Beranda Tekno Lakukan Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Untuk Tingkatkan Kinerja Laptop

Lakukan Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Untuk Tingkatkan Kinerja Laptop

14
0

Cara uninstall aplikasi di laptop penting untuk diketahui. Seperti yang kita tahu, ada banyak jenis dan model aplikasi dengan berbagai kegunaannya, baik untuk membuat desain atau untuk bermain game. Aplikasi ini bisa untuk smartphone dan laptop yang semakin hari kian tidak terhitung jumlahnya. Bahkan aplikasi ini ada yang tidak berbayar sehingga penggunanya sering mengunduhnya.

Untuk memasangnya, cukup mudah. Tinggal unduh dan digunakan dengan cepat, baik untuk orang awam sekalipun. Karena sering mengunduh berbagai macam aplikasi, tanpa disadari membuat kinerja laptop terganggu. Misalnya laptop menjadi lemot akibat banyaknya aplikasi, software, dan game yang tersimpan di dalamnya. Bahkan ketika laptop baru dinyalakan sudah memerlukan cukup banyak waktu. Nah, untuk bisa memperingan kerja laptop, maka ketahui bagaimana cara uninstall aplikasinya.

Lakukan Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Untuk Tingkatkan Kinerja Laptop
yuktekno.com

Bagaimana Cara Uninstall Aplikasi di Laptop?

Dengan menghapus secara berkala aplikasi, software, dan game, membuat laptop bekerja dengan cepat sekaligus bisa memperlebar ruang RAM serta memori di dalam laptop. Tapi bagaimana cara uninstall aplikasi di laptop? Salah besar jika untuk menghapus aplikasi ini hanya ikon pada dekstop saja. Sebab, seperti pada di Android, menghapus hanya ikonnya saja tidak akan menghapus aplikasi ini.

Untuk bisa menghapus secara menyeluruh harus menggunakan Control Panel. Bisa juga menghapus aplikasi ini menggunakan pihak ketiga. Contohnya menggunakan software tertentu. Perhatikan panduan dibawah ini untuk bisa menguninstall aplikasi serta game yang berada di PC atau komputer.

Tahap Pertama

Untuk yang pertama, gunakan Control Panel. Dikatakan demikian karena menghapus aplikasi ini masih menyisakan sampah yang berbentuk registrasi aplikasi. Namun menggunakan cara ini terbilang cepat dilakukan. Untuk bisa membuka Control Panel pun cukup klik pojok kiri bawah atau menggunakan tombol Windows + tombol R dan ketik Control Panel. Kemudian OK.

Disana akan muncul beragam aplikasi yang telah diunduh. Lalu tinggal pilih aplikasi dan game mana yang akan dihapus. Hati-hati dalam menguninstall. Jika salah klik, maka bisa membuat laptop anda menjadi eror. Bila sudah dipastikan aplikasi yang akan diuninstall, maka klik Uninstall/Change yang terdapat di bagian atas. Bisa juga menggunakan klik kanan, lalu ikuti petunjuk yang ada. Biasanya setiap aplikasi akan berbeda langkahnya.

Cara diatas sebenarnya sudah cukup bisa menghapus aplikasi. Namun jika anda menginginkan laptop bersih dari aplikasi, software, dan game yang tidak terpakai, maka sebaiknya dilanjutkan untuk menggunakan tahap yang kedua.

Tahap Kedua

Untuk melaksanakan tahap kedua ini, membutuhkan bantuan pihak ketiga, seperti CCleaner. Agar mendapatkan aplikasi ini, sebaiknya download terlebih dahulu di web browser. Setelah mendownload, maka lakukan install dengan buka software tersebut. Klik Run CCleaner. Setelah selesai, bisa membuka aplikasi CCleaner untuk menggunakannya. Pertama, anda bisa masuk ke dalam registrasi yang berada di bagian kiri. Lalu klik Scan for Issues.

Tunggu semua proses scan selesai. Baru setelah itu, akan banyak yang keluar registrasi, pilih Fix Selected Issues untuk bisa menghilangkan jejak dari registrasi aplikasi sebelumnya. Namun sebelum itu, nanti akan ada pertanyaan mengenai apakah ingin melakukan backup terhadap registrasi yang akan dihapus. Jika anda tidak merasa membutuhkannya, maka klik Yes.

Disana akan terbuka jendela terbaru, klik Fix All Selected Issues. Maka semua yang anda klik dan tidak terpakai akan terhapus. Disini menunjukkan anda telah berhasil menggunakan cara uninstall aplikasi di laptop, baik itu aplikasi, software, maupun game.

Manfaat Uninstall Aplikasi

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan menguninstall aplikasi, software, dan game yang tidak terpakai. Seperti mempercepat kinerja laptop dengan hardisk yang ringan. Selain itu, hardisk juga akan tahan lama. Dengan diuninstall, bisa mengurangi resiko terpapar virus.

Terlebih jika anda mendownlad dengan cara illegal yang akan memberikan resiko besar adanya virus yang bisa masuk. Dengan menguninstall aplikasi yang tidak terpakai, maka bisa membuat ruang kosong semakin banyak. Cara uninstall aplikasi di laptop akan memberi ruang kosong yang bisa digunakan untuk mendownload aplikasi yang lainnya. Maka dari itu, pastikan anda perhatikan cara diatas.