Cara Membatasi Kecepatan WiFi Untuk Orang Lain Kecuali Kita di Android

Kali ini kami akan berbagi tips bagaimana cara membatasi kecepatan WiFi untuk orang lain kecuali kita di android. Saat ini anda dapat menemukan beberapa spot yang tersedia free WiFi di ruang publik.

Misalnya taman kota, perpustakaan, rumah sakit, caffe, hingga bandara. Selain itu, anda dapat memasang modem atau router dengan layanan WiFi di tempat kerja maupun rumah.

Cara yang paling mudah untuk anda lakukan yaitu melalui smartphone Android dijadikan hotspot agar komputer anda dapat koneksi akses internet. Ketika anda melakukan koneksi internet dengan WiFi biasanya memerlukan management bandwidth.

Dimaksud disini adalah membatasi kecepatan dan mengatur koneksinya. Sehingga meski pemakaian koneksi WiFi yang terpakai banyak tidak mengalami down atau lola.

Cara Membatasi Kecepatan WiFi Untuk Orang Lain Kecuali Kita di Android
keepo.me

Begini Cara Membatasi Kecepatan Wifi untuk Orang Lain Kecuali Kita di Android

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membatasi kecepatan WiFi untuk pengguna lain kecuali anda di Android. Setiap router memiliki bandwidth manajemen bawaan dari developer.

Cara pemakaiannya juga berbeda-beda. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membatasi kecepatan WiFi pada modem .

Buka Web Browser

Langkah yang pertama dapat anda lakukan untuk mengubah kecepatan WiFi yaitu dengan membuka web browser pada perangkat komputer.

Selanjutnya ketik IP Address bar browser tersebut. IP Addres default router dapat anda lihat pada buku panduan, biasanya 192.168.0.1 atau 192.168.1.1.

Read also:  Layanan Paket Xtra Combo Baru XL, Cara Aktivasi dan Fungsi Kuota

Masukkan Username

Jika langkah awal sudah anda lakukan selanjutnya masuk pada username. Masukkan username beserta password administratornya.

Biasanya muncul seperti ini username : admin, kemudian password: 1234. Setelah masuk ke panel router control, klik bandwidth control, control setting pada menu. Anda dapat melakukan klik bandwidth control, rules list, add new.

Masukkan IP Komputer Target

Masukkan IP addres komputer orang yang akses jaringan internet. Pilih single IP agar dapat mengatur atau mengubah kecepatan WiFi pada satu komputer.

Apabila anda akan mengaturnya dengan lebih dari satu computer, maka anda dapat pilih ranger IP untuk mengatur dan membatasi jaringan WIFI yang ada. Memilih cara di atas komputer dalam range akan berbagi bandwith yang anda berikan.

Mengatur dan Mengubah Kecepatan

Ada juga Cara membatasi kecepatan WiFi untuk orang lain kecuali kita di Android. Cara yang dapat anda gunakan mudah saja. Mengatur serta mengubah kecepatan WiFi yang anda kehendaki secara maksimum atau minimum unggah melalui port WAN.

Selanjutnya pilih ingress bandwidht untuk membantu anda mengaturnya. Centang opsi enable agar dapat menjalankan setting atau setelan yang sudah anda buat tadi.

Cara Membatasi Kecepatan WiFi dengan Neatlimiter

Neatlimiter adalah salah satu software pengatur bandwidth yang berfungsi seperti microtik. Cara pemakaian Netlimiter dengan mudah.

Sebelum memakai cara ini, anda harus download aplikasinya terlebih dahulu dan pasang pada perangkat komputer anda. Jika sudah, jalankan aplikasinya dan lihat registrasi software yang sedang berjalan. Semua proses software yang tampil akan melibatkan jaringan.

Read also:  Ini Dia Daftar Aplikasi Anti Virus Android Pelindung Smartphone Terbaik

Hal ini berlaku terhadap software terlalu cepat apalagi hingga menyedot kuota. Jika anda ingin membatasi kecepatannya beri tanda centang pada download limit dan upload limit aplikasi tersebut.

Langkah selanjutnya klik KB/s pada download limit akan muncul sebuah Rulereditor. Anda dapat berikan batasan minimum angka yang diinginkan pada defaul download limit.

Setelah semua anda lakukan juga perlu diterapkan pada upload limit klik save dan selesai prosesnya. Selain cara membatasi kecepatan WiFi untuk orang lain kecuali kita di Android.

Buat Password yang Secure

Password merupakan gembok yang dapat membuat jaringan WiFi anda aman. Anda dapat membuat password sesuai yang anda inginkan asalkan mudah untuk diingat. Sebaiknya gunakan kombinasi angka, huruf besar dan kecil yang sudah menjadi keharusan.

Bila anda bingung untuk membuatnya gunakan password Generator dan Norton. Hal yang dapat menggantikan dan membuat password WiFi tergantung pada device yang digunakan.

Ganti Nama SSID

SSID merupakan jaringan nirkabel. SSID memiliki fungsi membedakan satu dari WLAN yang lain. Namanya juga sudah ditetapkan oleh provider router itu sendiri.

SSID di udara untuk perangkat lain akan tersedia pada router nirkabel yang anda miliki. Sehingga jika ada orang lain yang ingin menggunakan koneksi WiFi anda perlu memasukkan password yang telah dibuat.

Sehingga anda dapat menyimpan username serta passwordnya. Mencegah terjadinya hal tersebut anda dapat menonaktifkan broadcast SSID router pada halaman pengaturan router. Dengan demikian, orang lain tidak akan mengetahui perangkat yang anda miliki.

Read also:  6 Aplikasi Karaoke Android Offline Gratis Terbaik Untuk Anda

Masukkan MAC Address ke Sistem Pouter

Pada device yang terhubung pada internet gunakan jaringan ISP yang tentunya memiliki MAC Address. Jaringan WiFi yang anda miliki akan aman jika berhubungan dengan MAC Address yang ada pada sistem router dan mereject MAC Address yang tidak terdaftar.

Cara membatasi kecepatan WiFi untuk orang lain kecuali kita di Android dapat dilakukan dengan mengatur kecepatannya. Selain itu, anda juga dapat membuat aman jaringan anda agar tidak terpakai oleh orang lain.