Beranda Lifestyle Tahapan Pertumbuhan Anak Baru Lahir dan Perawatannya

Tahapan Pertumbuhan Anak Baru Lahir dan Perawatannya

9
0

Setiap pasangan suami istri tentu menginginkan memiliki momongan. Ketika si kecil sudah terlahir ke dunia, pasti akan membawa kebahagiaan tersendiri bagi Ibu dan juga Ayah. Namun sampai sekarang banyak pasangan yang bingung bagaimana tentang pertumbuhan anak baru lahir dan perawatannya.

Seperti kapan si kecil bisa berbicara atau mengapa bayi baru lahir hanya tidur. Umumnya kondisi ini dialami oleh orangtua baru.

Mengetahui pertumbuhan bayi baru lahir dan merawatnya terkadang menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk para orangtua.

Khususnya bagi orang tua muda yang baru saja memiliki anak. Bayi yang baru lahir punya keunikan tersendiri jadi butuh perhatian khusus untuk merawatnya.

enfa.co.id

Tahapan Pertumbuhan Anak Baru Lahir

Di bawah ini adalah tahapan perkembangan bayi yang baru lahir dan bagaimana merawatnya. Tahapan ini harus anda ketahui agar anda tidak bingung menyikapinya.

Minggu Pertama Bayi Baru Lahir

Umumnya pertumbuhan anak baru lahir terlihat rapuh dan mengkerut. Bahkan, kaki dan tangannya belum bisa direntangkan secara sempurna. Kondisi ini disebabkan karena selama sembilan bulan di dalam rahim Ibu yang nyaman.

Umumnya di minggu-minggu awal akan dihabiskan untuk membiasakan diri pada dunia barunya. Disamping itu, bayi yang baru lahir lebih suka bergelung sebab selama di dalam rahim, bergelung dengan nyaman di dalamnya. Oleh sebab itu, bayi lebih suka dibungkus dengan selimut yang hangat.

Penglihatan bayi

Saat usia anak 0-4 bulan, bayi baru bisa melihat apa yang berada di sekelilingnya dengan penglihatan yang samar-samar. Biasanya bayi baru bisa melihat wajah sang Ibu secara jelas dengan begitu dekat antara 20-25 cm dari matanya.

Ketika ia sudah melewati empat bulan, maka kedua matanya baru bisa melihat fokus pada satu objek.

Refleks bayi dan tangisannya

Bayi yang baru lahir biasanya baru bisa menggenggam jari ketika ada yang menyentuh telapak tangannya. Secara spontan, biasanya ia akan menghisap jari, bila Ibu menaruh di mulutnya.

Cara si kecil untuk berkomunikasi dengan Ibu melalui tangisan. Meskipun awalnya membuat Ibu merasa kebingungan, tapi lambat laun Ibu bisa mengetahui apa arti tangisan si kecil.

Makanan Untuk Bayi Baru Lahir

Makanan paling baik bayi baru lahir yaitu Air Susu Ibu atau ASI. Sebab didalamnya terkandung sumber gizi serta nutrisi yang diperlukan si kecil dalam mendukung tumbuh kembangnya nanti.

Setelah melahirkan ibu akan mengeluarkan kolostrum dengan jumlah terbatas. Ini sangat dibutuhkan bayi. Oleh sebab itu, Ibu harus memanfaatkan ini dengan selalu menyusui bayinya.

Aktivitas bayi baru lahir hanya makan dan tidur

Bayi yang baru lahir umumnya akan meminta disusui oleh ibunya setiap dua sampai tiga jam sekali dalam satu hari. Selanjutnya yang urutan aktivitas berikutnya adalah tidur. Ketika asupan ASInya tercukupi, biasanya ia memerlukan 16 sampai 17 jam sehari untuk waktu tidur.

Usahakan supaya bayi tidak merasa kedinginan atau kepanasan. Bayi memang belum bisa mengatur suhu tubuhnya secara efektif seperti anak atau seperti orang dewasa.

Salah satu penyebabnya yaitu karena tubuh bayi sangat sedikit mengandung lemak, yang bisa berfungsi menjaga agar tetap hangat.

Bila anda sudah mengetahui seperti apa tahapan pertumbuhan bayi baru lahir, maka anda tak perlu bingung dan khawatir lagi untuk menyikapinya.

Anda bisa menangani hal-hal baru seperti perawatan bayi baru lahir, bagaimana membuatnya tenang, dan nyaman. Sehingga pertumbuhan anak baru lahir bisa selalu sehat dan normal sesuai usianya.