8 Alasan Kucing Tidur Terus, Jangan Khawatir ini Penjelasan Lengkapnya

Alasan Kucing Tidur Terus: Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kucing tidur begitu lama. Ternyata ada fakta ilmiah di balik hobi kucing tidur.

Selain dari makan, memenuhi keperluan menghidrasi diri, fisiologis, sampai bermain, kucing menggunakan sebagian waktunya untuk tidur.

Tidak peduli tempat, waktu atau musim dalam setahun, apakah hujan atau tidak, dingin, panas, lapar ataupun bosan, kucing akan selalu senang saat berbaring, tidur siang, atau tertidur.

Banyak pemilik kucing pertama kali pergi ke dokter hewan dan khawatir kucing mereka menghabiskan hari-harinya dengan tidur.

Beberapa ahli mengatakan bahwa kucing tidur merupakan salah satu ciri khas dari hewan yang satu ini, berikut penjelasannya.

8 Alasan Kucing Tidur Terus

Alasan Kucing Tidur Terus

1. Bosan

Kucing yang bosan atau stres bisa tidur lebih lama dalam sehari hingga 12-16 jam. Bila kucing Anda di tinggal sendirian di rumah ketika bekerja, jangan heran bila kucing Anda menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur.

Oleh karena itu, penting untuk membuat suasana rumah menyenangkan bagi kucing agar mereka tidak bosan dan menghabiskan setidaknya 10 menit setiap hari untuk bermain dengan mereka.

2. Tidur Siang

Jika Anda memperhatikan bahwa kucing Anda selalu terlihat lesu dan tidur setiap hari, ini sebenarnya karena 75% dari tidur kucing tidak selalu dalam keadaan lelap.

Saat kucing tidur siang umumnya berlangsung selama 10-30 menit. Mereka memanfaatkan cara ini untuk menyimpan sejumlah energi bila ada makanan, mangsa, atau ancaman yang tiba-tiba.

Lihat Juga :  Arti Mimpi Tamu

Kucing mungkin tampak tidur, tetapi mereka waspada terhadap apa pun yang mungkin terjadi dan siap untuk itu.

3. Usia

Pada kucing yang sudah tua, lama tidurnya juga akan meningkat mencapai 18-20 jam per hari. Meski begitu, kucing bisa tetap mempunyai rutinitas yang sama pada jam bangun mereka, termasuk mencari makan, bermain, dan mendapatkan perhatian pemiliknya.

Tetapi, bila kucing Anda tampak letih sepanjang waktu, mungkin saja terdapat kondisi medis dan mungkin Anda perlu memanggil ke dokter hewan untuk bisa memastikannya.

4. Obesitas/Kekurangan Vitamin

Alasan Kucing Tidur Terus, ini penjelasannya

Obesitas bisa menjadi salah satu alasan mengapa kucing tidur sepanjang hari dan terlihat lemah. Selain makanan berlebih, kegemukan pada kucing bisa disebabkan oleh pemberian makanan yang tidak seimbang dan kurang olahraga.

Idealnya, kucing harus diberi makan tiga hingga empat porsi kecil setiap hari dengan diet seimbang dan kaya protein.

5. Cuaca

Sama seperti manusia, saat memasuki musim hujan keinginan untuk tidur siang juga meningkat. Selain itu, jumlah cahaya yang berkurang setiap hari bisa menjadi penyebab kucing tetap tertidur sepanjang waktu.

6. Depresi

Jika kucing Anda tidur berlebihan disertai dengan perilaku lain seperti kehilangan nafsu makan, menghindar, dan perilaku aneh lainnya, kucing Anda mungkin menderita depresi.

Dalam hal ini, tindakan terbaik adalah membawanya ke dokter hewan untuk diuji dan mencari tahu mengapa kucing itu stres.

Lihat Juga :  Makanan untuk Anak Kucing Umur 1-3 Bulan Yang Aman dan Sehat

7. Infeksi Virus/Bakteri

Salah satu alasan paling umum mengapa kucing tidur sangat nyenyak dan lemah sepanjang hari adalah karena virus atau bakteri telah memasuki tubuh mereka. Virus ini bisa masuk melalui makanan, luka gigitan, atau interaksi dengan hewan lain.

Virus yang biasa menginfeksi kucing antara lain feline immunodeficiency, feline herpes, feline calicivirus, dan banyak lainnya.

Sedangkan bakteri yang umum menginfeksi kucing adalah salmonella, e.coli, streptococcus, dan masih banyak lagi.

Kelelahan dan kelesuan adalah ciri utama kucing yang terinfeksi dan memerlukan perawatan yang tepat dari dokter.

8. Tidak Benar-benar Tidur

Jangan berpikir bahwa semua kucing yang tampak memejamkan mata sebenarnya tertidur. Beberapa dari mereka hanya mengambil jeda sejenak.

Biasanya, mata kucing tertutup, tetapi telinga dan ekornya masih bergerak, yang menunjukkan bahwa mereka dapat mendengar perubahan di sekitarnya.

Cari Tau Juga:

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan singkat kami yang berjudul Alasan Kucing Tidur Terus dan Penjelasan Lengkapnya. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.