Beranda Wisata Bendungan Kamijoro Jogja, Kembaran Sydney Harbour Bridge Australia

Bendungan Kamijoro Jogja, Kembaran Sydney Harbour Bridge Australia

15
0

Berkunjung ke Jogja akan terasa kurang lengkap apabila tak menyambangi Bendungan Kamijoro. Bendungan Kamijoro Jogja ini termasuk wisata baru yang tengah viral saat ini. Hal ini tak lain berkat pesonanya yang memanjakan mata.

Banyak wisatawan yang menilai bahwa Bendungan Kamijoro ini mirip dengan Sydney Harbour Bridge di Australia. Untuk lebih mengenal wisata baru di Jogja yang satu ini, anda bisa simak ulasan yang kami bagikan berikut.

jawapos.com

Lokasi Bendungan Kamijoro Jogja

Bendungan Kamijoro berlokasi di Kecamatan Sentolo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, lebih tepatnya di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono.

Bagi anda yang ingin menyambangi Bendungan Kamijoro, anda sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini dikarenakan medan jalannya cukup sulit dilalui dengan kendaraan roda empat. Untuk waktu tempuhnya, anda akan melakukan perjalanan selama 30 menit dengan jarak 20 km dari pusat Kota Jogja.

Daya Tarik Bendungan Kamijoro

Sebagai wisata baru yang lagi hits di Jogja, Bendungan Kamijoro jelas memiliki daya tarik tersendiri. Di kawasan Bendungan Kamijoro ini terdapat taman cantik yang dipadukan dengan keindahan aliran Sungai Progo.

Seperti yang diketahui, Sungai Progo adalah salah satu sungai terbesar di Jogja. Sementara di sisi timur Bendungan Kamijoro ini terdapat pintu yang digunakan sebagai jalan sistem pengairan.

Selain berfungsi sebagai tempat wisata, Bendungan Kamijoro memang juga digunakan untuk irigasi sawah-sawah desa di Bantul dan sekitarnya.

Kawasan Bendungan Kamijoro Jogja semakin menarik untuk dikunjungi karena dilengkapi dengan jembatan cantik yang membentang sepanjang 161 meter. Jembatan yang panjang ini memiliki lebar 3 meter dengan mengusung model mirip dengan jembatan Ampera yang ada di Palembang.

Anda tak perlu khawatir saat ingin berjalan di atas jembatan ini. Hal ini dikarenakan jembatan Bendungan Kamijoro sudah dilengkapi dengan tali baja, pengaman dan lampu penerangan.

Jembatan yang ada di Bendungan Kamijoro ini telah menghubungkan Dusun Plambongan yang ada di Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Bantul dengan Dusun Kaliwiru di Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo.

Dengan adanya jembatan di Bendungan Kamijoro ini, warga setempat tak perlu memutar perjalanan dengan rute yang sangat jauh. Tak heran jika pembuatan jembatan di Bendungan Kamijoro mencuri perhatian dan warga sangat berantusias menyambutnya.

Fasilitas Bendungan Kamijoro

Bendungan Kamijoro dilengkapi dengan beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Adapun fasilitas di Bendungan Kamijoro diantaranya yaitu aneka spot foto selfie, tempat kuliner dan area parkir yang luas.

Dengan adanya spot foto, anda bisa hunting foto selfie sepuasnya. Akan tetapi, pastikan anda budayakan mengantre saat tengah ramai pengunjung. Apalagi jika anda berkunjung di Bendungan Kamijoro saat hari libur dan weekend.

Sementara untuk fasilitas tempat kulinernya, anda bisa mencicipi aneka masakan lezat yang pastinya menggugah selera. Tak hanya lezat, tempat kuliner tersebut juga menawarkan dengan harga terjangkau.

Dengan begitu, anda tak perlu repot-repot membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Kemudian untuk area parkirnya yang memang luas, anda tentunya bisa leluasa dalam memarkir kendaraan tanpa khawatir akan menyenggol kendaraan milik wisatawan lainnya.

Harga Tiket Masuk Bendungan Kamijoro

Sebagai wisata baru, Bendungan Kamijoro memang belum memberlakukan tarif tiket masuk alias masih gratis. Namun, warga lokal tak akan menolak apabila anda ingin memberikan dana sukarela untuk mengembangkan wisata ini.

Saat berkunjung di tempat wisata Bendungan Kamijoro Jogja, anda nantinya hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000.