Cara Membuat Masker Kulit Manggis Untuk Jerawat Dan Manfaatnya

Posted on

Anda yang di rumah dengan stok buah manggis banyak, saat mengkonsumsinya sebaiknya kulitnya jangan dibuang. Kulit buah manggis bisa anda gunakan untuk perawatan kecantikan. Kali ini akan membahas cara membuat masker kulit manggis untuk jerawat dengan cepat dan mudah.

2. Cara Membuat Masker Kulit Manggis Untuk Jerawat Dan Manfaatnya
idntimes.com

Cara Membuat Masker Kulit Manggis Untuk Jerawat

Kulit manggis bisa digunakan untuk membuat masker wajah. Selain untuk perawatan dari luar (masker), bisa juga untuk perawatan dari dalam. Misalnya, kulit buah manggis dibuat jus untuk dikonsumsi setiap malam menjelang tidur.

Bahan dan Alatnya

  • Kulit manggis 3 buah
  • Madu 1 sdm
  • Blender
  • Mangkok
  • Handuk kecil
  • Kuas kecantikan

Cara Pembuatannya

Bersihkan terlebih dulu wajah anda, kemudian keringkan dengan handuk. Cuci bersih kulit manggis yang akan dipakai. Siapkan blender dan masukan kulit manggis. Tambahkan madu yang telah disiapkan.

Cara membuat masker kulit manggis untuk jerawat selanjutnya  dengan menghaluskan kulit manggis tadi sampai benar-benar halus. Lalu jika sudah halus, bisa dituangkan ke dalam mangkok. Ambil kuas kecantikan, ratakan masker ke wajah anda sampai merata.

Diamkan sampai kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit didiamkan, maka basuh menggunakan air hangat, usap sampai kering pakai handuk kecil. Lakukan dengan rutin 3 kali dalam seminggu.

Gunakan masker kulit manggis saat anda akan tidur malam agar semua kandungan yang ada di dalam kulit manggis bisa diserap ke dalam kulit dengan sempurna.

Lihat Juga :  Inilah Jenis Olahraga Untuk Mengecilkan Paha yang Efektif

Manfaat Masker Kulit Buah Manggis

Bukan hanya buahnya saja yang enak untuk dinikmati, namun kulitnya juga sangat bermanfaat. Kulit buah manggis yang tebal mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat kulit manggis untuk kecantikan ini bisa didapat dari kulit buah yang sudah diekstrak maupun yang belum diekstrak. Mengandung antioksidan dan berbagai vitamin yang baik untuk kulit wajah. Berikut beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari membuat masker wajah.

1. Mengatasi Timbulnya Jerawat

Antioksidan yang mampu menjaga kesehatan kulit juga bisa menjadi anti peradangan, yakni untuk mencegah munculnya jerawat serta dapat mengatasi berbagai masalah yang timbul akibat jerawat.

2. Mencegah Penuaan

Kulit buah manggis yang dibuat masker mampu mencegah tanda-tanda yang muncul pada penuaan kulit. Seperti garis-garis halus, tanda-tanda kerutan di wajah, serta noda hitam atau flek hitam yang muncul. Adanya antioksidan yang dapat meregenerasi sel kulit mati dengan yang baru.

3. Dapat Memutihkan Kulit

Kandungan antosianin yang bekerja dengan sangat baik sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam kulit wajah. Kandungan ini juga mampu membuat kulit wajah tampak lebih bersinar, bersih dan putih.

4. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit

Selain mampu menghaluskan, ternyata kandungan antosianin juga bisa membuat kulit semakin lembut jika pemakaian masker dilakukan secara rutin. Bisa dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Cara membuat masker kulit manggis untuk jerawat yang mudah ini bisa anda gunakan pada malam hari.

Lihat Juga :  4 Macam Ciri Pertumbuhan Anak 2 Tahun yang Ideal

5. Mencegah Kanker Kulit

Selain kelebihan dari cara membuat masker kulit manggis untuk jerawat, ternyata bisa juga untuk kesehatan. Manfaat kulit buah manggis yang sangat baik untuk kesehatan yaitu mampu menjadi pencegah sel-sel kanker kulit yang tumbuh. Ini didapat dari peran antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

6. Menghilangkan Bekas jerawat

Bekas pada jerawat akan membuat penampilan para perempuan terganggu. Kebiasaan memencet jerawat sampai isinya keluar semua malah terkadang sampai mengeluarkan darah. kondisi dimana tangan anda belum terlihat bersih, maka akan membuat bekas pencetan jerawat timbul.

Bekas pencetan yang terpapar sinar matahari akan berubah menjadi hitam atau flek hitam. Kondisi ini akan memperlambat penyembuhan dari jerawat tadi. Kadang-kadang bekas jerawat ini akan menjorok ke dalam atau bopeng.

Sekarang ini kulit buah manggis juga telah dibuat ekstraknya guna untuk mempermudah pemakaian dan memaksimalkan pemanfaatannya. Ekstrak kulit buah manggis kini bisa dengan mudah anda dapatkan di toko-toko sekitar anda.

Namun alangkah baiknya jika anda mengkonsumsi buah manggis sebaiknya kulitnya jangan dibuang sia-sia. Manfaatkan hal yang bisa dikatakan sepele ini untuk mempercantik wajah anda serta meningkatkan kesehatan anda.

Ulasan diatas adalah cara membuat masker kulit manggis untuk jerawat dan beberapa pemanfaatan kulit buah manggis yang bisa anda terapkan di dalam kehidupan sehari-hari guna mengambil hal baik dari kulit buah manggis yang biasanya hanya sebagai sampah saja.