Beranda Sekilas Info Manfaat Perawatan Taman Jakarta bagi Kesehatan

Manfaat Perawatan Taman Jakarta bagi Kesehatan

23
0

Ada beberapa tanaman rumah yang mempunyai fungsi untuk menjaga kualitas udara sekitar rumah anda. Apabila anda menginginkan taman yang ideal, anda dapat menghubungi jasa perawatan taman Jakarta.

Tanaman yang kita pelihara di rumah biasanya difungsikan sebagai hiasan saja. Sebernarnya memelihara tanaman di rumah banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Tumbuhan merupakan penghasil oksigen, biarpun mempunyai ukuran yang kecil.

Manfaat Perawatan Taman Jakarta bagi Kesehatan
fjb.kaskus.co.id

Manfaat Perawatan Taman Jakarta

Perawatan taman Jakarta banyak sekali memberikan manfaat bagi kesehatan. Kegiatan bertaman ini sama baiknya seperti berolahraga, karena sama-sama mengandalkan tenaga fisik.

Apabila anda melakukannya secara rutin, maka banyak kalori yang terbakar, tubuh akan bergerak aktif, badanpun bisa lebih sehat. Manfaat memelihara taman bagi kesehatan diantaranya adalah:

Menurunkan Berat Badan

Anggota dari tubuh anda akan lebih aktif bergerak saat bertaman. Proses pembakaran lemak pun akan lebih efektif. Bagi anda yang bertubuh gemuk dan sulit untuk menurunkan berat badan, berkebun bisa menjadi salah satu alternatif. Minimal sehari dapat anda lakukan 20-30 menit dalam berkebun.

Lakukanlah secara rutin, agar hasilnya dapat anda rasakan. Namun, ada kalanya anda tidak bisa meluangkan waktu untuk berkebun maka jangan khawatir karena ada pemeliharaan taman Jakarta.

Perawatan Taman Jakarta Membersihkan Udara di Sekitar Rumah

Oksigen kita hirup saat bernapas dan yang dikeluarkan berupa karbon dioksida. Namun, pada tumbuhan melakukan hal yang sebaliknya dalam proses fotosintesis.

Tentu saja hal ini menjadi keuntungan dari memelihara tanaman di sekitar rumah. Untuk memaksimalkan proses fotosintesis, tanaman membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Proses fotosintesis akan berhenti pada malam hari. Tanaman mengeluarkan karbon dioksida dan mulai menghirup oksigen seperti manusia.

Hal ini sangat berbahaya bagi anda apabila pada malam hari tidur di dekat tanaman. Namun, tidak berlaku bagi tanaman seperti sejenis kaktus, tanaman anggrek dan tanaman epifit lainnya.

Polusi membuat kualitas udara menurun. Aktivitas di dalam rumah juga kemungkinan menimbulkan polutan udara. Misalnya saja adalah volatile organic compounds yang dilepaskan oleh perabot rumah tangga.

Seperti bahan pembersih, plastik, cat serta bahan bangunan. Tidak akan menimbulkan keracunan jangka pendek, namun dapat memicu penyakit asma dan kanker dalam waktu yang lama.

Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa jenis tanaman yang dapat dipakai sebai pembersih udara. Diantaranya adalah sirih gading, lidah mertua, dan spider plant.

Tanaman-tanaman tersebut mempunyai perawatan yang sangat mudah. Jenis tanaman lainnya untuk membersihkan udara pada ruang terbuka adalah peace lily, tanaman rambat english dan juga azalea.

Mengurangi Resiko Gangguan Saluran Pernafasan

Kualitas udara sangat erat hubungannya dengan gangguan saluran pernafasan, salah satu diantaranya adalah jumlah partikel debu di udara.

Masuknya kuman bersamaan dengan partikel debu akan dapat memicu infeksi atau terjadinya asma. Mungkin risiko ini akan terjadi di lingkungan dengan kelembaban udara yang rendah.

Apabila anda menaruh tanaman dalam rumah akan dapat mengurangi partikel debu dengan cara meningkatkan kelembapan udara. Hal ini terjadi melalui penguapan air dari akar atau tanah yang tersimpan pada pot tanaman anda.

Tanaman gantung juga terbukti dapat mengurangi kadar debu hingga 30% dalam sekitar waktu tiga bulan. Pada umumnya, tanaman menyumbang kadar air pada lapisan udara hingga 10%.

Menurunkan Tingkat Depresi

Udara yang bersih sangat baik untuk meningkatkan hormon melatonin dan serotonin, tingkat stres pun akan dapat berkurang sedikit demi sedikit.

Selain itu, taman atau ruangan yang memiliki tanaman akan menenangkan pikiran dan dapat memperbaiki mood. Bagi kondisi psikologis dan kognitif seseorang, manfaat mempunyai taman adalah meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi stres, lebih bugar dan menenangkan pikiran.

Manfaat lainnya adalah meningkatkan konsentrasi dan fokus serta meningkatkan kemampuan dalam mengingat. Kesehatan sosial pun akan meningkat dengan cara mendorong anda untuk bekerja sama dan bersosialisasi dengan orang lain.

Apabila anda menginginkan taman yang lebih indah, dapat memanfaatkan jasa perawatan taman Jakarta Barat.

Berkebun tidak hanya dilakukan untuk mengisi waktu luang saja. Akan tetapi, berkebun banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Selain anda akan lebih dekat dengan alam, tentu juga akan merasa lebih bahagia dan membuat badan terasa lebih bugar.

Bertaman merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif. Percantik halaman rumah anda dengan perawatan taman Jakarta.