat saja pada ikon bluetooth yang terpampang di salah satu tombol F1 sampai tombol F12. Mengingat setiap merk laptop berbeda-beda, maka letak ikon bluetoothnya juga berbeda-beda.

Maka dari itu, cukup pastikan saja, mana tombol yang memiliki ikon bluetooth dari tombol F1 hingga F12. Bila sudah ketemu, maka tekan tombol tersebut secara bersama-sama dengan tombol Fn.

Misalnya saja, ikon bluetooth di laptop anda berada di tombol F4, berarti tekan Fn + F4. Bila cara mengaktifkan bluetooth di laptop dengan cara ini benar, maka akan muncul ikon bluetooth yang ada di system tray, yaitu bagian task bar paling kanan. Munculnya ikon bluetooth ini menandakan bahwa bluetooth sudah mulai bisa digunakan.

Lihat Juga :  Cara Melihat Chat BBM yang Sudah Dihapus di Android Tanpa Ribet

Lakukan Install Driver

Terkadang, pengguna laptop belum bisa menggunakan bluetooth yang ada di dalamnya, karena belum melakukan penginstalan driver. Agar bisa mengaktifkan konektivitas bluetooth di dalam laptop anda, maka dapat lebih dulu menginstal driver.

Menginstall driver ini penting untuk dilakukan, sebab, meskipun di laptop anda sudah mendukung built in bluetooth, tetap saja harus ada program khusus yang bisa menjalankannya. Sebenarnya, driver bluetooth tersebut bisa diperoleh pada CD atau DVD. CD atau DVD ini anda dapatkan saat pertama kali membeli laptop.

Akan tetapi, bila anda sendiri kehilangan CD atau DVDnya, tak perlu khawatir, sebab, dapat mengunduh driver ini di dalam situs resmi brand laptop anda. Atau dapat juga menggunakan software Driver Pack yang berisi sejumlah driver.

Perlu untuk diingat, agar cara mengaktifkan bluetooth di laptop dengan menggunakan langkah ini berhasil, maka pilih driver sesuai dengan tipe ataupun merk laptop anda. Semua cara di atas, tentunya mudah untuk dilakukan oleh siapapun dan kapanpun juga.

error: Content is protected !!