Beranda Wisata Wisata Dekat Sini, Gunungkidul Surganya Wisata Alam

Wisata Dekat Sini, Gunungkidul Surganya Wisata Alam

15
0

Salah satu kawasan yang memiliki tempat wisata yang banyak adalah Gunungkidul. Terutama untuk kawasan pantainya yang terbilang banyak, wisata dekat sini menjadi salah satu tempat yang bisa dikunjungi. Bukan hanya memiliki keindahan pantai, namun masih banyak lagi wisata alam lainnya yang bisa menghilangkan penat ketika disibukkan dengan beragam aktivitas padat.

Wisata Dekat Sini, Gunungkidul Surganya Wisata Alam
jogya.com

Keindahan Wisata Dekat Sini, Gunungkidul

Memang pesona wisata Gunungkidul terletak di pantainya yang memiliki beragam tempat. Namun masih ada sejumlah wisata yang bisa dikunjungi, misalnya air terjun dan perbukitan. Penasaran mengenai tempat liburan yang asyik di Gunungkidul? Berikut deretan destinasi yang bisa dikunjungi ketika liburan tiba, bisa mengunjungi bersama keluarga dan teman.

Embung Nglanggeran

Wisata dekat sini, salah satunya adalah Embung Nglanggeran yang masih menjadi satu wilayah dengan Gunung Api Purba. Embung yang merupakan danau buatan yang awal mulanya akan digunakan untuk mengairi kebun buah Nglanggeran. Untuk bisa memasuki kawasan wisata ini cukup membayar Rp 3000 saja. Murah bukan biaya yang dikeluarkan untuk menikmati keindahannya?

Ketika berada di kawasan ini, pengunjung akan dilarang untuk berenang, mancing, ataupun menggunakan sampan. Disini pengunjung hanya bisa menikmati keindahan pemandangan yang tidak kalah dengan wisata lainnya.

Puncak 4G

Jika ingin melihat keindahan dari ketinggian, maka bisa mendatangi puncak 4G Gunung Genteng Gedangsari. Dimana menyuguhkan pemandangan untuk melihat dari ketinggian lanskap pemandangan yang dipenuhi dengan pepohonan hijau yang bisa menyegarkan mata. Ketika pagi hari bisa menikmati keindahan awan berwarna jingga yang perlahan akan muncul matahari.

Pemandangan ini akan bertambah indahnya dengan kumpulan awan yang tersaji bak lautan awan. Untuk mengunjungi tempat wisata ini, pengunjung bisa menikmati beragam fasilitas. Mulai dari tempat parkir, gazebo, lahan untuk perkemahan, sampai dengan adanya home stay untuk mereka yang menginginkan penginapan.

Goa Tanding

Gunungkidul masih memiliki wisata goa yang layak untuk dikunjungi selain Goa Pindul. Lokasinya berdekatan kurang lebih hanya 300 meter. Panjang dari lokasi goa mencapai 450 meter dengan memiliki kedalaman mencapai 1 sampai 5 meter. Nantinya akan disuguhkan pemandangan yang indah dari ceruk-ceruk alami dengan pemandangan stalaktit yang luar biasa indahnya.

Berbeda dengan Goa Pindul yang mengharuskan pengunjungnya untuk menggunakan pelampung, untuk menyusuri Goa Tanding pengunjung hanya perlu menaiki perahu karet dengan kapasitas mencapai 6 orang.

Untuk bisa melihat keindahan alami wisata dekat sini, Goa Tanding, pengunjung harus mengeluarkan biaya Rp 150.000 dengan menerima fasilitas keselamatan dan makan. Dengan biaya ini, pengunjung bisa menikmati zona terang, remang, dan gelap selama satu jam.

Embung Sriten

Wisata yang satu ini berada di Dusun Sriten Desa Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul. Sama seperti Embung Nglanggeran yang merupakan danau buatan. Untuk Embung Sriten menjadi embung tertinggi yang ada di Yogyakarta dengan fungsi untuk mengairi kebun buah. Dengan berada di ketinggian, membuat embung memiliki keindahan yang tidak ada duanya.

Pasalnya, pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan dari ketinggian. Bukan hanya untuk menikmati pemandangan, banyak juga pengunjung yang menikmati dengan melakukan kemah. Dengan berkemah, pengunjung bisa menikmati keindahan malam untuk melihat kawasan Klaten dan Nglipar. Bahkan bisa melihat dari ketinggian untuk Rawa Jombor dan Waduk Gajah Mungkur.

Untuk bisa menikmati wisata dekat sini, Embung Sriten, maka pengunjung akan membayar Rp 3000 belum termasuk biaya parkirnya. Dimana memiliki jam operasional mulai jam 05.00 sampai 18.00 WIB. Tergolong murah bukan untuk menikmati keindahan dari ketinggian serta menikmati danau buatan.

Telaga Biru

Lokasinya berada di Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, tepatnya Desa Candirejo. Telaga ini memiliki jarak kurang lebih 25km dari pusat Kota Wonosari. Dengan memiliki warna air kehijauan yang menyerupai Raja Ampat. Telaga ini terbentuk karena adanya aktivitas pertambangan batu putih sehingga membuat embung kecil. Jika diperhatikan dengan seksama, warna airnya akan berbeda-beda mulai hijau sampai dengan biru toska.

Untuk bisa mengunjungi tempat wisata dekat sini, Telaga Biru, pengunjung tidak akan mengeluarkan biaya besar, tidak mencapai Rp 10.000. Tempat ini bisa menjadi daftar liburan yang dapat anda kunjungi dalam waktu dekat ini.